tip-tip menulis SKRIPSI


Tidak dipungkiri lagi, menulis (tulisan ilmiah) bagi mahasiswa S1 merupakan suatu pekerjaan yang tidak mudah, minimal menyita waktu, khususnya bila tulisan ilmiah tersebut dievaluasi dan dipresentasikan.

Bentuk tulisan ilmiah yang secara formal dievaluasi dan dipresentasikan dalam penilaiannya di Jurusan Teknik Sipil UPH adalah membuat LAPORAN KERJA PRAKTEK (setelah minimal terkumpul 100 sks) dan SKRIPSI / LAPORAN TUGAS AKHIR MAGANG atau yang sejenisnya, yang menjadi syarat memperoleh gelar sarjana di level S1.

Laporan kerja praktek relatif tidak menjadi masalah karena tujuan utama adalah untuk melihat pengalaman mahasiswa peserta dalam mendapatkan wawasan bidang nyata di dunia konstruksi di luar kelas. Enaknya lagi yaitu di Jurusan kami  bahwa pembuatan laporan kerja praktek tersebut dapat dikerjakan kelompok (maksimum dua orang). Kebetulan saya ditugaskan sebagai pembimbing kerja praktek.

**tentang mengerjakan berkelompok**

Dengan mengerjakan secara berkelompok tersebut, tentunya tidak bisa diketahui apakah tulisan tersebut dikerjakan bersama-sama atau hanya seorang saja yang aktif , sedang yang lainnya pasif. Tetapi karena penilaiannya adalah didasarkan pada presentasi dan tanya jawab secara oral (langsung), dimana laporan tertulis itu dijadikan dasar pertanyaan-pertanyaan yang diberikan, maka dapat diketahui: mana dari mahasiswa tersebut yang aktif atau pasif atau bahkan tidak melakukan kerja praktek sama sekali (berbohong). Prakteknya di UPH, sudah ada mahasiswa yang digagalkan karena dari presentasi oral dapat diketahui bahwa ternyata mahasiswa tersebut tidak melaksanakan kerja praktek yang sebenarnya (sudah ada dua orang), lalu yang mengulang karena meskipun sudah melakukan kerja praktek, tetapi ternyata tidak memahami apa-apa yang ada di tempat kerja prakteknya (ada dua orang juga).

SKRIPSI (dan tugas akhir lainnya ) relatif lebih susah karena  harus dikerjakan mandiri, tentunya dibantu oleh pembimbing skripsi yang bebas dipilih oleh mahasiswa (bila disetujui).

Dalam praktek, pembuatan skripsi adalah momok karena menyita waktu dan perhatian dari mahasiswa dalam membuatnya, selain itu juga kadang-kadang dijumpai bahwa meskipun dikerjakan cukup lama (berbulan-bulan) tapi hasilnya tidak begitu menggembirakan. Kadang perlu 1 semester atau 2 semester atau bahkan lebih, dan jika lebih terpaksa ganti judul dan ganti pembimbing. Jelas dengan pertambahan waktu tersebut biaya yang dikeluarkan mahasiswa menjadi berlipat-lipat. Kasihan orang-tuanya. :(

Karena dianggap sebagai penghambat kelulusan maka ada beberapa universitas (program studi) mencoba menghilangkannya dan mengganti dengan tugas-tugas di kelas. Jika anda menemukan kondisi seperti itu, coba amati : pasti jumlah muridnya banyak, mereka (yg membuat kebijaksanaan skripsi dihapus) sebenarnya kesulitan cari dosen pembimbing. Skripsi jadi lama, atau mutunya jadi dipertanyakan. Takut dianggap lulusannya sedikit maka skripsi dihapus. Jadi orientasi penyelenggaranya hanya berpikir jumlah kelulusan meningkat, tapi mutu dipertanyakan. 

kemampuan seseorang dalam menuangkan gagasan secara tertulis merupakan representasi dari kualitas intelektualnya, karena melalui tulisan atau karya tulis (dalam bentuk apapun) seseorang mewujudkan pikirannya. … Dari tulisan memang akan kelihatan logika berpikir seorang. Apakah subjek, predikat dan objeknya jelas, atau kalimatnya kacau. Dengan menulis, seseorang belajar berpikir secara eksak dan padat. (Dedi Supriadi 1997)

Kesulitan membuat skripsi juga dirasakan penulis sewaktu menjadi mahasiswa. Jika mau mengingat kembali, maka lamanya waktu studi dulu adalah akibat penulisan tugas akhir, baik sewaktu jadi mahasiswa S1 di UGM maupun mahasiswa S2 di UI. Bahkan pada saat-saat awal jadi dosenpun kadang masih susah untuk mengevaluasi tulisan skripsi mahasiswa. Khususnya untuk menentukan apakah tulisannya baik atau buruk. Paling-paling dilihat tampilannya, formatnya atau bila ketemu kesalahan dalam ejaan atau kalimat.

Tetapi dengan berjalannya waktu, setelah cukup banyak mencoba untuk meneliti, menulis dan menerbitkan buku, akhirnya dapat diambil suatu kesimpulan bahwa sebenarnya menulis (baik skripsi atau lainnya) adalah relatif mudah jika sudah tahu tip-tip yang penting.

Langkah-langkah atau tip penting yang dimaksud adalah :

  1. Mampu melihat dan memilih masalah yang akan ditulis. Ini merupakan hal yang paling penting dari suatu SKRIPSI dan membedakan dengan menulis pada umumnya. Bagaimanapun skripsi adalah suatu bentuk karya tulis ilmiah yang mana mahasiswa diharapkan dapat berpikir ilmiah dengan membuat suatu penelitian sebagai objeknya. Untuk itu yang perlu diperhatikan adalah hal-hal yang akan sampaikan berikut.
  2. “APA” masalahnya tersebut, darimana anda mengetahui bahwa itu menjadi suatu masalah. Jika informasi tersebut diperoleh dari suatu studi pustaka berdasarkan jurnal-jurnal canggih up-to-dated maka tentunya lebih mudah meyakinkan orang lain bahwa masalah tersebut cukup baik untuk dibahas. Tetapi jika hasil pemahaman subyektif atau hasil pengamatan empiris pribadi belaka maka tentunya perlu data-data pendukung yang dibuat yang lebih banyak sehingga orang dapat yakin bahwa itu memang masalah yang patut dibahas (kerja lebih banyak).
  3. “MENGAPA” anda memilih masalah tersebut, karena dosen pembimbingnya yang memilihkannya, atau karena anda menyukai bidang dimana masalah tersebut berada, tentu akan membedakan strategi anda mengerjakan tugas SKRIPSI tersebut. Sebaiknya usahakan anda memilih karena anda memang menyenangi bidang dimana masalah tersebut ada. Untuk itu, apakah anda menguasai persoalan atau tidak itu tidak menjadi masalah. Jika anda menguasai persoalan , misalnya tentang pemrograman, maka tentu akan mempermudah anda menyelesaikan tugas itu. Tapi jika tidak, maka itu merupakan kesempatan berharga anda untuk mendapat knowledge yang lain (mendapat ilmu baru), meskipun itu perlu ekstra tenaga.

    Ngelmu iku kelakone kanthi laku. 
    ( indonesianya : menguasai ilmu itu perlu usaha keras, ingat cerita silat jawa: perlu bertapa dihutan-hutan atau di tempuran sungai agar digdaya ). 

    Jika anda tidak tahu apa-apa (netral terhadap masalah tersebut) maka usahakan bahwa masalah tersebut dipahami oleh dosen pembimbing. Jika masalah itu yang memberi adalah dosen, maka diharapkan dosen tersebut juga tahu bagaimana dengan masalah tersebut. Jika benar-benar nggak tahu tentang masalah yang akan dipilih, maka pilihlah dosen pembimbing yang anda tahu kemampuannya, yang anda anggap dapat membimbing anda (anda punya respek  terhadap dia).

  4. “BAGAIMANA” masalah tersebut akan dapat diselesaikan, ini tentu memperkirakan ilmu-ilmu apa yang diperlukan untuk memecahkan massalah tersebut. Bisa melihat publikasi sebelumnya. Apakah untuk itu perlu uji eksperimental, penyelesaian parametris atau pemrograman atau yang lain. Kira-kira anda mempunyai keyakinan mampu atau tidak dengan itu. Itu konsekuensinya biaya dan waktu lho.
  5. “BILAMANA” masalah tersebut terpecahkan , apa yang kira-kira anda dapatkan. Bila anda tahu apa yang dapat anda berikan jika masalah tersebut terselesaikan maka ini mendukung kepercayaan diri bahwa solusi dari SKRIPSI ini akan berharga. Bahkan kalau PD maka dapat diinformasikan ke teman-teman lain, misal ke seminar dsb. Menambah kepercayaan diri, juga nilai tambah jika membuat lamaran kerja.
  6. Mampu memformulasikan MASALAH yang dipilih. Jika telah mempunyai alasan yang kuat tentang suatu masalah maka untuk realitas kerjanya maka usahakan masalah tersebut diformulasikan dalam bentuk tulisan pendek. Dalam hal ini dalam bentuk ABSTRAK. Kaget ya ? . Khan biasanya bikin abstract jika tulisan sudah selesai, itu jika abstract diterjemahkan sebagai rangkuman. Lha inilah bedanya, pengalaman dulu yang mengatakan bahwa abstrak dibuat setelah selesai dikerjakan, itu SALAH. Jika kondisinya demikian maka pengerjaan skripsi anda belum berbentuk, bisa liar, bisa kesana-kemari, tidak jelas, bisa lama. Kenapa ? Karena spesifikasinya belum ada (belum jelas/samar). Dengan membuat ABSTRACT terlebih dahulu maka anda sudah berusaha memfokuskan pikiran ke masalah tersebut yaitu dengan menuliskannya. Apa abstract tersebut kaku, ya enggak. Rubah-sedikit-sedikit ya nggak apa, tetapi dengan membuat abstract, kita tahu : o000  ada perubahan, mengapa, tentunya agar lebih baik lagi. TERKENDALI.
  7. Dalam membuat abstrak tersebut, perlu untuk membagi menjadi tiga tahapan utama, yaitu tahapan INTRO: yaitu mengenalkan masalah, apa, mengapa, dan batasan-batasannya (nanti jadi BAB 1 dan BAB2); tahapan PROGRES: yaitu tentang bagaimana masalah tersebut dicoba dipecahkan, termasuk juga pembahasannya (nanti jadi BAB 3 dan BAB4); dan tahapan KESIMPULAN tentang bilamana masalah dapat terpecahkan (nanti jadi BAB5).
  8. Evaluasi ABSTRACT bersama dosen pembimbing. Apakah abstract sudah menggigit. Bila perlu bisa juga dimasukkan ke seminar  atau minta pendapat orang lain yang kritis. Tangkap masukan yang diberikan, evaluasi atau diskusikan dengan dosen. Jika mantap maka dapat dilanjutkan. Ingat, mutu tidaknya suatu hasil penelitian (skripsi) dapat dengan mudah dibaca dari abstract-nya. Jika abstract-nya nggak ada isi-nya maka kecil kemungkinan materi skripsi yang utama juga dibaca, paling-paling disimpan digudang. Tidak membanggakan untuk ditunjukkan orang lain. Tetapi abstract yang hebat kadang-kadang bisa mengecoh. ;)
  9. Jika abstract sudah OK. Bisa dilanjutkan.
  10. Jika anda sudah tahu apa masalah anda, mengapa anda memilih masalah tersebut, batasan-batasan masalah yang dipilih dan strategi penyelesaian yang akan dikerjakan maka tentunya hal itu dapat dituangkan dalam BAB 1. Penulisan BAB1 sangat penting karena menentukan luasan atau cakupan yang didiskusikan dalam bab-bab selanjutnya. Bab1 merupakan pengikat, pedoman kerja untuk bab-bab berikutnya. Jangan biasakan meniru BAB1 orang lain, belum tentu cocok. Jadi intinya Bab1 adalah pedoman kerja untuk penulisan bab-bab selanjutnya.
  11. Untuk dapat mengerjakan skripsi sesuai dengan BAGAIMANA menyelesaikan masalah tersebut, tentu anda harus tahu lebih dahulu bagaimana strategi orang lain menangani atau bertindak terhadap masalah tersebut. Ini dapat diketahui dengan melakukan studi pustaka (BAB2), mereview publikasi orang lain dari jurnal-jurnal atau yang lainnya. Usahakan pakailah acuan jurnal-jurnal terkini (menurut salah satu profesor saya, gunakan jurnal dalam lima tahun terakhir). Tetapi bisa juga anda mengutip suatu karya yang pernah diterbitkan ratusan tahun yang lalu jika karya tersebut memang karya monumental di bidangnya. Sekali lagi, usahakan yang dijadikan referensi adalah jurnal ilmiah, bila terpaksa, baru textbooks.

    Referensi dalam suatu penelitian and publikasi juga dapat menjadi indikasi kehebatan dari materi yang diteliti dan ditulis tersebut.

    Jangan gunakan diktat kuliah sebagai referensi, karena kalau hanya diktat kuliah kayaknya kurang berbobot (kecuali yang telah dipublikasikan ke luar), jika hanya sekedar diktat copy-an sebaiknya hindari saja. Kecuali jika diktat itu diberikan oleh dosen yang terkenal pakar pada bidang yang dimaksud dan merupakan problem yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. **tetapi hati-hati, karena umumnya : dosen-dosen umumnya menyakinkan didepan kelasnya, tetapi kalau ketemu teman-teman sejawat-nya mejen **tak berkutik/pasif** Pengalaman menunjukkan bahwa diktat-diktat seperti itu di Indonesia hanya dibuat dari copy-and-paste aja. **kadang nggak bermutu**. Sorry nggak semua, tetapi kalau bisa cari rujukan yang dipublikasikan resmi.

  12. Dengan memahami publikasi-publikasi yang ada tentang masalah yang dibahas tentunya dapat diambil suatu kesimpulan atau dugaan, apa-apa saja yang telah dilakukan orang. 

    Selanjutnya kembali ke persyaratan pembuatan skripsi (level S1) tentunya bobotnya berbeda dengan tesis (level S2) atau disertasi (level S3). Pada level S1 tidak diperlukan suatu tingkat penelitian yang orisinil seperti halnya disertasi atau kedalaman seperti level S2. Menurut pemahaman penulis : pada level S1 , mahasiswa cukup diminta belajar memahami permasalahan, mengerti alasan mengapa permasalahan tersebut perlu dibahas, mengetahui tindakan orang lain tentang masalah tersebut termasuk tahu sisi baik dan buruknya masing-masing dan dapat menerapkannya pada kasus lokal (studi kasus) serta menarik kesimpulan dari tindakan yang dikerjakannya. 

    Jika laporannya (skripsinya) dapat dibaca dan memperlihatkan alur logika-logika seperti di atas maka mahasiswa tersebut mestinya sudah pantas lulus level S1. Proses tersebut mencakup bab 3 – sampai bab akhir.

Pada dasarnya penulisan skripsi yang paling sulit adalah pada cara memulainya, jika sudah sampai langkah ke-10 diatas maka penulisan dapat berkembang sangat cepat, dan bab-babnya bisa berkembang. Hanya ingat bahwa bab dibatasi pada suatu tahapan yang bisa mandiri, dan ingat bahwa setiap bab satu dengan yang lainnya harus ada benang merah yang menghubungkannya (terkait).

Urutan-urutan bab, yaitu pada awal adalah intro, berkembang pada progress dan diakhiri dengan kesimpulan. Kesimpulan penting sekali, itu menunjukkan apakah penulis (mahasiswa) memahami apa yang dikerjakannya atau tidak, tergantung dari kesimpulan yang diberikan. Kesimpulan harus suatu yang spesifik tentang masalah tersebut. Apa yang terjadi , juga dengan kesimpulan dapat diketahui bahwa  tulisan tersebut berguna atau tidak, bisa dilihat dari kesimpulan yang diberikan.

Ingat dalam pembuatan skripsi, ketebalan tulisan tidak bisa menjadi ukuran apakah itu berbobot atau tidak. Suatu skripsi yang tipispun jika memenuhi konsep-konsep di atas bahkan kalau dikemas dengan baik itu dapat menarik untuk dipresentasikan diforum ilmiah yang lebih luas, dan dapat dibanggakan.

O ya, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan menurut saya adalah :

  • Tampilan adalah nomer satu, isi baru ke dua. Jangan dibalik dan dibandingkan dengan manusia. Pengalaman menunjukkan bahwa bila tampilan (format) suatu tulisan tidak diperhatikan (jelek) maka isinya kemungkinan besar juga tidak akan dibaca. Dalam hal seperti itu, dosen penguji akan melihat-lihat lebih banyak tulisan anda, dan ada kemungkinan menemukan suatu kesalahan dari tulisan anda. :(
  • Pastikan format yang digunakan sesuai dengan petunjuk dari Institusi (ini penting), berapa margin kiri-atas dsb, ukuran font, jumlah spasis pada baris, dsb-nya. Format yang baik kadang-kadang dapat mengecoh dosen penguji yang malas, sehingga ada kemungkinan tidak akan ketemu kesalahan yang ada (bila ada). Sehingga waktu di uji **selamat**.  ;)
  • Tentang ISI. Kualitas kadang-kadang bersifat relatif. Tergantung dosen dsb. Tetapi yang jelas dan langsung bisa dinilai adalah KONSISTENSI. Suatu tulisan harus konsisten, antara satu bagian dan bagian yang lain dalam skripsi tersebut. Jika tidak konsisten, maka itu dapat dijadikan modal untuk menguji materi skripsi tersebut. Pendapat anda saling di adu sendiri.
  • Tulislah APA-APA YANG DIKUASAI saja. Jika ada hal-hal yang tidak diketahui (meski sudah usaha kesana-kemari) maka usahakan bagian tersebut dihilangkan (itu jika tidak mempengaruhi bagian-bagian lain). Jika tidak bisa maka usahakan hal tersebut di luar cakupan masalah yang diteliti. Ini penting. Ingat sebagai penulis maka seharusnya penulis menguasai tulisan yang dibuatnya. O ya, penting juga untuk mencari alasan yang bagus mengapa anda tidak perlu membahas hal tersebut (persiapan bila ada dosen yang kritis yang tahu tentang itu, tapi ini jarang terjadi, ya siapa tahu.)
  • Semua tabel harus ada judul tabel dan nomer tabel, semua gambar harus ada judul gambar dan nomer gambar. Konsisten baik font dan nomernya dikeseluruhan laporan. O ya, gambar yang ditampilkan pada bagian dalam tulisan hanya yang mendukung ulasan / tulisan pada bagian itu. Jika sifatnya umum dan ukurannya besar maka sebaiknya di tampilan pada lampiran.
  • Daftar Pustaka harus ada, ciri-ciri tulisan ilmiah adalah adanya acuan pustaka, dan penting yang harus diperhatikan bahwa yang dicantumkan pada Daftar Pustaka adalah yang diacu saja. Jangan sekedar nampang. Bagi orang awam memang kelihatannya keren, tulisannya didukung jurnal-jurnal ilmiah hebat, tapi bagi yang ngerti : apa-apaan ini, koq semuanya dicantumin, pasti penulisnya nggak baca dan tulisannya biasanya nggak berbobot (nggak tahu apa yang dituliskan, jadi biar tebal sembarangan nulis aja). Dosen penguji (yg tahu) cenderung ingin membuat pertanyaan menguji, “apa bener mahasiswa ini membaca pustak yang tercantum tersebut”. Hati-hati.
  • Yang terakhir, jangan segan-segan untuk membaca ulang, prinsipnya semakin banyak anda membaca ulang maka semakin kecil kemungkinan kesalahan akan timbul.

    Apabila mungkin, biarkan draf anda agak sehari atau dua hari sebelum merevisinya. Hal ini akan memberi jarak mental anda dengan karya sehingga kemudian anda kembali dengan prespektif baru yang berbeda dan lebih segar. Saat itu anda bukan lagi pribadi yang sama dengan ketika anda menulis draf pertama. (Atmazaki 2006)

    Selain itu dengan semakin banyak membaca ulang skripsi anda maka anda semakin memahami masalah tersebut (sebagai modal nanti waktu presentasi oral).

  • Ketidak-mauan membaca ulang makalah anda menunjukkan bahwa anda belum mantap dengan karya tulis yang anda buat, ada ‘sesuatu’ dengan tulisan anda. Jika anda sendiri tidak mantap terhadap karya anda. Bagaimana orang lain bisa mantap. Itu prinsip menulis yang baik.

**up-dated 4 Mei 2007 **

Untuk mendukung terciptanya skripsi yang baik dan akhirnya dapat mengantar mahasiswa mencapai kelulusan dengan mantap, maka banyak membaca merupakan kunci utamanya. Oleh karena itu, ada baiknya pada bagian ini diberikan link-link di internet yang mendukung gagasan di atas, sbb :

Research Methods Knowledge Base
by Prof. William M.K. Trochim
Department of Policy Analysis and Management
Cornell University.

The Research Methods Knowledge Base is a comprehensive web-based textbook that addresses all of the topics in a typical introductory undergraduate or graduate course in social research methods.  It covers the entire research process including: formulating research questions; sampling (probability and nonprobability); measurement (surveys, scaling, qualitative, unobtrusive); research design (experimental and quasi-experimental); data analysis; and, writing the research paper. 

It also addresses the major theoretical and philosophical underpinnings of research including: the idea of validity in research; reliability of measures; and ethics. 

The Knowledge Base was designed to be different from the many typical commercially-available research methods texts.  It uses an informal, conversational style to engage both the newcomer and the more experienced student of research. 

It is a fully hyperlinked text that can be integrated easily into an existing course structure or used as a sourcebook for the experienced researcher who simply wants to browse.

You and Your Research
Dr. Richard W. Hamming

This topic centered on Hamming’s observations and research on the question “Why do so few scientists make significant contributions and so many are forgotten in the long run?”

From his more than forty years of experience, thirty of which were at Bell Laboratories, he has made a number of direct observations, asked very pointed questions of scientists about what, how, and why they did things, studied the lives of great scientists and great contributions, and has done introspection and studied theories of creativity. The talk is about what he has learned in terms of the properties of the individual scientists, their abilities, traits, working habits, attitudes, and philosophy.

Research and Consultancy in Civil Engineering
School of Civil Engineering, The University of Sydney, NSW 2006 Australia

The School of Civil Engineering has staff expertise and the facilities to perform high quality research, recognised around the world. They also provide professional consulting and testing services on a wide range of engineering issues. The School runs regular research seminars on current topics, and many of their publications are available for free download in PDF.

MIT’s OpenCourseWare:
a free and open educational resource (OER) for educators, students, and self-learners around the world.

Is a publication of MIT course materials
Does not require any registration
Is not a degree-granting or certificate-granting activity

A Guide for Writing Research Papers based on APA Styles
by the Humanities Department and the Arthur C. Banks Jr. Library
Capital Community College
Hartford, Connecticut

This guide is based on recommendations of the fifth edition of the Publication Manual of the American Psychological Association  (2001)published by the American Psychological Association .

Catatan : Disana juga ada petunjuk, apa-apa saja yang dapat dijadikan bahan rujukan, juga dapat diketahui bahwa pernyataan lesan dll yang tidak dapat di-retrieve kembali, ternyata tidak boleh dimasukkan dalam daftar rujukan (daftar pustaka).

Purdue’s Online Writing Lab

Free writing help and teaching resources open by OWL at Purdue University

 KTH-Library E-resources (Stockholm, Sweden)

KTHB offers researchers, students and employees at KTH the most relevant bibliographic databases in science and technology, about 6500 electronic journals, about 24 000 electronic books and several e-reference works via internet.

Through KTHBs web you can also reach a lot of free web resources, accessible also to companies and to visitors not belonging to KTH

Project Gutenberg

Project Gutenberg, the first producer of free electronic books (ebooks). There are over 20,000 free books in the Project Gutenberg Online Book Catalog.  A grand total of over 100,000 titles is available at Project Gutenberg Partners, Affiliates and Resources.

About these ads

286 thoughts on “tip-tip menulis SKRIPSI

  1. Bagus banget, membangkitkan rasa semangat saya untuk garap skripsi !!
    Tapi ada yang punya jurnal tentang precast (perbandingan metode precast `n konvensional) ngga ?? coz saya kesulitan banget nih!

  2. Sebelum balik, selesaikan dulu abstraknya. Kalau bisa juga kata-kata kunci (key-words) yang cocok untuk masalah itu.

    Jadi waktu balik ke judul, chek apakah sudah saling cocok (mengena).

    Kalau belum ya, terpaksa bolak-balik lagi. he, he, … ;) :)
    **lama-lama juga bosen selesai**

  3. web yang kereeenn……..
    saya sedang menggarap skripsi….perlu peraturan pembebanan gedung indonesia terbaru.,,,niiiii. ada saran…

  4. Peraturan pembebanan kita kayaknya dari dulu sama, paling-paling beda sampul atau nomer sni-nya. Kayaknya siapa sih yang peduli di ‘sana’ . Itu ganti sampul aja kemungkinan karena ada anggaran, biar kelihatan baru. Isinya sama aja koq.

  5. aq lagi ngerjain Proposal judulnya studi pengaruh Fly ash terhadap khlorida menggunakan metode dipercepat..
    temen2 ada ga yg punya referensi ttg judul itu, kalo ada plis dong bantuannya kirim ke Yo2k_key@yahoo.com.
    Makasih ya..

  6. saya perlu referensi tentang rekayasa transportasi, baik tentang traffic maupun tentang desain geometris serta perkerasannya.
    dimana sy bs dapatkan di web.
    hatur nuhun.

  7. Jenong, jangan bikin malu dosen dan institusi tempat anda belajar dong. :(

    Saya tahu, nulis itu susah. Apalagi nulis skripsi. Saya dulu lama kuliah juga karena itu, padahal ujian yang lain sih lancar (on-time). Kemandirian anda sebagai calon sarjana sebenarnya sedang di uji pada masa penulisan tersebut. Anda dilatih bagaimana anda menata alur pikir anda secara logis dengan membahas suatu masalah, meyakinkan penguji atau pembimbing anda. Berlatih beradu argumentasi dengan dosen ttg sesuatu masalah atau ide yaitu pada saat anda konsultasi.

    Tunjukkan usaha keras anda untuk mengatasi hambatan tersebut. Jangan kuatir, semua orang juga mengalami. Masalahnya hanya ada pada diri anda sendiri kok. Jika anda merasa mampu maka anda akan mampu, jika tidak, maka ya tidak. Yakinkan anda sendiri, bantu dengan doa menurut kepercayaan anda. Jangan melarikan diri dari masalah, karena itu tidak akan menyelesaikan masalah tersebut.

    Mulailah dengan membaca, membaca dan membaca. Hanya itu saja. Baca skripsi orang lain, nggak apa-apa, nyonto, juga nggak apa-apa, tetapi jangan plagiat ya. Serap inti penyelesaian permasalahan yang ada, terapkan pada kasus yang lain. Itu juga bisa jadi skripsi koq.

  8. makasih loh mas atas petunjuk pembuatan skripsi, kena deh ……
    Aku sementara cari bahan untuk penulisan skripsi tentang manufactured dampers atau isolator base dan lainya yang berhubungan, tapi bingung judulnya ????, ada masukan dan referensi yang bagus, ni mas ?

  9. saya sedang mencari masalah mengenai penerapan iso di lembaga pendidikan, kira-kira tentang apa ya biar lebih spesifik???
    makasih yaa

  10. Saya ini mahasiswa D4, sedang menyelesaikan Tugas Akhir (TA) disebuah perusahaan automotive di Jerman (disini khusus untuk menyelesaikan TA).

    TA tersebut bukan ide sendiri, melainkan diberikan oleh pembimbing perusahaan (karena perusahaan memang membutuhkan penyelesaian tentang permasalahan tersebut).
    Semua materi dan permasalahan disajikan dalam bahasa Jerman (sebagai pemula dalam hal bahasa jerman ini jg merupakan masalah bagi saya).

    Ada ga mas tips-tips untuk saya, supaya lebih mudah membuat abstraksi, trus BAB 1 (seperti yg mas sarankan) terhadap masalah yg menjadi thema TA saya itu…?

    Singkatnya, apakah ada tips-tips yang mempermudah menyimpulkan/mengintisarikan (misal menarik ide untuk abstraksi TA) dari permasalahan/thema TA yang notabene pemberian orang tersebut..?

    Terimakasih sebelumnya atas saran yang diberikan…

  11. Waduh di Jerman mestinya banyak ya ahli bagaimana menulis yang baik. Aku menjadi penulis dulu karena dapet pencerahan di Stuttgart.

    Tapi okelah, saya coba bantu ya.

    Materi TA adalah pemberian dari pembimbing wah mestinya khan lebih mudah, tinggal ngikutin petunjuk beliau. Selam beliau setuju, ya udah ikutin aja.

    Sedang untuk menyimpulkan atau membuat intisari permasalahan yang diberi oleh orang khan tinggal menanyakan ke beliau pemberi masalah, misalnya pertanyaannya adalah

    * apa sih pak yang harus saya kerjakan : jawabannya adalah definisi dari masalah

    * mengapa itu yang harus dikerjakan, apa tidak ada yang lain pak : ini memberi latar belakang masalah apa yang akan diselesaikan.

    * bagaimana cara mengerjakan :

    * hasilnya dapat saya gunakan untuk apa : bisa kesimpulan

    Ya sudah, abstrak anda nanti isinya adalah jawaban-jawaban pertanyaan tersebut.

  12. GINI PAK MASALAH SAYA DLM MBUAT SKRIPSI, JUDULNYA PENGARUH KINERJA PRODUK MOBILE BANKING TERHADAP LOYALITAS NASABAH, BAIKNYA LATAR BELAKANGNYA GIMANA ?

  13. Untuk mulai belajar menulis yang baik, mulai perhatikan pengaruh huruf besar dan kecil. Coba perhatikan, pertanyaan di atas saya rubah menjadi sbb:

    Gini Pak masalah saya dalam membuat SKRIPSI, judulnya PENGARUH KINERJA PRODUK MOBILE BANKING terhadap LOYALITAS NASABAH, baiknya latar belakangnya gimana ?

    Beda khan. Fokus jadi lebih jelas.

    Selanjutnya ada dua objek yang menjadi perhatian utama yaitu:
    “Kinerja Produk Mobile Banking” dan “Loyalitas Nasabah”.

    Jadi kelihatannya anda ingin mempertanyakan Loyalitas Nasabah suatu Bank bukan. Apalah nasabah-nasabah di suatu bank mempunyai loyalitas terhadap sesuatu, pada bank tersebut secara keseluruhan atau hanya terhadap produk mobil banking-nya saja ?

    Saya kira mestinya loyalitas nasabah terhadap produk mobil banking-nya, karena tidak semua nasabah memakai produk mobil banking bukan. Jadi cukup spesifik.

    Lalu dari mobile banking tersebut, apa yang membuat nasabah loyal. kelengkapan Fasilitas yang disediakan atau kinerjanya. Kenapa anda memilih kinerja dan bukan kelengkapan misalnya.

    Bisa juga ditambahkan mengapa anda bicara loyal, itu khan artinya hanya mempertahankan, mengapa tidak menambah atau mengurangi, ada pertumbuhan. Kenapa kinerja dikaitkan dengan loyalitas, bagimana jika dikaitkan dengan peningkatan , khan menarik.

    Dengan menceritakan hal-hal itu saja, anda sudah dapat menjadi latar belakang permasalahan dari skripsi anda. Itu udah banyak yang dapat diceritakan lho.

    Wah saya kira kalau diperpanjangin , jadi ini skripsi.

    Udah deh, nanti ndak dikira mbikinin skripsi, he, he, … :)

  14. pak Wir salam kenal.
    saya adalah mahasiswa TS USU yang sedang skripsi.
    dimana saya dapat temukan tentang perencanaan corbel dengan strut-and-tie model method?

  15. pak Wir, alumni UGM ya…dari Fak apa?

    aku lagi skripsi tapi lagi mentok di bab 4 ni, bagian analisis lagi ? Gimana menyiasati supaya bisa selesai tepat waktu ya…masa pengumpulan untuk ujian kurang dari sebulan ini lagi…

    thanks

  16. **Selamat Bako**
    Untuk corbel dengan s.t.m coba lihat di link berikut
    http://cee.uiuc.edu/kuchma/strut_and_tie/STM/examples/corbel/corbel.htm
    di bukunya MacGregor yang terbaru juga lebih lengkap.

    **Reny**
    –Gimana menyiasati supaya bisa selesai tepat waktu ya–
    Ya paling gampang : konsultasi terus dengan dosen pembimbing. Itu memang tugasnya koq, selain itu, beliaunya biasanya tahu apakah makalah anda sudah ‘selesai’ atau masih banyak yang harus di ulik gitu.

  17. pak saya masih bingung dalam menentukan judul skripsi. saya ingin membuat suatu analisa yang dibantu dengan software rancangan sendiri. sedangkan pembimbing saya ingin software itu nantinya bisa untuk dipakai untuk mahasiswa lainnya secara continu. apa anda ada saran judul apa yg cocok????

  18. sdr Dinand,

    untuk mengetahui judul yang sesuai, tentunya anda harus melihat topik yang menjadi perhatian dosen pembimbing. Apa yang menjadi peminatannya, misalnya : meskipun bidang keahliannya sama-sama struktur, tetapi minatnya belum tentu sama, yang satu lebih suka membahas tentang kayu, atau tentang baja atau tentang beton dsb.

    Apalagi jika dosen pembimbingnya sering membuat publikasi, baca terlebih dahulu materi-materi apa yang sering beliau bahas pada publikasinya

    Lalu software yang akan dibuat nantinya akan berfungsi sebagai tool, alat bantu untuk menyelesaikan peneltian yang menjadi minat utama dosen tersebut.

    Gitu.

  19. Pak, saya mau nanya:

    Sebenarnya dalam skripsi itu kita harus menghasilkan sesuatu yang berguna, atau hanya sebagai semacam test untuk menentukan layak atau tidaknya kita lulus?

    Skripsi saya tentang analisa perbandingan sistem struktur yang digunakan dalam bangunan tinggi. seperti tubular building, framed-shear wall, dan conc.bracing untuk menentukan pada jumlah lantai berapa sistem struktur tersebut layak digunakan.

    Hasilnya berupa gaya dalam, defleksi, lateral drift dari masing-masing sistem struktur. Namun perbandingannya terlihat agak rancu.

    Misalnya kekakuan bangunan framed-shear wall pasti bergantung terhadap konfigurasi letaknya, begitu juga dengan bangunan bracing. sedangkan parameter tetap yang saya gunakan hanyalah volume masing2 bangunan yang saya usahakan hampir sama untuk setiap sistem struktur.

    selain itu luas lantai juga saya tentukan sendiri

    Dan banyak lagi hal dalam skripsi saya yang bersifat relatif dan tidak dapat digunakan. ke “tidak bergunaan” dari skripsi saya ini membuat saya bingung dan merubah2 judul serta metoda analisanya. akhirnya 3 bulan habis dan proposal masih belum fix juga..

    terima kasih sudah membaca uneg-uneg saya..

  20. Skripsi, atau karya tulis, atau tulisan, harus menghasilkan sesuatu yang berguna !

    Berguna bagi siapa ? Ya jelas, berguna bagi yang nulis.

    Bagi orang lain? Peduli amat !

    Kalau begitu skripsi bergunanya apa ? Ya itu, meyakinkan pengujinya bahwa anda memang patut lulus.

    Agar tulisan pada skripsi menyakinkan, bagaimana caranya ?

    Jelas !

    Agar skripsi anda dapat menyakinkan orang lain / penguji skripsi , maka pertama-tama : anda harus yakin bahwa skripsi anda berguna.

    Itu mutlak rasanya, kalau anda tidak yakin, maka saya yakin anda tidak akan berani ngotot mempertahankan skripsi anda. Ingat, anda yang harus ngotot meyakinkan penguji dan itu bukan dosen pembimbing.

    Note : tugas dosen pembimbing, tentulah jika anda sudah menyakinkan beliau (sebelum ujian) akan menjelaskan ke penguji lain bila terjadi min-komunikasi, beliau nanti tugasnya membela anda. Memberi masukan yang menolong penguji memahami dari kaca mata lain.

    Jelas khan !

    Kalau melihat komentar anda pada calon skripsi anda, kelihatan sekali anda belum tahu permasalahan apa yang akan anda selesaikan dengan melakukan pekerjaaan hampir tiga bulan tersebut. Coba cermati lagi, masalahnya apa sih. Mohon cerna kembali, tip-tip saya di atas.

  21. Assalamu’alaikum Pak.

    Salam kenal.

    Saya sedang dalam masa penyusunan skripsi, sudah sekitar 3 semester tertunda. Itu karena saya bosan dengan suasana kuliah, sehingga saya mencoba bekerja. Sekarang sudah masuk tenggatnya. Tetapi, tetap permasalahan yang sama senantiasa menghadang, saya selalu kesulitan pada langkah pertama.

    Memang pada artikel Bapak tentang tips skripsi, alasan yang saya kemukakan terkesan klise, tetapi ya… itulah kenyataannya. Saya mahasiswa angkatan 2002, kelahiran 23 tahun yang lalu. Jurusan yang saya ambil Ekonomi dan Administrasi, dengan Program Studi Administrasi Perkantoran.

    Saya merasa perkuliahan saya selama ini, tidak memberikan kontribusi yang nyata terhadap diri saya.

    Kembali ke skripsi, teman-teman seangkatan, sudah lulus, wah, entah harus semangat atau sebaliknya. Langkah pertama, langkah pertama, langkah pertama…….

    Wassalamu’alaikum.

  22. Salam sejahtera bagi anda, mas Setiawan.

    Ya, saya melihat anda sedang dalam krisis motivasi.

    Anda tidak melihat sesuatu yang menguntungkan dengan pendidikan yang anda tempuh selama ini, itu kelihatan dengan pernyataan anda sbb:
    * saya bosan dengan suasana kuliah
    * perkuliahan saya … tidak memberikan kontribusi nyata …

    Padahal dari sisi lain, anda masih ada keinginan untuk lulus, yaitu dengan menulis pada blog ini.

    Dua hal tersebut membebani anda, saling tarik-menarik, yang mengakibatkan tidak adanya produktivitas (saling melemahkan) Bahkan kalau mental anda lemah (tidak ada penghiburan lain yang positip) maka lama-lama akan stress, depresi, keputus-asaan.

    Tip-tip saya di atas tidak berguna untuk kondisi seperti ini.

    Meskipun demikian, masih ada harapan. Menurut saya, masalahnya sebenarnya tidak terlalu sukar. Kenapa ?

    Karena anda sudah dapat mengindentifikasi dua hal tadi. Jadi solusinya adalah bagaimana mengantisipasi hal-hal tersebut. Carilah alasan-alasan yang memperkuat motivasi anda untuk menyelesaikan skripsi, misal :

    – ok lah, ilmunya nggak kepakai tapi khan ada gelarnya, SE, minimal nanti kalau nyetak di kartu undangan (mau nikah) agak keren.

    – nggak ada temen lama, nggak apa-apa, nyari temen baru

    – kasihan ibu/bapaku yang telah membayar kuliah lama-lama koq nggak ada hasilnya

    Cari apa aja, sampai anda mempunyai motivasi kuat untuk bikin skripsi, jika udah baru mbaca tip-tips di atas.

    Ok !

  23. Wah… persis banget ama yang dialami oleh Setiawan…,
    Sekarang tambahan motivasi saya karena adanya “surat perjanjian antara saya dengan pihak rektorat” yang isinya menyatakan bahwa saya bersedia untuk mengundurkan diri apabila dalam semester ini belum selesai jg…
    apakah di PT lain kayak gini jg ga yah…?

    Sekarang malah jd stress…, setelah googling akhirnya nemu blog ini, lumayan… ternyata “I’m not alone” :D

  24. sdr. Fei, kondisi anda terjadi umumnya diakibatkan batasan masa studi yang telah ditetapkan sejak awal bagi anda telat lewat, selanjutnya adanya surat perjanjian tersebut diadakan sebagai suatu usaha pihak PT memberi kesempatan terakhir bagi anda. Optional.

    Jika asumsi saya di atas benar, maka PT anda merupakan salah satu perguruan tinggi yang berorientasi mutu. Memang demikian suatu penyelenggaraan pendidikan yang baik. Keberanian menjalankan ketetapan yang dia buat sendiri. Melakukan evaluasi dan mengambil keputusan.

    Jelas semua evaluasi yang hasilnya merugikan seperti yang anda hadapi itu, bagi yang bersangkutan memang nggak enak, terasa kejam. Saya sudah melihat itu semua terjadi pada perguruan tinggi berikut : UGM, UI, UNPAR (tempatku sekolah) ; IPB (tempat istriku sekolah) dan UPH tempatku bekerja.

    Saran saya: jangan hanya berkeluh kesah. Ambil keputusan, sekolah selesaikan atau drop-out aja (merasa sekolah nggak ada gunanya) lalu fokus ke hal-hal lain.

    Semuanya kalau anda lakukan dengan pikiran dingin, penuh kerelaan, mantap dan berorientasi ke depan (tidak akan menyesal dengan apa yang diputuskan). Nggak ada masalah. Hidup tidak berhenti dengan anda berhenti dari suatu sekolah.

    Tapi kalau anda tidak ambil keputusan tersebut, selalu ragu-ragu, tapi tidak ada tindakan, pasif. Ya itu jadinya, stress. Stress ada dua tipe, merusak (di luar diri anda yang menderita) atau dirusak (diri anda yang rusak / sakit / lesu dsb).

    Bagaimanapun, sebaiknya anda harus ambil sikap ! Tentukan pilihan anda dan ambil setiap konsekuensi yang terjadi ! Itulah hidup ! Hadapi.

    Semoga Tuhan memberkati.

  25. mlm pak wir…pak, saya mo nanya neh!sem dpn ini saya mo mulai nyusun skripsi, saya seh interest ny di perancangan struktur tahan gempa.saya jg sdh mengajukan denah ke dosen saya en dosen saya jg setuju denah tsb saya pke buat perancangan bsk.nah masalahny saya bingung pak mo nentuin topik apa yg bagus buat minat saya itu.mohon saranny pak.trims…

  26. Thanks Pak Wir….

    Saran saya: jangan hanya berkeluh kesah. Ambil keputusan, sekolah selesaikan atau drop-out aja (merasa sekolah nggak ada gunanya) lalu fokus ke hal-hal lain.

    Apa yang anda katakan persis seperti apa yang ayah saya katakan,nampaknya beliau jg sudah kesal dng saya, padahal berbagai fasilitas sudah disediakan seperti motor, mobil, komputer, akses internet dll tapi kenapa anaknya ga selesai2 kuliahnya?

    sebagai peringatan buat yg lain: awalnya saya punya cita2 yaitu berbisnis sambil kuliah, kuliah kelar dan menjadi eksekutif muda yang sukses “mimpi yang sempurna ” :D

    di awal menjalankan usaha, sepertinya akan berjalan mulus sesuai rencana, namun selanjutnya tidak semudah yang aku kira, kerugian demi kerugian menimpa usahaku sampai akhirnya Jatuh Bangkrut.

    Okelah kalo gagal dalam berbisnis itu sudah biasa/merupakan suatu hal yang wajar, namun masalahnya aku ud ga punya modal lagi, minta ke ortu ga mungkin, modal awal yg dl jg minta :p .

    Sekarang baru deh mikir klo buat modalnya itu bisa dari ngumpuin dari gaji (jd karyawan misalnya), namun cari kerja susah klo cuma pake ijazah SMA, sekarang baru nyadar klo ijazah S1 jg penting, dulu terpengaruh oleh buku-buku yang bilang klo titel sarjana ga penting, yang pengting itu Life Skill.
    Trus satu hal lg kesalahanku, dl aku ga mengajukan cuti kuliah. Kerugiannya yaitu udah bayar iuran kuliah spp+praktikum trus masa studi jg jd nya dihitung, padahal aku ga ngapa-ngapain di kampus selama 2,5 tahun (ga terasa lho…), padahal hanya tinggal skripsi.

    Bagaimanapun, sebaiknya anda harus ambil sikap ! Tentukan pilihan anda dan ambil setiap konsekuensi yang terjadi ! Itulah hidup ! Hadapi.

    Thanks Pak, btw saya sudah memutuskan untuk menyelesaikan studi saya, tanggung sedikit lagi, lagian di luar sana banyak yang ingin sekolah namun tidak mampu, karena biaya yang cukup mahal, klo sekarang tidak selesai berarti saya menyia-nyiakan kesempatan yang sangat berharga…

  27. **usman**
    tulisanmu koq kacau, kurang jelas maksudnya !
    (tulisan nggak jelas, males mbaca)

    **Fei**
    Kalau ayah anda yang sudah memodali banyak dan masih bisa memberi nasehat seperti yang saya utarakan di atas, itu namanya hebat. Itu bukan kesal, beliau mempunyai hati yang lapang dan sabar. Rasanya saya belum sehebat beliau.

    Selanjutnya jika keputusannya untuk meneruskan sekolah : ITU BAIK ! Saya kira waktu yang satu semester tersebut harus dimanfaatkan dengan seksama.

    Untuk memanfaatkan dengan seksama adalah :
    1. pilih dosen yang memahami permasalahan anda, dan tahu bahwa anda telah sadar dan mau fokus ke skripsi lagi.
    2. diskusi dengan dosen tersebut, topik apa yang dapat diselesaikan dalam satu semester tersebut. Apakah dosennya setuju.
    3. jika dosen ok, perlihatkan kemauan anda, usahakan setiap minggu melaporkan progress. Lebih cepat lebih baik, tetapi kalau terlalu sering muncul, dosennya juga bosen. Usahakan jangan sampai membuat beliau bosen.
    4. Usahakan topiknya sesuai dengan peminatan dosen, sehingga jika membahas materi skripsis anda jangan membuat dosennya berpikir banyak.
    5. baca dengan baik-baik tip-tip menulis skripsi di atas.
    6. pertahankan motivasi anda untuk menyelesaikan skripsi tersebut, terus-menerus. Kesadaran anda tersebut merupakan enerji untuk menyelesaikan skripsi anda.
    7. jangan lupa berdoa, memohon kepada-Nya, luangkan waktu ketempat ibadah, yang sepi. Ini merupakan strategi memfokuskan pikiran yang paling efektif.

    Ok Sukes untuk Fei

  28. pagi pak wir,maksud saya saat ini saya lg bingung nentuin judul buat skripsi saya.oh ya saya jg mo tny ttg pelat cangkang tuh sama gk dgn dome?tlg dijelasin y pak.trims…

  29. usman, tulisanmu disingkat-singkat, kayak nulis sms, dari situ kelihatan “kamu itu mau nulis atau mau apa, kelihatan nggak serius gitu”, antara “mau-mau nggak mau”. Terus terang sebenarnya saya mau delete aja. Tapi ok-lah, sekali ini saya coba tanggapi. Saya harap tidak di ulang lagi.

    Perhatikan, saya nulis jawabannya juga nggak setengah-tengah.

    Pelat cangkang adalah istilah yang umum digunakan untuk menterjemahkan element SHELL, yaitu element meh dua dimensi yang mempunyai perilaku membran (gaya tarik/tekan searah bidang) dan perilaku pelat (momen). Element SHELL adalah element dua dimenasi yang dapat digunakan untuk memodelkan struktur DOME, tapi tidak terbatas pada struktur itu aja. OK.

  30. kemudian untuk element shell, referensi apa yang dapat saya gunakan?dimana bisa saya dapatkan?
    mohon saran bapak.thanks.

  31. untuk teorinya, cara penurunan formulanya silahkan baca di banyak buku-buku tentang m.e.h (metoda elemen hingga) atau f.e.a (finite element analysis), karangan Cook atau Desai atau Bathe atau banyak lagi yang lain atau bisa juga baca buku klasik tentang shell dari Timoshenko (ini wajib hukumnya)

    jika ingin tahu implementasinya bisa juga di buku-buku manual program seperti SAP2000, ABAQUS, ANSYS dll.

    Judul-judul buku yang dimaksud ada di daftar pustaka buku saya yang terbaru SAP2000 Edisi Baru.

  32. Terima kasih pak Wir, artikel anda di awal, juga masukan-masukannya sangat berarti buat saya.

    Rencananya ada jadwal sidang bulan Agustus nanti, semoga berhasil. Nanti saya kabari lagi bila sudah selesai.

    Terima Kasih banyak Pak… :)

  33. Salah satu hal yang disenangi dosen dari muridnya adalah kemauan untuk maju, pantang menyerah, dan tidak hanya kecerdasannya saja.

    Adanya kemauan atau pantang menyerah itu biasanya didukung oleh motivasi kuat mahasiswa tersebut.

    Fei, tunjukkan ke orang-tuamu, orang-orang disekitarmu, bahwa kamu bisa mensyukuri apa-apa yang telah diterima selama ini (sekolah tanpa mikir dananya, tinggal minta ortu), yaitu dengan menyelesaikan sekolah tersebut.

    Pada tahap itu saja, saya yakin bahwa mereka yang memberi juga akan lega, dan bahagia. Baru setelah itu mikirin yang lain.

    God Bless You.

  34. pak Wir,
    mungkin pak udah lupa, saya waktu dulu pernah tanya tentang Judul Kar-Tul yang terus pak jawab “Gimana kalo tentang Indonesia sebagai pembabat hutan No.1 di dunia”
    Menarik banget pak,..
    hmm…tapi kalo judul di bidang sipil bapak ada saran tidak?
    Saluut juga buat pak, pak kan dosen pasti sibuk, koq sempat ya setiap hari balas comment2 dan kasih saran-saran…
    Makasih pak
    ..J B U..

  35. Itulah enaknya jadi dosen, salah satu tugasnya adalah membuat tulisan (publikasi), termasuk blog ini.

    Bagi dosen, semakin banyak nulis, semakin banyak kum-nya lho. Jadi kalau penulisan itu hobby dan bukan tugas maka khan enak hidup ini. Jadi dosen ngerjainnya yang hobby-hobby aja, tapi bisa menghidupi (khususnya jika di UPH lho).

    Judul skripsi, wah banyak sekali lho. Topik apa yang akan dibahas. Pelajari aja setiap pertanyaan di blog ini, bisa dikembangkan jadi judul skripsi koq.

  36. Salam kenal pak wir,
    Saya ingin tahu tentang tata cara penggantian karet peredam gempa pada suatu gedung, kira – kira pak wir ada info ga?

    Terima Kasih

  37. karet peredam gempa = base isolation system ?

    untuk gedung ? Setahu saya gedung yang pakai sistem itu hanya bangunan percontohan sumbangan dari UNIDO yang dibangun di jawa barat (sukabumi ?). Betul ya ?

    Apa sudah ada gedung yang lainnya ? Wah menarik itu. Hal-hal tentang ini (base isolation system) banyak menjadi topik tulisan / seminar dari pak Benjamin Indrawan (Dr., M.Eng.) alumni dari University of Tokyo, Japan. Beliau adalah direktur Phi-Delta konsultan, dosen Trisakti dan juga dosen UPH yang mengajar analisa metode matrik, analisa dinamik dan teknik gempa

    Setahu saya, karet peredam tersebut banyak macam ya, tidak hanya sekedar karet bisa juga kayak Elastomeric-Based System seperti yang banyak dipakai di jembatan-jembatan sekarang ini.

    Untuk penggantiannya kayaknya nggak ada yang khusus khan, paling-paling disiapkan jack hidraulik dengan kapasitas yang mencukupi. Biasanya kalau desainnya baik, sudah disiapkan tempat untuk dongkrak tersebut.

    O ya, ingat masalahnya jika satu tempat diangkat bisa menimbulkan efek seperti differential settlement, pada ‘struktur statis tak tentu’ hal itu bisa menimbulkan momen tambahan (over-stress). Untuk itu mungkin perlu dievaluasi terlebih dahulu dengan analisis struktur pengaruhnya. Tapi mestinya ini sudah diantisipasi lama saat desainnya dulu ya.

    Prosedurnya, kalau efek ‘statis tak tentu’ itu jelas bahwa hal tersebut akan berbeda-beda

    untuk tiap kasus yang mempunyai konfigurasi sistem struktur yang berbeda, perlu urut-urutan yang berbeda pula.

    Yah ngeliatnya harus kasus per kasus kalau begitu. Jadinya nggak ada prosedur yang seragam ya.

  38. Sebelumnya saya mohon maaf, karena baru sekarang bisa membaca nasihat dari Bapak, baru ada kesempatan internet.

    Terimakasih atas gambaran penyelesaian masalah yang sudah
    Bapak berikan. Saya coba Pak..

    Tetapi, saya masih membutuhkan bimbingan lebih lanjut dari Bapak, itu juga kalau Bapak tidak keberatan…
    Thank’s Friend….

  39. Saya mahasiswa teknik sipil jurusan manajemen konstruksi, saya kesulitan dalam mencari judul. Mungkin bapak tau dimana mencari jurnal yang gratis untuk bahan skripsi saya sebab selama saya browsing di internet kebanyakan jurnal yang berbayar.

  40. Pak wir salam kenal,
    saya mahasiswa TS Unsyiah B.Aceh.
    Sedang menulis Skripsi tentang Alternative Perencanaan Pondasi Tiang Pancang (Group Pile), bisa tolong referensi presentasi atau bahan2 yg berhubungan dengan judul saya tersebut.
    terima kasih…

  41. salam kenal pak
    saya mahasiswa hidroteknik sedang cari informasi tentang perhitungan kedalaman gerusan lokal di hilir peredam energi pada bendung tipe bucket, kira-kira saya bisa dapat informasi dimana?
    makasih sebelumnya

  42. Selamat pagi pak
    saya mahasiswa hidroteknik Unsyiah,
    saya butuh bahan tentang studi kasus permasalahan pada belokan sungai (erosi tanggul dan sedimentasi dasar sungai) . Terima kasih

  43. **Setiawan**
    bagaimana sudah ada kemajuan ?

    **ynos**
    Manajemen konstruksi, ini juga bukan peminatan saya. Tapi seingat saya, tema ini banyak dijumpai di internet. Coba anda coba link di web site lamaku http://sipil-uph.tripod.com rasanya aku koleksi link yang gratis.

    **Alur**
    Apanya yang alternatif mas Alur. Untuk pondasi tiang pancang kayaknya buku wajibnya adalah bukunya karangan prof. Paulos, warna hitam. Itu harus dibaca dulu.

    **Elza & 7oRr**
    Bidang yang anda cari di luar peminatan saya. Jadi saya awam dengan hal tersebut.

  44. Hallo Pak Wir,

    Mengikuti perjalanan blog-nya Pak Wir ini emang enak. Great job. Saya dukung diskusi2/berita2 yg telah/akan dipost.

    Hallo Mas Alur,

    ****Sedang menulis Skripsi tentang Alternative Perencanaan Pondasi Tiang Pancang (Group Pile), bisa tolong referensi presentasi atau bahan2 yg berhubungan dengan judul saya tersebut.****

    Saya tidak berkecimpung di pile foundation (group pile) hanya saya memang pernah mendengarkan beberapa presentasi ttg topic tersebut di conferences. Setahu saya alternatif perencanaan untuk pile group (dan stone column) yg sedang banyak diresearch skrg adalah penggunaan homogeneization method. Kalao tidak salah method ini juga dipakai di concrete tech (saya hanya pernah denger, mungkin Pak Wir ato teman yg lain lebih ngerti). Metoda ini baru teruji secara static properties (ekuilibrium di stress, force, couple moment) tapi belum akurat dari sisi displacement, terutama lateral displacement (ini yg saya ingat dari presentasi-nya Dr Mina Karstunen – Univ Strachclyde, UK).

    Alasan penggunaan dari method ini salah satunya adalah untuk menghindari penentuan interface definition antara piles and soil pada perencanaan pile group (dalam f e analysis penggunaan interface yg terlalu banyak merupakan time consuming dalam boundary problem yg besar).

    Setahunya beberapa journal membahas ttg alternative perencanaannya: untuk analyticalnya bisa refer ke Prof Matsumoto. Untuk finite element yg banyak membahas: Prof Hary Poulos (U. Western Australia), Prof John Small (U. Tech. Sidney).

    Kalo memang tahu pasti apa yg dicari, saya akan coba bantu untuk cari journal2 yg sesuai. Tapi tolong specific untuk keywords-nya, krn saya hanya tahu kulit dari pile group model & analysis.

    best regards.

  45. syalom pak..saya mahasiswi USU di Medan, saya lagi terhambat dalam selesaikan skripsi saya. Judul skripsi saya: “Analisa tekuk flens dan web profil IWF struktur Gable Fame dengan metode plastis”.saya mohon bantuan bapak untuk beri saran, komentar mengenai judul saya dan kira2 buku/sumber buku apa yang bagus dipakai untuk untuk judul saya tersebut.Saya agak pusing menganalisa tekuknya..mohon bantuannya. terimakasih..syalom..

  46. sdr Talenta, wah bagus namanya.

    “analisa tekuk flens dan web …” , apakah anda ingin melihat perilaku tekuk di flens atau di web ? Tekuk lokal, setempat ? Atau pengaruh flens dan web. Itu kurang jelas.

    Karena anda mengkaitkan dengan metode plastis maka perlu diingat : bahwa metode plastis hanya dapat diterapkan pada profil compact. Apa itu ? Silahkan lihat definisi di AISC atau SNI baja yang terbaru yang mengacu AISC.

    Pada profil compact sudah disyaratkan bahwa b/t atau perbandingan lebar atau tebal komponen-komponen baja di profil tersebut sudah di-check sedemikian sehingga tidak ada itu tekuk lokal. Dengan demikian profil tersebut dapat mengalami momen plastis.

    Jadi intinya, metode plastis hanya dapat diterapkan pada profil yang mempunyai ketebalan yang mencukupi sehingga tidak mengalami tekuk terlebih dahulu sehingga keruntuhan terjadi pada materialnya (yielding).

    Jadi judul skripsi anda berkaitan dengan hal yang berbeda, yaitu tekuk (tinjauan geometri) dan plastis (tinjauan materialnya).

    Anda mau tinjau salah satu aja, atau kedua-keduanya. Wah nggak gampang itu, kecuali pakai fem.

  47. Salam, pak wir.

    Kenalkan nama saya Angga mhs semester akhir sipil UNRI riau.

    Sy mw tanya ke Bapak, buku referensi prog delphi apa yg bagus bwt anak sipil? Ada gak,pak ? tolong direkomendasikan ke saya pak, ya.. Gini, lho.. Saya lagi dlm tahap untuk menuju ke tugas akhir. dan sekarang masih dalam tahap menyusun proposal. (saya mencoba tips yg bapak kasihkan dalam penyusunan proposal saya; bagus bgt !)

    Saya dpt judul ttg analisis kolom bentuk +, L dan T. Output yg dihasilkan utk perancangan di lapangan disajikan dlm bentuk keluaran prog komputer (intinya tentu saya harus membuat program). Program delphi ini bagus ga ya klo saya gunakan dlm TA saya ?? (jujur pak, pengetahuan saya ttg pemrograman sangat minim sekali). Tapi dosen pembimbing sy sangat berharap agar saya bisa menguasai program tsb.

    Oya, saya mengalami kesulitan dlm mencari jurnal2 ttg kolom btk +,L dan T. Kira2 bs gak bpk kasih website jurnal sipil yg up-to-dated khusus mengenai kolom beton bertulang? saya berharap bs konsultasi & sharing jg dg Bapak ttg dunia sipil (klo boleh sy minta alamat email Bapak).

    terima kasih..

  48. Saya merekomendasikan vb 6.0 dan bukan delphi!

    Kenapa ?

    Karena di buku ke-3 saya, telah termuat listing lengkap diagram interaksi kolom bentuk persegi, bulat, juga komposite. Lengkap dgn CD , tinggal di RUN. Saya yakin belum ada buku berbahasa Indonesia yang selengkap tersebut.

    Jadi kenapa harus nyari lain !

    Jika dosen anda ngotot pakai delphi, tanya kenapa ? Apa sudah baca buku saya tersebut, jika ada buku lain yang lebih lengkap dari buku saya tersebut. Bolehlah pakai delphi.

    email, pakai ini aja, biar bisa sharing ke yang lain. Juga nanti kalau ada yang salah khan ada orang lain bisa kasih koreksi. Gitu lho. :D

  49. Thanks,pak.. Saya akan cari buku yg bpk rekomendasi tsb. Oya, bg siapa saja yg membaca tulisan ini tlg dong bantuin ak nemuin jurnal ttg analisis kolom.

  50. syalomm…pak

    kenalkan saya maria, saya mahasiswi di UNIMED jursan bhs Jerman skrg smster 6.
    Saya mo konsultasi pak, saya lg binggung…. krn kmi ada tugas dari dosen u/ membuat proposal ataupun samapi bab 3. padahal saya msh binggung u/ memulainya. jgn kan merangkai penelitian tentukan judul dlm linggustik saja saya msh binggung. apalagi ini tugas smester.
    dapatkan bapak membantu saya.
    tlg berikan solusi ke email saya : implus_maria@yahoo.co.id
    Makasi ya pak

    GBU

  51. Aku juga bingung, proposal apa sih yang kamu mau bikin.

    Cerita dulu, UNIMED itu apa, proposal apa, tugas akhir (di semester 6 koq udah ya, diploma ya), temanya apa. Aku khan kurang memahami ttg bahasa jerman.

    Gitu. Maria Mahdalena atau Magdalena sih.

  52. halo pak Dewo

    Aduh pak hampir saya kehilangan site ini !!
    Pak Tolong dong, Punya peraturan tabel pada peraturan perencanaan Jembatan (BMS) Khususnya pada Baja Struktural.
    Saya sudah ke Puslitbang J Jem, Tapi kok belum ketemu pak, wah untuk buat TA ini pak
    Apa panjenengan Punya ?

    Matur Nuwun
    Gusti Yesus Amberkati

  53. salam sejahtera , saya mau bertanya kepada bapak

    -laporan karya ilmiah itu apa ya pak ?
    -abstrak itu apa pak ?
    -kata kunci itu apa pak ?
    -cara buat daftar pustaka yg baik dan benar gimana pak ?
    -unsur abstrak informatif itu apa pak ?
    trus apa yg di perhatikan dalam menyusun abstrak ?

    maaf pak seblemnya , karna pertanyaan saya banyak , mohon bantuannya pak

    salam sejahtera untuk bapak

  54. Jika tulisanku yang panjang lebar di atas masih belum menjawab pertanyaan Iqbal maka disarankan membaca langsung buku rujukan berikut:

    Mien A. Rifai .(2001). “Pegangan Gaya Penulisan, Penyuntingan, dan Penerbitan Karya Ilmiah Indonesia“, cetakan ke-3, Gadjah Mada University Press dan Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Ditjen Dikti.

    Pasti di perpustakaan yang cukup besar, buku itu pasti ada.

  55. pa wir…slm kenal.aq mhs J@doel BeGeTe dr fak.olahraga d jkt.sedang go to skripsi about JUDO
    ……ehm bapak yg baik tolong kasi aq bahan judo (sejarah,tehnik,dll)cos banyaknya jepang n korea punya,maklum aja ya pa.//./.

  56. Salam kenal Pak Wir
    Saya mahasiswi fakultas ekonomi jurusan IESP
    senang sekali bisa baca tulisan bapak berserta comment-commentnya…hehe…bener2 menjadi pemicu untuk menyusunan skripsi…
    Pak Wir….
    Dosen pembimbing yang saya dapat tidak sesuai dengan dosen pilihan yang saya tulis sewaktu pengajuan KIPS…beliau orang yang cukup keras dan idealis…pertama kali bimbingan, beliau langsung menolak beberapa judul yang saya ajukan…saya memang mengajukan judul yang berbeda dari bahasan beberapa mata kuliah (Ekonomi Mikro, Evaluasi Proyek & Ekonomi Syariah) yang diampu beliau…soalnya saya tidak tertarik sama sekali dengan bahasan mata kuliah tersebut…sampai akhirnya beliau menyetujui bahasan judul yang saya ajukan, yang juga tidak terkait dengan bahasan mata kuliah yang beliau ampu…(saya mengambil bahasan tentang Ekonomi Moneter dan Ekonomi Makro)…
    Beliau bilang “Ya sudah kalo kamu pinginnya bahasan ini ya gak papa dijalani dulu saja, saya akan coba bimbing dan sambil jalan saya juga ikut belajar”. Saya jadi merasa bersalah sama beliau karena sudah keras hati untuk tetap memilih pasar modal sebagai bahasan skripsi…
    Apa tindakan saya salah?
    Gimana nih Pak Wir apa saya nanti akan mendapat hambatan dengan tetap mengambil judul yang saya inginkan?
    Trus apa saya akan merepotkan dosen pembimbing saya?

    Minta saran………………..banget………..

  57. @Agung
    ttg judo, nggak ada tuh. :(

    @Indri
    Saya sarankan, carilah topik yang dosen pembimbing mempunyai minat dan kompetensi pada topik tersebut. Jika tidak, bagaimana beliau bisa membimbing. Selain itu, bagaimana nanti jika dosen penguji ternyata lebih ahli dan menemukan sesuatu yang diragukan. Bisa mentah.

    Karena ini ttg skripsi, maka nggak usah terlalu ngotot topik diluar kompetensi dosennya. Apa alasannya. Mau ahli bidang tersebut, padahal dosennya nggak cocok. Jadi kayak kerja sendiri aja. Nggak ada nilai tambah, selain itu juga riskan, dosen pembimbing mbelanya kurang kuat jika ada penguji yang lebih ahli. Prioritas, pokoknya sekarang bisa lulus terlebih dahulu. Jika ingin ilmu yang lain, nanti belajar lagi.

    Gitu mbak Indri, saya sendiri juga nolak jika mahasiswa ngajuin topik yang saya sendiri kurang sreg. :(

    Bagaimanapun semakin profesional seseorang, umumnya lebih fokus ke hal-hal tertentu. Nggak bisa semuanya. Kalau ngaku bisa semuanya, akan diragukan … lho.

  58. mlm pak..

    aq mhs jurusan sistem informasi ingin mengajukan skripsi pd smtr ini.tp aq msh bingung mo ngajuin apa.tlg bntuin sy y pak,mgkn bpk ada pandangan lain.kl bs,analisa aja pak.coz lg mls buat program.

    matur thank u…..

    email aq : kecoak_kecil@yahoo.com

    wir’s comment : tulisan anda sangat hemat, membacanya susah, jadi saya juga akan berhemat komentar. Ok.

  59. Salam kenal pak Wir,
    saya mahasiswa Trunojoyo Madura jurusan Informatika, setelah saya baca mulai dari atas, saya salut dengan web ini karena sangat bermanfaat bagi saya, dan mungkin bagi orang banyak. Saya salut nih sama pak Wir sepertinya pak Wir menguasai di segala bidang, sebenernya bapak spesifikasinya di bidang apa ?

    Saya mau curhat ni Pak !!!
    Saya bentar lagi menginjak semester 7 pak. tapi yang saya rasakan ilmu saya itu ngawang semua dalam artian setengah-setengah.

    Trus solusi buat buat saya untuk memfokuskan ilmu saya sehingga terbentuklah sebuah skripsi, gimana pak tahapannya? trus gimana cara memperoleh judul skripsi?

    Terima kasih !!!

  60. Salam kenal kembali Ubaid.

    Bidang spesialisasi saya adalah structural engineering yang merupakan sub bagian keahlian dari civil engineering. Bidang yang membahas ttg kekuatan dan kekakuan untuk memastikan keamanan (safety) struktur-struktur bangunan sipil, misal gedung, jembatan, dam dll.

    Ilmu masih ngawang, ya biasa itu. Jika anda konsisten dan tekun mempelajarinya pasti akan ada buahnya. Saya juga gitu, hanya saja saya menikmati bidang yang menjadi kompetensi saya, jadi rasanya bisa menggelutinya setiap hari, tidak bosan-bosan juga. Kerja menjadi kayak hobby aja.

    Untuk membentuk skripsi maka anda harus cari masalah yang nanti akan dicari solusinya memakai ilmu yang anda pelajari. Bahkan untuk itu karena belum dikuasai maka anda terpaksa belajar ilmu yang baru. Nggak apa-apa itu. Jangan takut.

  61. Gini Pak !!!.
    sebenernya saya menekuni di bidang pemrograman web & jaringan. Mungkin Bapak bisa memberi suatu masukan nanti skipsi saya terarah ke mana dan membahas masalah tentang apa?
    Trus tips menyusun judul skripsi itu gimana?
    Apakah penyelesaian suatu masalah dalam skripsi itu harus menggunakan metode?

    Terimakasih Pak Wir !!!

  62. “di bidang pemrograman web & jaringan”, tentunya data-base bisa khan.

    Kalau begitu membahas aja, misal toko buku on-line kayak Amazone. Bagaimana anda bisa menampilkan katalog buku yang terintegrasi dengan data-base bagian pergudangan juga pengiriman serta statistik buku-buku yang paling laku sekaligus informasi keuangannya. Jika susah tunjukkan dimana kesusahannya dsb-nya.

    anggap hal di atas adalah masalah yang akan dibahas. Lalu siapkan untuk menjawab pertanyaan berikut:
    a). Mengapa perlu membahas masalah di atas.
    b). Strategi apa yang digunakan sbg solusinya
    c). Apa kelebihan dan kelemahannya
    dsb-nya

    Penjabaran dari pertanyaan-pertanyaan tsb merupakan skripsi anda. Gitu lho. Gampang khan.

  63. iya pak saya bisa web dengan data base. Pak emangnya boleh, membuat skripsi seperti yang bapak sarankan, itu khan sebagian tugas dari perkuliahan saya???

  64. Kenapa nggak boleh, yang penting adalah bagaimana anda meyakinkan penguji bahwa yang kamu bikin tersebut merupakan bagian penting dari suatu penyelesaian masalah.

    Jadi yang pertama terlebih dahulu adalah memformulasikan masalahnya, sehingga diperlukan web data base tersebut.

    Gitu mas.

  65. Apakah perlu mencari “Study Kasus” untuk mendapatkan suatu masalah yang Bapak sarankan?

    Oh ya Pak… Saya minta link-link yang berisi jurnal ilmiyah yang sesuai dengan jurusan saya.

    Terima kasih Bapak….!!!

  66. Ya kalau sudah sampai situ, diskusi / konsultasi dengan dosen pembimbing diperlukan.

    Link yg sesuai jurusan, lha kalau itu juga anda yang lebih tahu ! Google-ing aja.

  67. pak wiryanto, saya ini termasuk HMA, himpunan mahasiswa abadi, tetapi ini bukan karena saya bodoh tapi mungkin juga saya malas, saya terharu atas beberapa blog yang membuat kita terinspirasi, saya sudah pernah bekerja di kontraktor BUMN, dan di konsultan tetapi hingga hari ini saya belum bisa menyelesaikan “tugas akhir” saya, mohon di beri pencerahan, thanks

  68. Saya bisa memaklumi anda.
    Ketika saya menulis jawaban ini, apa yang sebenarnya terjadi. Saya juga harus menyelesaikan ‘skripsi’ saya, krn anda S1 maka disebut skripsi, tetapi karena saya S3 maka namanya beda yaitu disertasi. Tapi sebenarnya substansinya sama.

    Membuat skripsi / disertasi, saya kira sama aja, hanya bedanya basic-nya beda. Yang paling susah adalah melawan diri sendiri. Anda tahu, untuk memfokus ke situ (skripsi) kadang-kadang susah bukan main, bahkan lebih mudah kerja di BUMN atau konsultan, begitu khan. Kalau saya, lebih mudah menyelesaikan buku yang tebalnya 500-an.

    Jadi fokus untuk menyelesaikan skripsi perlu pengorbanan diri dan komitmen yang kuat. Anda tahu saya tiap hari (kecuali Senin dan Selasa) selalu berusaha fokus di depan komputer. Hanya untuk berusaha menyelesaiakan disertasi (skripsi S3).

    Jika anda fokus, konsentrasi dan berkomitmen kepada diri sendiri untuk mau menyelesaikan skripsi, saya kira BISA.

    Kerja di BUMN, konsultan, dll, dng iming-iming duit, itu hanya sekedar tedeng aling-aling menutupi kelemahan diri anda untuk tidak menyelesaikan skripsi.

    Jika anda merasa hal-hal itu lebih penting maka nanti, “waktu” yang akan membuktikan bahwa menunda tanggung jawab (menyelesaikan skripsi) hanya akan mendatangkan penyesalan dikemudian hari.

    Selamat menetapkan komitmen anda, mau berbeda untuk menjadi batu permata yang perlu digosok secara khusus agar cemerlang dan dihargai atau cukup puas menjadi batu jalanan saja. Menunggu pecah oleh kondisi sekitarnya. Berguna juga, tetapi selama berfungsi tidak ada yang memperhatikannya (menghargainya) hanya saja ketika pecah/ rusak dan tidak berguna maka baru ada yang memperhatikannya, yaitu membuangnya dan menggantinya dengan yang baru.

    Anda diberi pilihan sendiri dan anda juga yang memilihnya. Akhirnya hanya anda sendiri yang dapat merubah anda, bukan orang lain.

  69. Salam Sejahtera
    Bapak, saya merasa beruntung dapat alamat blog ini. Saya mahasiswa Teknik Sipil UMY angkatan 1999.

    InsyaAllah, saya akan mengerjakan TA saya tentang tiang pancang dengan judul “Perbandingan nilai perhitungan metode statis dan metode dinamis tiang pancang dikorelasikan dengan hasil test Pile Driving Analyzer”.

    Mohon sumbangsarannya atas judul ini dan apa referensi yang harus saya punya. Terimakasih,Tuhan Memberkati Anda

  70. sdr Ardiansyah,
    Saya sarankan anda hadir di UPH pada saat EACEF 26-27 September besok, kenapa, karena Prof. Harianto akan menyampaikan makalah :

    LESSONS on QUALITY ASSURANCE of PILE FOUNDATION USING STATIC / DYNAMIC LOAD and INTEGRITY TEST in INDONESIA

    Beliau akan menyampaikan pengalaman ttd PDA pada berbagai perusahaan di Jakarta. Pas sekali dengan tema skripsi anda.

    Jadi sekarang mempelajari dengan baik bersama dosen pembimbing anda selanjutnya sampaikan pertanyaan anda ke prof Harianto jika ada yang tidak jelas. Makalah tsb cukup orisinil dan up-to-dated karena prof. Harianto adalah salah satu direktur perusahaan penyedia jasa PDA tsb di Jakarta (selain juga guru besar di UPH, senior saya di sini).

    O ya, beliau juga mempunyai sertifikasi sbg “Quality assessor for foundation testing”.

  71. Salam kenal Pak wir.

    Saya mahasiswa Teknik Sipil Peminatan Manajemen Konst.

    Saat ini saya mau mengajukan judul skripsi. Sebelum mengajukan judul skripsi saya sedang mencari-cari dulu literatur/buku-buku yang menunjang judul saya tersebut.

    Judul skripsi yang mau saya ajukan adalah “Studi Perbandingan Analisa Biaya Metode Konst. Perkerasan Flexible dengan Perkerasan Kaku Pada Proyek Jalan Raya”.

    Kira-kira ada gak buku yang membahas perhitungan biaya pada jalan raya. Atau mungkin Pak wir punya catatan atau file mengenai perhitungan analisa biaya pada jalan raya?
    Soalnya saya lagi ngejar target sampai awal bulan September harus selesai kuliah.

    Terimakasih Pak Wir, atas blog-nya bagus banget!

  72. salam kenal pak wir,
    saya mahasiswi jurusan Manajemen Perbankan Syariah saat ini sedang skripsi dengan judul “Analisa Penanganan Pembiayaan Bermasalah pada BPRS” bisa tolong kasi tips-tips buat sidang, karena saya sebentar lagi mau sidang.

  73. salam kenal, pak wir
    saya mhswa teknik sipil saat ini sedang TA dengan judul “analisis pemodean tiang 2d dengan bantuan plaxis untuk mencari gaya dalam dan penurunan”tips2 apa saja yang nanti buat sidang draft.mksh

  74. @iray dan azis:
    Tip-tip ini saya rangkum dari pengalamanku yan pernah menjadi dosen penguji skripsi di JTS-UPH, sebagai mahasiswa S3 yang harus lulus ujian lesan dan tertulis dari beberapa profesor, dan juga sebagai presenter dibeberapa seminar ilmiah.

    Tip-tip ini benar menurut pengalamanku tersebut, tetapi apakah cocok dan manjur jika diterapkan pada anda, wah itu soal lain.

    Prinsipnya karena materi yang diujikan adalah hasil penelitian dan penulisan kita, maka mestinya dalam presentasi tersebut kitalah yang “paling” menguasai materinya, yang kedua tentunya dosen pembimbing. Betul nggak ?

    Jika jawabannya “tidak”. Anda harus bertanya dulu, kenapa ? Ini penting, karena kalau anda masih ragu dan tidak bisa menjawab “ya aku paling tahu” maka anda perlu evaluasi dulu.

    Langkah lain yang perlu adalah, sudahkah anda meyakinkan dosen pembimbing anda tentang apa-apa yang anda tulis ! Ini penting. Jika anda saja tidak bisa meyakinkan dosen pembimbing yang notabene secara resmi ditunjuk oleh institusi untuk membimbing anda, maka tentulah sulit untuk meyakinkan dosen lain yang ditunjuk sebagai penguji.

    Jadi intinya, sebelum maju sidang anda harus mendapat dukungan dari dosen pembimbing ! Jika anda memenuhi prasyarat ini maka jelas kelulusan anda sudah di tangan. Jika demikian maka hanya anda dan dosen pembimbing anda saja yang mengusai masalah anda. Jika demikian maka pertanyaan pertama nanti akan ‘ya’. Masih ingat pertanyaan pertama saya tadi.

    Ok. Jika anda memenuhi prasyarat-prasyarat tadi maka tentunya anda sekarang lebih PD untuk maju sidang.

    Menurut saya ini penting, jika anda PD maka bawah sadar anda akan mendukung anda.

    Jika mental telah siap, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan penampilan anda di sidang, antara lain :

    fisik : kesehatan, cara pakaian (kalau perlu pakai dasi, rapi dan jangan terlalu menyolok / menarik perhatian, tampil wajar).

    materi presentasi : pastikan file-file atau alat presentasi dapat bekerja dengan baik. Pastikan juga bahwa anda menguasai apa-apa yang anda tampilkan. Jika ada yang anda ragu, hilangkan saja (ingat : cari alasan yang elegant kenapa nggak ditampilkan). Pastikan apa-apa yang anda tahu dan apa-apa yang anda belum tahu. Jangan sekali-sekali sok tahu. Nanti bisa kejebak sendiri.

    Berkaitan dengan hal tersebut, anda harus tahu dengan baik batasan permasalahan anda. Ini penting khususnya jika ada pertanyaan yang melenceng dari materi penelitian anda. Jika ada seperti itu, akui saja bahwa hal tersebut belum diteliti dan juga cari alasannya.

    Untuk sementara ini dulu ya, masih banyak sebenarnya, mungkin perlu satu tulisan tersendiri.

    OK ?

  75. siang pak..
    Perkenalkan nama saya Dhea mhs semester akhir teknik sipil.
    Saya sedang dlm tahap untuk menuju ke tugas akhir dan sekarang masih dalam tahap menyusun proposal. Sy mw tanya ke Bapak, buku referensi tentang analisa pondasi pada tower dan tentang jurnal2 ttg hal tersebut. Kira2 bs gak bpk kasih website jurnal sipil yg up-to-date untuk masalah tersebut?
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih..

  76. Selamat pagi Pk Wir,
    Beruntung saya menemukan blog ini.
    Begini, saya mahasiswa semester 7 Fakultas Ekonomi UB Malang. Rencananya, saya mau memprogram skripsi sekaligus KKN-P (Kuliah Kerja Nyata Profesi). Tapi masalahnya, pertama, saya masih ragu bisakah saya mengatur waktu…? tolong Bpk beri saran bagaimana mengatur waktu dengan baik.
    Kedua, untuk judul skripsi, saya berencana mengambil tentang Sensual Marketing atau Sensual Advertising (konsentrasi saya manajemen pemasaran), tolong beri saya rekomendasi buku-buku yang membahas tentang Sensual Marketing atau Sensual Advertising.
    Terima kasih sebelumnya Pak Wir, saya harap Bapak berkenan memberikan solusi dan jawaban dari masalah tersebut.
    Sekali lagi, Terima kasih Pk Wir.

  77. Pak, saya mau bertanya tentang skripsi mhs sipil s1

    TA saya tentang bangunan tinggi, kmarin saya seminar proposal tugas akhir. semua berjalan lancar-lancar dan baik-baik saja hingga salah satu dosen mempertanyakan batasan masalah saya. batasan yang dipertanyakan adalah:

    “analisa dibatasi hanya struktur atas saja dan dianggap terkekang sempurna pada lantai dasarnya”

    yang beliau pertanyakan: “anda tidak meninjau basement? mana mungkin bangunan tinggi diatas 20 lantai tidak pakai basement? anda tidak bisa meninjau bangunan tinggi tanpa mamperhatikan interaksi tanah-struktur..”

    Untunglah saya mendapat dukungan dari banyak dosen, shg proposal TA saya (yg sebenarnya sudah 90% selesai) bisa lolos.

    yg jadi pertanyaan saya adalah:

    1. apakah memang semua bangunan tinggi harus memakai basement? (krn referensi2 yg saya miliki ttg bangunan tinggi hanya tidak meninjau bagian bawah bangunan)

    2. salahkah batasan masalah yg saya buat?

    mohon kesediaan Bapak menjawabnya, kalau bisa sekalian tips – trik menghadapi dosen yg kritis spt itu. (krn mungkin harus saya hadapi lg pada sidang TA)

  78. @Dhea :

    buku referensi tentang analisa pondasi pada tower dan tentang jurnal2 ttg hal tersebut

    Ada yang bisa bantu Dhea ?

    @Asari :
    Anda ini lucu, saya itu dosen teknik, jadi kalau tanya tentang ekonomi, ya bengong dong. Yang namanya profesional itu, adalah tahu apa yang dia tahu dan tahu apa yang dia tidak tahu. Jadi kalau orang ngaku serba tahu, itu perlu dipertanyakan ? Jadi nanti kalau saya jawab yang bukan kompetensi saya, ada yang tertawa lho. Gitu Asari.

    @Fikri P. Sofyan :

    tips – trik menghadapi dosen yg kritis

    Lho kamu ini bagaimana, saya ini khan juga dosen. Jadi sesama dosen tidak boleh saling mendahului. :D

    apakah memang semua bangunan tinggi harus memakai basement

    Siapa sih yang mengharuskan ?

    Untuk menjawab hal tersebut tentu saja anda balik aja pertanyaannya. Kenapa harus pak ? (sambil senyum lho) Kalau owner-nya mau gitu, bagaimana. Takut kebanjiran katanya.

    Secara umum dapat dinyatakan bahwa konstruksi ke bawah (bikin basement semacamnya) relatif lebih mahal dari pada bikin konstruksi ke atas. Apalagi kalau kondisi tanahnya tidak mendukung, misalnya kondisi air tanah tinggi, juga tipe tanahnya jelek sehingga penggaliannya tidak gampang.

    Itu semua harus menjadi bahan pertimbangan, khususnya dengan biaya yang dikeluarkan dibanding fungsi yang akan diperoleh (umumnya sebagai ruang parkir). Itulah gunanya preliminary design.

    Sebagai gambaran bangunan ATD Plaza di Jalan Thamrin setinggi 28-30 lantai tidak punya basement. Kenapa, karena tanah disitu jelek, pakai tiang pancang aja panjangnya lebih dari 20 m (harus nyambung). Jadi kalau bikin basement disitu ya bisa tapi mahal.

  79. Hallo Pak Wir,

    Permisi ikut rembug untuk topiknya Mas Fikri.

    Saya hanya ingin sharing pemikiran dari sisi positif dosen anda. Mungkin yang ingin ditanyakan adalah alasan anda mengambil batasan terkekang sempurna di lantai dasar, kenapa bukan sendi atau rol atau pegas. Misalnya dengan menggunakan pegas (arah horizontal dan vertical), maka efek dari deformasi tanah akibat beban juga diperhitungkan, walaupun dengan asumsi tertentu.

    Disisi lain saya tidak tahu apakah dengan memperhitungkan interaksi tanah dan struktur pada behavior struktur secara keseluruhan sesuai dengan scope s1.

    Good luck and regards.

  80. pak, saya butuh referensi mengenai droppanel dengan semi precast . Kata dosen saya akan kesulitan dengan sambungan antara beton lama dan beton baru..Tolong cepat dikomentarin yah Pak…TUHAN memberkati.. Kapan – kapan saya bisa konsultasi gratis kan pak.. Nanti saya datang ke UPH..Thanks a lot..

  81. numpang lagi pak wir,

    skripsi saya ini analitik prospektif mas Sendy, jd saya rasa seperti apa kekangan pada dasar bangunan saya tentukan sendiri.. atau pak wir, mas sendy dan yg lainnya ada masukan lain?

    terimakasih buat pencerahannya..

  82. Dear Pak Wir,

    sy bingung ngambil judul apa u/ skripsi sy.akhirnya ktemu, pdhal cm compare 2 metode. sy sedi, ud ditinggal tmn2 seangkatan. tp sy msh pny smgt, sy hrs lulus.
    pak, pny info tentang drop panel?
    sy nyari tp g nemu di web, ato sy krg jago nyarinya…:)
    tq bgt sblmnya.

  83. pak wir,

    pny info tentang drop panel, sy sedang mbandingkan lantai + droppanel dg lantai konvensional.
    sederhana si, tp..
    sy sbenarnya bingung dgn apa yg sy tulis skrg,
    tq bgt333

  84. @peter and wiga
    tuh, dipostingan baru ada kiriman dari mas Eri Iwan Priyadi ttg ACI318M dan precast panel, kalau tentang drop panel atau semi precast mestinya ada ya. Down-load dan baca dulu yang baik ya, baru tanya lagi. Itu yang sedang skripsi, jangan lama-lama. Cepet-cepet lulus. OK.

    @Fikri,
    Tumpuan bawah dibikin terjepit, atau sendi, menurut saya sah-sah saja. Itu banyak dilakukan, jaman saya kerja dulu.

    Lalu karena era komputer canggih banyak keluar, maka orang-orang tanah suka ngusulkan dengan konsep soil-structure interaction. Pondasi mengalami deformasi yang dimodelkan sebagai spring dll. Tapi menurut saya nggak gampang juga lho, khususnya ketika mengambil parameter tanah yang tepat (untuk level s1).

    Saya kira, kasus anda dimasukkan aja dalam batasan permasalahan yang dibahas. Jadi fokus adalah analisis jika misalnya pondasinya fixed. Beres gitu.

    Kalau ada yang nanya ttg pengaruh basement, tanah, bilang aja itu diluar konteks penelitian anda. Selesai.

  85. siang,pak,,
    thx God dee,, aQ bs masuk ke blog ini,, aQ alexa,,,
    bapak bs tolong syay ga?? saya mhs sem 7 statistika,,, semester ini saya blom TA, tp semester dpn,, tp mulai skrg saya mw cari2 bahan untuk skripsi saya,, tp sayangnya, saya blom tau tema yg mw aQ ambil apa,,, pengennya siy ttg statistik ekonomi,, tp msiy blom tau apa,,, oiya, saya uda baca n save tips2 skripsi dari bapak,, makasiy yaaa,,, bs jd acuan saya untuk membuat skripsi bsk,,, oiya, ttg mslh saya, mgkn bapak bs ngasiy solusi ato paling nggak web yg harus saya buka,,, makasiy bgt ya pak,,’
    *gbu*

  86. wah pak wir benar2 rajin menulis, masih ingat saya pak? dulu yang mencoba melaporkan mengenai penulisan skripsi yang saya buatin, setelah ada “debat ” dengan bapak akhirnya saya memutuskan untuk menjalankan profesi menuliskan skripsi. sekarang saya memgang 6 orang anak UPH. Terus terang saya banyak belajar dari tulisan bapak. Makasijh banyak

  87. akhirnya saya memutuskan untuk menjalankan profesi menuliskan skripsi. sekarang saya memgang 6 orang anak UPH

    Terus terang saya prihatin dengan pernyataan anda tersebut. Anda mempunyai talenta lebih (mampu membuat skripsi-skripsi), tapi mengapa anda mengabil hak teman-teman lain yang seharusnya juga dapat mengembangkan talenta seperti itu (mhs yang anda buatkan skripsinya).

    Jelaslah, bahwa dengan skripsi yang dibuatkan, si mhs itu mungkin dapat lulus sarjana. Tetapi mereka tidak mendapatkan pengalaman yang sebenarnya untuk menjadi sarjana.

    Selaku pendidik, saya melihat bahwa skripsi diadakan dalam kurikulum sebagai sarana agar calon-calon sarjana (mhs) dapat belajar berpikir ilmiah. Belajar bagaimana merangkum permasalahan menjadi suatu ungkapan tulis yang dapat dipahami orang lain.

    Bagi sebagian besar mahasiswa, ini tidak gampang. Orang yang pesimis akan berpikir inilah stress. Beban berat. Untuk itulah diperlukan pembimbing, yang secara intensip mengarahkan sehingga tujuan skripsi tercapai.

    Jadi dengan anda mengerjakan skripsi mahasiswa tersebut maka si mahasiswa yang manja tersebut tidak akan dewasa-dewasa, tepatnya tidak terjadi transformasi berpikir yang seharusnya layak mereka terima sesuai dengan tingkat pendidikannya.

    Cobalah tanya hati nurani anda, banggakah anda mendapatkan uang dengan cara membuatkan skripsi orang lain.

    Mestinya kepandaian anda bisa anda alihkan untuk hal-hal positip yang lain secara lebih terhormat.

  88. saya mahasiswa tingkat akhir jurusan elektro. saya sangat tertarik tentang masalah UWB ( Ultra Wideband) dan ingin menjadikannya sebagai bahan skripsi saya. saya mohon bantuan teman2, karena sulit mencari bahan pustakanya serta paper2 yang berhubungan dengan hal ini. source saya untuk ini masih minim di bagian dasarnya…source papernya dari IEEE seh….so, semoga ada masukan dari teman2 n mungkin dari mas Wir….
    Thx n Gbu All

  89. pak wir, saya mau nanya, buat apa sih mahasiswa bikin skripsi pakai standar-standar penulisan, pengujian di depan reviewer dsb, kalau toh akhirnya skripsinya cuma jadi tempat hinggapnya debu di perpustakaan,

    gimana kalau syarat jadi sarjana itu hasil penelitiannya bisa dipakai oleh masyarakat, nah ketika outputnya ke masyarakat sudah jelas, tim penguji tanyain aja tuh yang make, kalau yang make puas, lulus deh, kalau nggak puas, perbaikan lagi…, he saya nggak becanda kog pak, hasil penelitian saya udah banyak yang pake selama 2 tahun, tapi saya masih terkendala skripsi cuma masalah-masalah penulisan dan urusan administrasi dengan penguji dan instansi, duh… nasib mahasiswa, kata orang ni banyak yang jadi syirik gara-gara nganggap dosen berkuasa atas kuliahnya, duh ampun Tuhan…… untunglah saya masih di jalan yang benar, pak wir thanks yah…

    tapi syukur deh akhirnya saya selamat jadi sarjana, dan jatuh ke lembah pekerja dan perjuangan saya mulai dari nol lagi (dosen nggak tanggung jawab saya dapat kerja atau nggak), dosen yang dulu nuntut saya ini itu sekarang dah ganti nuntut adik2 kelas saya, nah saya ini yang udah lulus dari kampus, sama sekali nggak pernah pake yang namanya dulu itu standar penulisan bla bla bla, saya kerja di bidang saya lo pak wir…yang terpakai itu justeru filosofi2 ilmu yang saya pelajari autodidak (kuliah dosen kan cuma tutorial doank),

    Proses penulisan skripsi yang menyandera saya 2 tahun di kampus hanya tinggal kenangan, karena untuk menulis laporan kerja, saya punya sekretaris pinter dan saya cukup buatkan skema di kertas dia langsung ngetik…jadi deh laporan, mungkin dosen-dosen sebaiknya belajar juga kalau dunia kerja tuh bukan hanya kampus dimana dosen-dosen hidup dengan individualismenya tapi ada pabrik, kantor, toko, pasar, dll

    thanks pak
    banyak maap

    davy

    Wir’ note : pertanyaan anda cukup panjang dan cukup signifikan, untuk itu saya menyiapkan artikel khusus untuk menjawab pertanyaan sekaligus menyanggah pernyataan anda. Silahkan lihat di http://wiryanto.wordpress.com/2007/08/26/skripsi-emangnya-perlu/

  90. Selamat malam pak…

    Saya ini mahasiswa semester akhir…sekarang lagi memulai skripsi…

    Setelah saya membaca artikel bapak, saya rasa semangat untuk menulis dan membangun skripsi saya mulai bertambah…hehehe…makasih banyak yah pak…

    Beberapa hari yang lalu saya sempet stress mikirin judul yang tepat buat skripsi saya…tapi sekarang udah ngak lage ^_^

    Oke deh…sekali lagi makasih banyak pak…

    Kalo ada yang saya ngak ngerti tentang penyusunan skripsi, nanti saya tanya lagi yah pak…

    Terima kasih banyak ^_^

  91. Salam kenal Pak Wiryanto, Saya mahasiswa teknik Sipil perguruan tinggi di surabaya.
    saya mau menanyakan mengenai skripsi saya sepertinya pak wir bisa membantu, minat saya di bidang struktur.
    saya membahas mengenai analisis base design pada rumah sederhana maksimal 4 lantai di zona gempa 4,5,6 yang balok kolomnya saya menggunakan baja dingin,tapi saya bingung tentang referensi-referensinya mungkin bapak bisa membantu.
    oh iya pak sekalian saya mau tanya alamat utuk mendownload AISI yang gratis(saya sudah cari diperpustakaan saya tapi nggak ketemu-ketemu pak).2 minggu lagi saya harus presentasi abstrak proposal tetapi saya bingung apa yang harus ditulis.

  92. Perencanaan tahan gempa memakai baja cold-formed (bukan baja dingin Ibnu) merupakan materi yang tidak sederhana, khususnya pada level S1. Itu jika benar-benar penelitian yang baik. Kenapa, karena untuk tahan gempa baja cold-formed kurang bagus dibanding hot-rolled.

    Baja cold-formed karena pengerjaan dingin maka properti bajanya berubah, kekuatannya meningkat tetapi daktilitasnya turun. Selain itu, karena baja cold-formed umumnya tipis maka cenderung mudah mengalami buckling. Jadi penggunaan baja cold-formed dengan cara seperti baja hot-rolled, misalnya dianggap sebagai portal terbuka akan menghasilkan kinerja yang lebih jelek.

    Dalam praktek, agar diperoleh struktur baja cold-formed yang tahan gempa maka elemen non-struktur diberdayakan menjadi sistem struktur, misalnya dinding gipsum sebagai sekat pemisah dijadikan tambatan lateral pada baja tipis tersebut. Ini sangat membantu sekali.

    Jadi saran saya, mulailah kasus yang sederhana aja ttg baja cold-formed tsb, misal perbandingan penggunaan baja cold-formed dengan kayu atau beton untuk atap sederhana. Berapa % penghematan yang dapat anda lakukan. Tinjau aja thd beban gravitasi dan angin. Jika skripsi anda bisa menjawab itu aja, saya rasa sudah cukup baik. Kecuali memang pembimbing anda ahlinya, dan buku-buku literatur pendukung banyak tersedia sehingga pemahaman seperti yang saya ungkapkan di atas dapat dicari solusinya.

    Note : AISI versi PDF saya juga belum punya, adanya versi hard-copy.

    salam dari UPH di Lippo-Karawaci

  93. Tips menulis skripsi ? Nah ini dia..

    Saya jadi ingat waktu TA dulu, sampai 2 tahun.. hehehe.. biarpun IPK sy memenuhi syarat untuk “cum laude” tapi status kelulusan malah “ke laut” gara2 waktu studi yang mencapai hampir 6 tahun.. Salah satunya gara2 pas TA dapat tawaran mroyek dari dosen… begitu nerima gaji pertama langsung lupa diri dan TA didiemin aja sampai berbulan2.. setelah proyeknya beres, saya mulai melirik TA dan ternyata cuman butuh 4 bulan sampai akhirnya lulus sidang..

    Untung sekarang di ITB ada aturan kalau lewat 4 tahun maka SPP (yang sekarang udah mahal) jadi 2x lipat, maka semua mahasiswanya takut dan ngebut bikin TA..

    Semoga saja tesis S2 saya sekarang tidak bernasib seperti TA S1 dulu.. Amiien.. (soalnya pas ketika kuliah s2 hampir beres dan sudah berniat memulai tesis dengan damai, tiba2 banyak tawaran mroyek lagi… aduh..)

  94. Terima kasih mengenai artikel bapak yang telah saya baca, terus terang saja selama ini memang peroleh kesulitan mengenai bagaimana menulis sebuah skripsi nyatanya melelui artikel ini dapat menambah pengetahuan saya untuk menulis skripsi saya.

    Jadi sebagai usulan meminta bolehkan bapak untuk memberkan saya sedikit gambaran bagaiman metode mengajar bahasa inggris yang baik untuk mengajar siswa-siswa SMA khususnya mengajar speaking di kelas,,,,,mohon ditanggapi yaaaaa thanks

    Wir’s comment: menulis skripsi dan mengajar bhs inggris yang baik di SMA. Hubungannya di mana ya ? :(
    O mungkin, jika kedua-duanya berkaitan dengan motivasi siswa untuk mau melakukannya dengan sungguh-sungguh. Jika gurunya bisa mempengaruhi siswa khususnya motivasi dengan mengetahui bahwa mengerjakan hal-hal tersebut maka sangat menguntungkan siswa. Maka saya yakin siswa akhirnya mampu menyelesaikannya dengan segala keterbatasannya.

  95. @ Robby P

    Ha ha…, ceritanya sama yach kita.
    Begitulah kalo dah lupa diri mroyek, lupa ama kampus. Balik ke kampus, lho temen-temen seangkatan pada kemana? Dah pada lulus yach ternyata.

    Anyway, semoga sukses Tesisnya. Sama soalnya, lagi mo garap Tesis lagi kok ya ada aja godaan muncul, dicuekin sayang banget, diambil bakalan lama lagi Tesisnya. Untung dosennya pengertian ama kondisi mahasiswanya yg ga pernah di kampus ini (Thanks ya Pak Andreas..).

    Wir’s comments:@Robby and @Eri
    Sama juga dong, aku juga sedang menyelesaikan disertasi. Bedanya aku tiap hari nongkrong di depan komputer, windownya ada dua, satu disertasi dan satunya lagi internet (blog ini).

    He, he, he kayak pelarian juga ya, meskipun orang lain lihatnya nongkrong terus. Tetapi meskipun demikian ternyata menambah inspirasi lho, selain itu banyak jurnal terbaru yang mendukung disertasi aku peroleh dari teman-teman di blog ini.

    Atau mungkin, kita-kita ini produktif nulis di blog ini karena pada nyelesaiin skripsi / thesis / disertasi ya. :D

  96. Ping balik: skripsi, emangnya perlu ?

  97. Halo pak Wir apakabar? saya dulu pernah berkonsultasi dengan Bapak sekitar bulan Mei yang lalu, waktu itu pekerjaannya sudah setengah jalan namun lg down.

    Sekarang saya sudah lulus ujian sidang S-1.

    Ternyata kalau sudah dilakukan serasa ringan yah… memang berat di awalnya, tapi kalo udah tenggelam sampe lupa waktu, sekarang malah kepikiran buat nerusin ke S-2 :)

    Buat yang lagi ngerjain skripsi atau sesuatu yg memerlukan perhatian ekstra, klo bisa sih fokus aja terutama buat cowok, pernah baca katanya klo pria sulit melakukan sesuatu dengan pikiran bercabang, mungkin ada benarnya juga dari pengalaman saya kemarin.

    Emang ada juga yang sukses bisnis jalan kuliah kelar, untuk orang-orang seperti ini saya salut karena perlu ekstra kerja keras, kedepannya saya memang perlu belajar untuk jadi orang yang lebih efektif (di bukunya Stephen Covey hihihi…)

    Terima kasih Pak Wir atas masukan-masukkannya waktu itu, mampu mempertahankan motivasi sampai akhirnya selesai…. :-)

    Salam

    Wir’s comments : Syukurlah Fei, satu tahap sudah terlampaui. Tahapan-tahapan lain yang lebih dahyat tentunya sudah menunggu. Sharing dari kamu ini penting, dapat menguatkan teman-teman lainnya yang belum melewati tahapan tersebut. Sukses untuk kamu Fei.

  98. Salam kenal pak Wir,
    saya Longginus mahasiswa teknik sipil yang sedang menyelesaikan skripsi.
    Bisa minta tolong ga pak?
    Kalo saya menulis tentang air tanah, buku referensi yang bagus apa ya?
    Terima kasih.

  99. saya masih bingung dalam menentukan judul ta saya maka saya mohon bantuan bapak agar dapat memberi jalan keluar ia tolong dari timor dili

  100. jurusan saya adalah managemen perkantoran maka sekarang saya lagi pkl. jadi saya masih bingung untuk menetukan judul kalalu bapak bisa bantu saya tentang judul managemen perkantoran DIII. Dili Timor Leste

  101. Bagi yang sedang menyusun skripsi ada saran nih. Perhatikan ya !

    Pertama : Carilah pembimbing skripsi yang benar, yang mau menolong dan menguasai bidangnya. Namanya saja pembimbing, mestinya benar-benar bisa membimbing dong dan tidak menjerumuskan. Termasuk juga menguasai bidangnya. Jadi karena bidang saya adalah structural engineering atau rekayasa struktur yaitu sub dari civil engineering maka yang tanya detail-detail di luar itu berarti salah tanya dong. :D

    Kedua : mulailah dengan membaca dulu, yaitu literatur-literatur yang terkait, bisa dari proceeding atau jurnal. Ada banyak di blog ini. Jadi nggak ada alasan dong nggak bisa membaca. Setelah membaca dan disesuaikan (konsultasi) dengan pembimbing anda maka barulah memikirkan judulnya. Jadi jangan tentukan judulnya jika literaturnya aja nggak tahu atau belum pernah baca.

    Begitu dulu ya sarannya. Sukses untuk anda!

  102. terima kasih atas sarannya pak wir ,

    setelah saya berkonsultasi dengan dosen pembimbing saya saya malahan disuruh untuk membuat rumah sederhana 2 lantai di zone gempa tinggi lalu dicari tingkatan kinerja struktur memakai atc 40 dan yang semua materialnya menggunakan cold formed steel mulai dari balok kolom dan atap,

    beliau bilang untuk dua lantai sepertinya kuat dan saya disuruh mencari sendiri baik artikel mau jurnal sebagai pegangan saya mohon bantuannya pak wir artikel maupun jurnal mengenai studi kasus saya ini, dan terakhir yang mau saya tanyakan mengenai keuntungan kelebihan cold formed steel dibandingkan baja biasa serta apakah di indonesia sudah digunakan cold formed steel ini ?

    mohon bimbingannya pak wir

    Wir’s comments : wah bagus. Sesuai dengan penjelasan saya dulu bahwa untuk membuat kontruksi tahan gempa dengan baja cold-formed memerlukan strategi yang berbeda dibanding jika digunakan baja hot-rolled dan hal tersebut menurut saya tidak sederhana. Sebagai contoh, tidak mudah membuat sendi plastis dengan baja cold-formed, karena mutu baja lebih tinggi dari baja hot-rolled. Juga local buckling mudah terjadi sehingga banyak yang memanfaatkan elemen-elemen non-struktur sebagai elemen yang mendukung struktur, misal dinding gipsum atau kayu.

    Selain itu, saya belum cukup banyak pengalaman memakai sistem tersebut maka kita tunggu saja mungkin ada teman lain yang bisa membantu.

    O ya ttg kelebihan atau kekurangan baja-cold-formed dan keberadaannya silahkan download artikel yang saya bawakan di Univ. Udayana (lihat di daftar karya tulis)

  103. Pak…saya lagi buat skripsi dengan judul “analisa sistem multi-level marketing produk High-Desert di Jayapura” tapi saya kesulitan untuk mengetahui:
    1.armada penjualan produk high-desert dibangun.
    2.bagaimana penjualan produk high-desert dilakukan.
    3.bagaimana pembagian keuntungan di high-desert.
    karena saya bukan anggota dari bisnis High-desert.

    Wir’s comments : saya juga bukan anggota lho. Kalau begitu kita sama-sama nggak tahu. Omong-omong apa sih High-desert itu. Sejenis makanan gitu ? Kayaknya anda tanya pada komunitas yang salah lho. Salah satu pembelajaran dengan menulis skripsi adalah dapat menyajikan masalah dan mengemukakan pada orang yang mempunyai dasar pemikiran yang sama. Jangan sekedar bertanya pada orang karena dia ahli, meskipun dia ahli bahasa misalnya, lalu anda berharap bahwa diapun juga ahli bahasa pemrograman. Khan nggak gitu.

  104. salam kenal,saya mahaswa teknk di kalimantn sedang mncari bahan utk skripsi saya,pak…
    kira2 saya mndapatkan materi tenteng soil cement sebagai bahan campuran pondasi jalan dimana ya? karna dikalimantn adaa proyek yng melaksnkan pekerjaan jalan dengan campuran antara soil cement dengn lmpung.
    thank’s b4 n Gbu..

  105. salam kenal pak wir

    saya mahasiswa ITS semester 7, pertama saya ucapkan terima kasih atas adanya website ini, karena sangat membantu kami untuk menambah pengetahuan, website bapak juga banyak dikunjungi teman-teman di ITS karena banyak sumber yang didapat untuk membantu penyusunan tugas akhir khususnya.

    – oya pak, saya mau nanya` tentang MODAL PUSHOVER ANALYSIS, tugas akhir saya membahas mengenai ini. saya boleh minta komentar bapak mengenai ini, dan bisa bapak menjelaskan secara singkat tentang Modal pushover Analysis, serta bedanya dengan Pushover Analysis biasa.

    – bisakah Modal Pushover Analysis dirunning menggunakan SAP atau ETABS. soalnya analysis saya 3 dimensi. saya punya referensi mengenai Modal Pushover Analysis tetapi masih menggunakan drain2dx.

    mohon bimbingannya pak wir.
    terima kasih banyak.

    Wir’s comments : coba down-load materi tentang push-over di web-site FEMA. Ada lho link-nya di blog ini yaitu ketika bicara tentang gempa. O ya, teman-teman di PETRA banyak lho yang meneliti tentang masalah push-over. Saya sendiri belum terlalu ekspat.

  106. salam kenal pak wir,

    Saya adalah seorang mahasiswa sebuah PT di Surabaya. Saat ini saya mengambil proposal TA mengenai struktur baja tahan gempa. Saya sudah berkonsultasi dengan dosen pembimbing saya. Beliau menginginkan desain bangunan baja yang saya kerjakan bersifat ” Strong Column Weak Beam “. Setelah saya browsing beberapakali di internet saya menemukan sebuah artikel untuk masalah saya yaitu ” reduction beam section ” . Aplikasi ini dipakai dengan cara memangkas bagian sayap balok di daerah sambungan balok dan kolom . bagi saya ini adalah sesuatu hal yang baru baru.

    Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan :

    1. Seberapa efektifkah metode ini untuk struktur baja tahan gempa ?
    2. Untuk metode ini apakah di Indonesia yang memakainya ? jika sudah ada, dimana ?
    3. apakah bapak punya referensi untuk metode ini? jika ada, dimana saya bisa download?
    4. Untuk metode ini, Software apakah yang dapat dipakai ?

    mohon bimbingannya

    Sebelum itu saya ucapkan terima kasih banyak pak.

    Wir’s comments : metode yang anda sampaikan di atas termasuk salah satu metode baru untuk memastikan bahwa suatu sendi plastis dapat terjadi pada balok yang diperlemah tersebut. Baru, karena usulan itu ada setelah kejadian gempa NORTH RIDGE tahun 1994 dulu, yang mana diyakini sebelumnya bahwa struktur baja yang rigid portal pasti bersifat daktail sehingga tahan gempa, padahal hasil pemantuan gempa tersebut ditemui kegagalan pada sistem sambungan beam-kolum. Kira-kira begitu latar belakangnya.

    Saya belum melihat aplikasinya di Indonesia (kalau ada yang tahu beritahu ya !)

    Menurut saya metode tersebut ada kelemahan yaitu pada cara pemotongannya harus hati-hati, kalau tidak bisa-bisa sobek karena ada cacat pada bagian sudutnya. Kalau tidak salah Prof. Chia Ming Uang pernah membikin penelitian seperti itu.

  107. Shalom pak wir, saya Albert kuliah di atmajaya jogja. Saya mau minta tolong nih pak. Saya mengalami kesulitan dengan penulisan skripsi saya tentang perhitungan gaya geser dinamik, P-delta, dan analisis T-Rayleigh. Saya sudah mencari di perpus kampus dan di internet tapi gak ada. Saya mau minta tolong dikirimin contoh perhitungan yang di atas. Mohon bantuannya terima kasih. Tuhan berkati.

  108. Saya baru kenal sama pak Wir hari ini hehe…

    Saya ada beberapa kendala dalam penggarapan proposal dan TA. Saya ngambil “Modifikasi Gedung baja dengan menggunakan profil Castellated Beam”. Saya kesusahan dalam mencari literatur.
    1. software apa yang bisa dipakai ? setelah dibaca-baca, SAP ga bisa buat ngitung.
    2. untuk yang octogonal, bagaimana menghitungnya? karena yang saya tahu dia dibentuk dari hexagon + plat persegi.
    3. Buku2 yang bisa jadi acuan (mengenai perhitungan strukturnya pada konstruksi gedung)
    4. Apakah castellated beam beratnya gak beda dengan baja solid (baja asalnya)? Mengapa profil ini tidak terlalu kuat menerima gaya2 lateral dan kurang tahan api ?

    Terima kasih banyak pak wir atas perhatiannya… Saya berharap permasalahan2 saya dapat terjawab Amin ;)

    Wir’s comments : castelated beam suatu modifikasi element struktur untuk memperbesar Inersia dari suatu penampang. Inersia ada hubungannya dengan lentur, jadi maksud dibikin castelated agar kapasitas lentur penampang tersebut bertambah besar. Tapi bagaimana dengan gesernya, ya konsekuensinya berkurang. Oleh karena itu cocoknya element casteleted untuk bentang besar yang menerima beban merata. Misal rafter bangunan atap bentang besar (itu lebih cocok dibandingkan jika dipakai untuk lantai).

    Gimana hitungnya, ada buku yang membahasnya karangan Blodgett (versi soft copynya belum ada) dari Lincoln Welding. Untuk analisisnya bisa juga pakai SAP2000 memakai element SHELL (plane stress), lebih canggih lagi pakai ABAQUS.

    Ketahanan terhadap api. Pada prinsipnya struktur baja memang relatif tidak tahan terhadap api (panas tinggi). Seperti diketahui pada suhu tertentu di atas 600 deg maka fy baja berkurang. Untuk mencapai suhu tersebut selain api maka lamanya api tersebut berada juga menjadi faktor utama. Jadi biasanya dikasih pelapis gipsum agar terisolasi dari termal. Tapi itu menambah ketebalan–> berat. Jadi ketebalan berkaitan dengan daya tahannya (1 jam atau 2 jam atau lainnya. Dibanding baja solid, itu ada hubungannya dengan daerah yang terekspose. Casteleted jelas lebih terkspose. O ya selain itu baja solid umumnya dapat digolongkan sebagai profil kompak dibanding casteleted. Jelas itu ada keuntungannya karena mampu mencapai kondisi momen plastis tanpa buckling terlebih dahulu.

  109. salam hormat dan salut saya untuk anda pak Wir…..

    hmmmmm memang bikin skripsi itu butuh energy extra banget. sebab sampai sekarang saya masih stag dan mengalami kebuntuan pada bab 2 (landasan teori).

    Judul yang saya angkat sebagai berikut : “analisa pengaruh penggunaan steel box dan bucket pada target pemuatan clinker di P.T.MTI .” nah masalah selanjutnya belum ada teori yang mendukung pada judul tersebut.serta belum ada defini yang baku pada kamus ilmiah dan indonesia tentang steel box dan bucket ini.

    jadi bagaimana mensiasati skripsi yang belum memiliki teori pendukung yang ada seperti itu. makasih sebelumnya

    Wir’s comments :

    skripsi saya belum memiliki teori pendukung yang ada

    Apa benar seperti itu ?

    Bahkan disertasi yang membahas tentang penemuan yang orisinilpun ternyata studi literaturnya bahkan berjibun.

    Bagi saya, bab 2 jangan disebut landasan teori, tapi lebih tepatnya studi literatur, yaitu mencari dukungan tertulis terhadap materi yang kita bahas. Dukungan tersebut bisa saja menyebutkan bahwa sebelumnya memang belum ada yang membahas soal B karena selama ini yang ada baru A (misalnya). Jadi kalau sama sekali tidak ada literatur yang membahas maka ada dua hal yang perlu dipertanyakan: Apakah memang benar-benar baru, atau memang sebenarnya masalah anda tidak pantas dibahas ! Hayo yang mana itu ?

    Saya yakin jawaban anda adalah “skripsi saya jelas pantas untuk di bahas”. Saya bertanya lagi: Mengapa pantas ? Apakah masalah anda itu suatu yang berbeda dengan yang biasanya, hasil modifikasi dari yang umum atau yang lain.

    Jawaban anda bisa tiga hal:
    Pertama tidak ada modifikasi, jadi pakai yang standar, jika demikian mengapa harus dibahas.

    Kedua : Jika jawaban anda adalah modifikasi maka ada pertanyaan lagi. Mengapa perlu dimodifkasi, apakah yang standar tidak mencukupi ?

    Ketiga: benar-benar baru ! Wah ini menarik. Apa benar ? Jika benar bagaimana strategi perencanaannya, apakah ada rumus-rumus khusus yang dipakai atau sekedar trial-and-error. dst.

    Dari beberapa pertanyaan yang berkesinambungan tersebut jika anda dapat mengungkapkannya dengan baik maka itu merupakan petunjuk apa-apa yang anda perlu tulis di bab 2 tsb. Jadi yang namanya studi pustaka adalah tidak mesti sama persis membahas topik tetapi minimal mendukung setiap ide yang anda sampaikan.

    Bahkan pernyataan anda bahwa temuan anda adalah baru pun harus didukung oleh literatur misalnya bahwa untuk kasus serupa yang dipakai baru a-d yang g belum. dst. Tulisan ilmiah tidak bisa mengatakan: “Ini temuan baru, pokoknya baru gitu. Nggak peduli, pokoknya aku ngatain baru. Titik.”

  110. Webnya keren banget ne…
    Salam kenal… saya Evo, Pak. Mahasiswa pendidikan bahasa Jerman se 7 yang sedang mencari judul skripsi. Saya bingung banget nee. sepertinya memang masih harus banyak membaca lagi

    Wir’s comments : selanjutnya ajukan pertanyaan. Siapa tahu jawaban dari pertanyaan itu bisa dikembangkan menjadi penelitian, yaitu mencari jawaban yang ilmiah.

  111. Salam, saya Lys, mahasiswi se 7 DKV UPH
    sedang bingung mencari topik untuk dijadikan Tugas Akhir, nantinya toh saya akan membuat karya tulisnya juga, maka dari itu saya agak kebingungan. Terima kasih atas petunjuknya ^^

    Wir’s comments : Tugas Akhir di DKV dalam bentuk apa sih ? Karya ya ?

    Tetapi kalau ada tulisannya maka sebaiknya kamu nulis apa-apa yang menjadi jiwa dari karya kamu.

    Pertama-tama tentu latar belakang apa yang membuat kamu membuat karya tersebut. Mengapa kamu memilih “bentuk”, mengapa memakai “material tertentu” dll yang menjadi alasan-alasan terhadap pilihannmu.

    Kedua ada sebaiknya kamu membahas orisinilitas dari karya kamu, apakah kamu kembangkan dari berdasarkan suatu ide orang lain atau karya orang lain. Ini seperti studi literatur, untuk menempatkan karya kamu terhadap karya-karya orang lain. Cari karya-karya orang lain yang hebat sebagai referensinya. Ini akan menempatkan karyanya mempunyai standar yang sama dengan karya-karya hebat dari orang lain. Juga akan menunjukkan ke istimewaannya.

    Ketiga menceritakan strategimu dalam mewujudkan karya mu tersebut. Tunjukkan bahwa prosesnya juga sesuatu yang istimewa yang memerlukan suatu kerja profesional tertentu. Tunjukkan bahwa seluruh ilmu yang kamu punyai diperlukan untuk dapat mewujudkan karya tersebut. Jangan sampai ada kesan bahwa sembarang orang dapat membuat karya serupa seperti yang kamu kerjakan.

    Ke empat, evaluasi hasil karyamu, cari nilai-nilai positif maupun negatif (kalau ada). Tunjukkan manfaat karyamu tadi ke orang lain.

    Jika itu dapat kamu kemas dengan baik maka suatu saat pasti karya tulismu berguna, minimal bisa jadi katalog / buku panduan jika karyamu di pamerkan.

    Nanti kalau karyamu terkenal dan diproduk massal. Jangan lupa bagi-bagi ke pak Wir ya, kantornya khan dekat dengan DKV. :D

  112. Salam Sejahtera pak wir…

    Terima kasih banyak atas keterangan yang telah di berikan.. saya merasa telah memiliki semangat baru lagi untuk berjuang.

    oh ya pak, memang pada bab 2 saya sudah memiliki rumus-rumus perhitungan yang sebelumnya memang telah lama digunakan pada perusahaan bongkar muat. namun teori tersebut belum pernah dibukukan. pertanyaan yang timbul adalah apa selamanya dalam bab 2 tersebut kita harus mencantumkan teori pendukung yang telah dibukukan( sudah banyak digunakan ).

    nah sementara dalam dunia transportasi khususnya bongkar muat dan pergudangan, biasanya yang ada hanya teori yang disepakati dilapangan saja atau di beberapa perusahaan tertentu.

    Wir’s comments : bab 2 berisi studi literatur yang mendukung ide anda. Bab ini akan menunjukkan seberapa besar wawasan anda terhadap masalah yang anda bahas, apakah anda hanya didasarkan diktat-diktat kuliah saja, atau sudah merambah pada buku-buku klasik yang membahas soal tersebut atau bahkan lebih maju lagi karena telah menggunakan jurnal-jurnal ilmiah international. Itu semua memperlihatkan tingkat up-to-dated informasi yang anda punyai.

    Untuk melihat sesuatu itu istimewa tentu saja harus membandingkan dengan yang lain. Disitulah Bab 2 berperan. Apa benar di ilmu ekonomi hal yang anda bilang tersebut belum pernah ada orang yang membahasnya. Saya kira ini penting. Tidak harus dalam bentuk buku, ilmu yang terbaru biasanya dituliskan orang dalam jurnal-jurnal ilmiah yang terkait. Cobalah cari itu.

    Setelah anda mencari di jurnal-jurnal terkini tidak ada, akan lebih baik anda bikin summary terlebih dahulu yang ada apa. Apakah lebih kuno atau bahkan lebih rumit dengan anda temukan. Apa keunggulan dan kelebihan dibanding yang ada (meskipun tidak sama). Disinilah sebenarnya pengetahuan anda melakukan proses.

    Dari situ anda mulai dapat menyimpulkan bahwa yang anda teliti adalah baru, mempunyai keunggulan tertentu. Wah inilah keistimewaan penelitian saudara.

  113. salam kenal pak Wir…, Saya mahasiswa salah satu institut ternama di surabaya, Saya mau tanya mengenai “confined concrete” apakah bapak punya referensi tentang hal tersebut?

  114. salam kenal pak wir, saya adalah mahasiswa semester akhir, sedang mengerjakan proposal dengan judul “alternative design type structure tembok penahan tanah lahan pembuangan akhir sampah”
    Apakah bapak punya referensi tentang tugas akhir saya ini ? terutama tentang sudut geser dan gamma sampah….terima kasih sebelumnya.

  115. P’Wir, saya karyawan swasta sebuah perusahaan pengolahan kaca. Suatu saat atasan saya minta saya menyusun proposal pembuatan pabrik kaca karena beliau berniat memperluas expansi bisnisnya dari processing bahan baku menjadi factory dari bahan mentah ke bahan baku hingga proses finishing siap pakai Sebaiknya tahapan-tahapan apa saja yang harus saya kerjakan karena inputan yang saya dapat sangat minim.
    Thanks banget ma responsnya.

    Adum

    Wir’s comments : saya tidak mempunyai pengalaman dengan yang anda maksud, mestinya harus dimulai dari studi kelayakan tentang biaya investasi yang diperlukan dan kapan dapat kembalinya.

  116. Pak Wir… mantep pak…

    Saya dari ilmu komunikasi… topik yg dipilih di skripsinya udah ada, tapi ilmunya belom nemu yg tepat.. hehehe.. doain aja ya pak ya..

  117. Pak Wir yang terhormat.

    Saya mahasiswa jurusan Akuntansi di sebuah Universitas Swasta di surabaya. Sekarang saya sudah semester 10 dan ingin segera menyusun skripsi. Sekedar kasih tau saja, saya sempet males banget untuk memulai menyusun skripsi, akhirnya sampe sekarang tidak selesai2 kuliahnya :)

    Sekarang aku mencoba untuk mulai menyusun skripsi. Aku tertarik sama judul skripsi, yang juga saya baca di blog ini, “Pengaruh Mobile Banking terhadap Loyalitas dan Peningkatan Nasabah. Saya ingin Pak Wir membantu mencarikan jurnal yang cocok. Bank seperti apa yang bagus untuk sumber datanya? dan Apakah mungkin saya mencari data dengan tidak meneliti Bank secara langsung? Pokoknya saya ingin Pak Wir menjelaskan secara detail hal2 yang perlu saya ketahui. Sebelumnya maaf merepotkan hehe :)

    Wir’s comments : sorry dik, background saya Civil Engineering, jadi buta dengan masalah yang anda tanyakan. Moga-moga ada pembaca lain yang bisa membantu.

  118. pak wir aq mnta tolong. KEPMEN apa yang menerangkan tugas konsultan perencana, kontraktor dan konsultan pengawas ? trima ksih sebelumnya.

  119. malam Pak Wir,

    syalom

    pak wir,saya sering membaca blog ini,saat ini saya bekerja di perusahaan pariwisata(lap.golf),dan kuliah di salah satu universitas di pulau batam
    dan saat ini saya bermaksud mengajukan proposal untuk tugas akhir

    dan perusahaan tempat saya bekerja akan di bangun tower bts salah satu operator gsm, untuk itu saya akan mengambil judul struktur pondasi untuk tower tsb,(mungkin kurang spesifik,karena data mentah belum saya dapat)

    pak wir….tolong bantu judul apakah yang tepat untuk tugas akhir saya,dan adakah referensi yang bisa saya dapat dari tulisan bapak ini menyangkut hal yang saya sampaikan diatas…

    terimakasih,
    Tuhan Memberkati

    martanda pardeded

    Wir’s comments :
    sdr. Pardede, Terima kasih telah mampir.
    O anda kerja sambil kuliah. Bidang teknik sipil ya. Wah selamat.

    Ttg skripsi anda. Untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman anda terhadap rencana judul skripsi (pondasi ya ?), maka saya akan mengajukan pertanyaan :

    pondasi BTS, lho apa yang spesifik, paling-paling pondasi blok beton atau bisa juga pondasi tiang bor. Kenapa. Kalau menara maka yang menentukan adalah gaya tarik dari kopel momen akibat gaya lateral. Lalu yang mau anda skripsikan apa. Masalahnya gitu.

    silahkan jawab. Jika anda bisa ngotot, menjelaskan alasan kuat dan latar belakangnya, saya kira skripsi anda bisa dilanjutkan. Jika belum maka anda harus cari tahu permasalahan apa yang ingin anda ungkapkan.

    salam

  120. Pak Wir.. Tq banget info tips2 skripsinya..^^

    Saya mahasiswa sipil Unpar. Rencananya semester 7 saya mau skripsi mengenai perancangan gedung struktur beton. Saya mau tanya.. buku2 apa saja yang dapat membantu saya untuk persiapan skripsi nanti?& info2 dari mana aja yang bisa jadi referensi ?

    Saya tertarik banget dengan buku Pak Wir yang SAP2000 itu. Pak Wir ngeluarin berapa buku yang membahas mengenai SAP2000 ? kalo Etabs Pak ?

    Pak Wir kuliah S3 di Unpar yah ? koq saya ngga pernah liat bapak di kampus hehe

    Thanks Pak Wir..
    Shalom,,,,,

  121. wah…pak wir thanks bgt yah!!
    kayaknya bpk ini memang penolong semua orang hehe..
    artikelnya berguna bgt!!!
    walau saya masih semester 3 tapi gak ada salahn ya kan kalo saya belajar dari sekarang…
    thanks bgt yah pak..
    o y, saya jurusan arsitektur di atmajaya yogyakarta
    thanks b4

  122. salam kenal pak wir

    saya mahasiswa ITS tingkat 7, pertama saya ucapkan terima kasih atas adanya website ini, saya tau website ini dari temen2 satu angkatan, katanya di website ini kita bisa tanya2 mengenai penyusunan proposal atau TA.

    Saya ada beberapa kendala dalam pengerjaan proposal dan TA. Saya ngambil TA mengenai “Analisa Penampang Balok dengan Memperhitungkan Efek Pengekangan”. Saya kesulitan mencari usulan formulasi kurva tegangan -regangan beton terkekang pak Wir.

    – Yang mau saya tanyakan pak:
    1. Dimana saya bisa mendapatkan tentang formulasi kurva tegangan -regangan beton terkekang?

    2. Saya boleh minta komentar bapak mengenai TA saya ini, dan bisakah bapak menjelaskan secara singkat tentang formulasi kurva tegangan-regangan beton terkekang (confined concrete)?

    Sementara ini dulu pak……

    mohon bimbingannya pak Wir.
    terima kasih banyak.

    Wir’s responds : ya jawaban anda bisa dicari dari jurnal-jurnal ilmiah yang terkait. Pertama-tama mulailah cari jurnal atau makalah yang membuat anda tertarik membahas hal tersebut, lihat daftar pustakanya, dari situ anda bisa tahu makalah mana yang lain yang perlu dibaca, begitu seterusnya. Tentang penampang beton cobalah baca buku saya ke-3 yang diberi kata pengantar pak Iswandi, disitu ada cerita tentang penampang beton, juga menghitung berdasarkan kurva tegangan-rengangan non-persegi (aktualnya). Jadi prinsipnya untuk yang terkekang hanya menyesuaikan kurva tegangan-regangan yang dipakai, untuk diluar sengkang beda dengan yang didalam. Gitu lho.

  123. salam,
    pak Wir, tolongin saya dong! saya pusing dengan menentukan subjek kajian dalam skripsi saya! itu membuat saya stres dan depresi! mana calon mertua sudah mulai memojokkan saya (maaf pak Wir, saya jadi curhat, hehe). pokoknya tolong deh! saya benar-benar bingung dengan variabel-variabel dalam judul. tolong ya,…..

    Wirs responds:
    Pantes saja kamu pusing.
    Kamu hanya mengeluh saja, ambil tindakan !!! Pilih apa yang mau kamu jadikan subjek kajian, cari argumentasi mengapa kamu milih itu ! Konsultasikan ke dosen penguji, bagaimana sebaiknya memulai. Kalau dosen pembimbing nggak mem-back-up. Ganti dosen pembimbing lain. Kamu sekolah itu khan membayar mahal, jadi nggak usah takut akan hakmu.

    O ya, kalau di desak oleh mertua, bilang aja, ini sekolah belum selesai, nanti kalau kawin nggak punya gelar sarjana, emangnya mau memberi makan anaknya pakai apa. Jaman sekarang yang punya ijazah saja sulit cari kerja, apalagi nggak punya. Kecuali mau jadi kuli bangunan. Jadi beliau suruh backup juga kamu nyelesaian skripsi. Sesudah itu, ya jangan main pacaran terus, ambil prioritas selesain skripsi dulu.

    Ini kelihatannya waktunya kamu habisin untuk pacaran aja, dan nggak mulai-mulai mikir soal skripsi. Bisanya ngeluh aja. Kalau begitu sampai akhir jaman ya nggak-nggak selesai, atau keburu gila karena stress dan depresi.

    Selamat memilih pilihan hidupmu sendiri. :mrgreen:

    Wir’s quote : Ingat ! Hidup itu khan hanya bagaimana kita memilih suatu pilihan-pilihan yang ada secara tepat, dan secara konsisten melakoninya. Gitu aja koq bingung. :D

  124. Selamat sore pak,
    saya kuliah di universitas jambi jurusan ekonomi pembangunan
    saat ini saya ditugasi membuat proposal untuk tugas semester dan saya ingin membuat proposal dengan judul yang sedang hangat saat ini dan berguna orang lain atau paling tidak pemerintah. kira kira apa judul yang bagus dan original pak ?
    untuk sekedar diketahui bahwa saat ini saya dekat dengan bapak ketua DPRD Kota Jambi.

    Wir’s responds : saya usul coba teliti hubungan antara besarnya anggaran biaya yang dikeluarkan untuk pilkada dan anggaran pendapatan daerah untuk pendidikan. Mana yang lebih dominan. Lalu korelasikan keuangan tadi dengan pentingnya demokrasi atau pendidikan bagi daerah tersebut. Simpulkan apakah arah pembangunan disana sudah tepat.

  125. bagaimana menyusun skripsi analisa harmonika

    wir’s responds : koq kelihatannya terlalu luas, coba cari aplikasi kasus dari hal tersebut. Omong-omong analisa harmonika itu apa sih. Anda dari jurusan musik ya ?

  126. pak saya skrg lg bikin skripsi perbankan syariah,tapi saya selalu mengalami kesulitan di latar belakang masalah.saya kesulitan mencari data.gimana ya solusinya?

    Wir’s responds: lho latar belakang koq data. Coba jawab dulu pertanyaan saya.

    Mengapa anda tertarik untuk membahas perbankan syariah, apakah ada perbedaan dibanding yang biasa. Apa keuntungan adanya perbedaan tersebut, apakah dari sisi keyakinan atau dari sisi ekonomi. Jika ada perbedaan, apakah itu menguntungkan, siapa yang diuntungkan. Apakah anda menemukan masalah terhadap perbankan syariah. Jika tidak ada, lalu apa yang akan anda teliti.

    Gitu dulu, baru setelah itu cari data untuk mendukung jawaban saudara.

  127. halo,pak
    saya lagi mulai skripsi ini.saya mengambil prodi kekhususan transportasi.menurut bapak,referensi yang bagus dari mana aj dan topik yang lagi update.
    thanks.

    Wir’s responds: kelihatannya anda belum banyak membaca tentang hal-hal transportasi. Cari jurnal-jurnal yang mendukung. Punya nggak, coba cari dengan bantuan Google. Banyak koq. Cari topik, lalu lihat ada nggak dosen pembimbingnya. Konsultasikan.

  128. gini pak saya mo tanya judul karya tulis ilmiah saya tentang jiwa, tapi masuk psikologi. Judulnya: “faktor-faktor yang mempengaruhi stress pada mahasiswa yang akan melaksanakan ujian akhir semester“, gimana latar belakang to pendahuluannya pak,,,, ??
    Makasih,,,,!!

    Wir’s reponds:
    Wah kamu ini Dety, tanya jiwa koq ke engineer. Apa nyambung ya ? Tapi okelah, ini masih dalam batas-batas cara penulisan ilmiah, saya masih bisa memberi saran.

    Dari judul anda maka topik yang akan anda bahas adalah “adanya stress pada mahasiswa di ujian”. Jadi itu masalahnya menurut kamu khan. Tapi sebelum membahas lebih detail yaitu mencari faktor-faktor penyebabnya, saya perlu tanya
    1. Bagaimana kamu tahu bahwa mahasiswanya mengalami stress,
    2. Jumlahnya berapa, apa cukup signifikan untuk dibahas, misal dari 100 mhs ada 1 yang stress, wah itu sih biasa, nggak berbobot untuk dibahas.
    3. Frekuensi kejadiannya, selalu terjadi di setiap UAS atau hanya sekali, mungkin karena sebelumnya yang lulus hanya 5%, tetapi selanjutnya karena 100% maka nggak lagi. Ya gimana gitu.
    4. Dampak adanya stress, signifikan atau tidak. Jika stress membuat mahasiswa rajin belajar, wah ya dibiarkan aja, itu pemicu atau bagaimana.
    5. Selanjutnya dengan hasil penelitianmu tersebut apakah setelah mengetahui faktor-faktor tersebut, ceritakan bagaimana caramu menguji bahwa faktor-faktor itu valid.
    dll,
    saya kira cukup dulu untuk sementara. Jika itu sudah terjawab dengan baik, rasanya selanjutnya pasti lancar jalannya. Coba aja.

  129. setuju Pak untuk usul bagi bung Hermansyah, soalnya sekarang pejabat kurang memperhatikan sektor pendidikan, yang ada setelah menjabat urusan proyek untuk mengembalikan modal saat kampanye yang diurusi, janji-janji saat kampanye begitu aja dilupakan.

    Lewat tugas akhirnya mungkin bung Hermansyah bisa “mengingatkan” kenalannya yang ketua DRRD itu secara tidak langsung

  130. To Dety dan Pak Wir

    Saya hanya mau mengutip ucapan bapak Wapres kita, katanya “kalau murid atau mahasiswa stress waktu menghadapai UAN atau UTS atau UAS atau apapun itu, tandanya masa depan bangsa Indonesia akan cerah“.
    he, he, he. :lol:

  131. terima kasih p Wir atas jawaban dan tips yang bapak berikan.tips tersebut benar2 memberikan saya banyak inspirasi dan menambah semangat bagi saya dalam menyelesaikan tugas akhir saya ini.sekali lagi..terima kasih y pak.doakan y pak Wir,TA saya bisa segera selesai:-)

    sukses selalu bwt pak Wiryanto

  132. Met malem pak wir…malem minggu gini malah bingung tentang skripsi pak…hehe, orientasi saya sedang ingin cepat lulus pak

    saya dian, mahasiswa Teknik Sipil UII sekaligus mahasiswa Hukum UGM pak,

    saya sedang akan menyusun skripsi untuk Teknik Sipil pak. Saya berencana mengambil tema tentang baja dan yang nantinya berguna untuk dipakai PERTAMINA pak.

    Saya ingin menganalisa tentang perilaku “gelagar plat yang kemudian ditambahkan pipa yang dalam pikiran saya bisa digunakan untuk PERTAMINA nantinya, apakah bapak ada saran untuk judulnya? Dan sebaiknya bagaimana ya pak arah pemikiran saya harus saya arahkan, karena saya belum menghadap dosen pembimbing. Saya baru mencari2 judul yang kira2 datanya mudah untuk saya dapatkan, dan kira2 dimana pak saya bisa mendapatkan data atau paling tidak pembahasan mengenai tema tersebut.
    Terimakasih pak…

    Civil Minded

  133. Satu lagi pak, saya minta saran pak wir dengan amat sangat (hehe…mohon bantuannya), karena saya menginginkan bulan november nanti saya sudah wisuda pak…

    Makasih lagi pak
    hehe
    =)

  134. sdr Dian,
    Wah hebat ilmunya dua, teknik dan hukum. Agar dapat saling mendukung kelihatannya di bidang teknik sipilnya anda sebaiknya ambil topik bidang kekhususan manajemen konstruksi.

    Jika anda ambil struktur, misalnya dengan membahas “gelagar plat” maka saya yakin sekali ilmu hukum yang anda pelajari “tidak berguna”. Eh masih koq, itu lho hukum keseimbangan gaya. :mrgreen:

    Jika anda ingin cepat selesai, maka adalah sangat penting mengikuti topik sesuai dengan kompetensi dosen. Apalagi yang dikejar target, misalnya jadi bagian dari proyek dosennya. dll.

    O ya, saya punya pengalaman membimbing, bahwa topik penelitian eksperimen di lab, misalnya uji kekuatan bahan, umumnya dapat dilaksanakan secara lebih cepat dibanding jika studi literatur.

    O ya, langkap pertama adalah mencari masalah yang akan diselesaikan, setelah itu baru disusun judul skripsi. Jangan dibalik.

  135. Malem lagi pak Wir…
    Makasih pak buat masukannya, tapi justru karena saya dikejar target(sebenarnya lebih dari itu juga gpp, cuma pengen jadi sarjana muda ajah, hehe…), skripsi yang nge-lab itu lebih cepat pak, hanya saja saya sedang mencari masalah apa yang kira-kira bisa saya bahas gitu pak, jadi saya memang tidak berkeinginan memakai ilmu hukum saya pak untuk skripsi sipil saya…

    Siapa tahu pak Wir ada solusi dan ide untuk permasalahan apa yang mungkin dapat saya angkat untuk dijadikan permasalahan dalam menyusun judul skripsi saya pak, hehe…

    Memang benar kata pak Wir, cari masalahnya dulu, baru habis itu kita susun judulnya, kalo terbalik akan terkesan dipaksakan dan terkadang pembahasannya tidak seakurat kalo seperti apa yang pak Wir katakan

    malam pak

  136. terima kasih banyak untuk banyak masukan yang saya dapat dari membaca tips yang dibuat. biarpun saya membuat laporan PKL dan tugas akhir untuk jenjang D III, namun semua itu sangat berarti bagi saya.

    namun saya mau minta tentang literatur-lain yang bisa dijadikan acuan dan aturan baku penulisan laporan dan karya ilmiah (hanging, spasi, kertas, font, dll sampai dengan tahap penjilidan). terimakasih

    Wir’s responds: syukurlah kalau berguna, dengan demikian tips tersebut masih dapat dipertahankan dan dikembanglah lagi.

    tentang aturan format seperti yang sdr opee sampaikan, itu sudah masuk dalam tahap detail yang relatif bisa berbeda antara satu lembaga dengan lembaga yang lain, untuk itu yang paling baik adalah mengikuti standar yang ditetapkan oleh oleh jurusan atau universitas dimana karya tulis tersebut akan diuji. Karena apa, meskipun mungkin format anda lebih baik (relatif) tetapi jika dibandingkan teman lain ternyata berbeda, dan ternyata anda tidak mengikuti petunjuk yang telah dibuat berarti anda yang salah karena tidak mengikuti ketetapan yang ada (berbeda sendiri).

  137. sebenarnya ortu ga maksain aku buat secepetnya lulus kuliah lagian sekarang malah uda dpt side job, tapi perasaan bersalah menghantui di tiap malam, sampai dengan membaca artikel ini nambah semangat buat nyusun skripsi, thank’s alot…..

  138. salam kenal pak wir.
    saya mahasiswa pendidikan bahasa inggris udah semester 6,sekarang saya ingin mengajukan judul sikripsi tetapi saya bingung harus mulai dari mana?
    saya sangat tertarik masalah yang berkaitan dengan e-learning,kir-kirapa Wir bisa bantu ngak?
    terimakasih sebelumnya!

  139. Ping balik: Mencari Judul Skripsi Terbaru? » Blog Archive » Jangan menulis skripsi sebelum mengunjungi blog ini

  140. met pagi pak wir,

    saya dendy saya skrg sdng mau nyusun skripsi. saya belum mendapatkan gambaran yang jelas mengenai skripsi saya tentang pemilihan alat angkut (kend) mahasiswa dgn menggunakan metode multinomil logit.

    mohon bantuan pak wir. utk perhatiannya saya ucapkan terima kasih

  141. @muharomadhan
    mencari ide memang tidak sederhana, salah satunya adalah dengan banyak membaca, khususnya jurnal-jurnal ilmiah, lalu diskusi dengan dosen atau teman, minta pendapatnya. Ini pepatah lama tetapi masih manjur juga yaitu : mulailah dari diri sendiri, bandingkan dengan pendapat orang lain, sampai mendapat keyakinan bahwa apa yang dipikirkan adalah sudah benar adanya.

    @alvin jufitrick
    tentang pinjem buku, ya diperpustakaan UPH dong, khan lebih lengkap.

    @dendy
    Mulailah dengan memahami masalah yang akan menjadi topik anda, bisa dengan cara membaca atau berdiskusi dengan ahlinya. Adalah aneh, anda sudah mempunyai judul masalah, tetapi ternyata belum mempunyai gambarannya. Apa itu berarti hanya “titipan” aja ya. :P

  142. Ping balik: SKRIPSI yuk « Enlightning

  143. minta bahan penelitian yang hubungannya dengan defleksi pada plat dengan metode simulasi sofware Abaqus

    Wir’s responds: itu di help-nya bahkan sudah ada contohnya. Lengkap deh.

  144. maaf saya mau bertanya sebenarnya apasi yang dimaksud dengan soil-cement yang sebenarnya???
    kalau boleh tlong dijawab juga dengan penjelasan tentang jenis-jenis dari soil cement. terimakasi….

    Wir’s responds: wah saya nggak familiar, tanya ke mbah Google aja ya. Ini lho salah satu sarannya.

  145. pak wir, apakah ada rumus untuk mengetahui daya angkat suatu konstruksi baja profil,klo ada tolong kasih tau saya…jadi detailnya ada kolom, balok smua dari baja profil,jadi gambarannya seperti alat angkat hidrolik untuk mengangkat trafo besar punya PLN.

    Wir’s responds: rumus jika strukturnya tertentu (sesuai rumus itu), tapi yang umum yaitu untuk mengestimasi kekuatan struktur adalah dengan ilmu “structural analysis” dan “structural design”. Yang analisis untuk mengetahui gaya-gaya internal yang bekerja, sedangkan design untuk mencheck penampangnya terhadap gaya-gaya internal tersebut, apakah kuat atau tidak. Gitu lho.

  146. wahhhh,,, da web y lmyn bgini ic nambh pengtahuan wat mhssw y msh ancang2 mo buat skripsi.
    lo bs dsertakan pilihan2 judul skripsi dunk.
    thx

  147. pak wir, saya mahasiswa(lebih tepatnya taruna) D3 jurusan geofisika,saya lagi kebingungan ambil judul buat tugas akhir, pengennya c tentang gravitasi, yah eksplorasi gitu, tapi untuk ambil datanya tu susah, gak semuanya mau dikasih,atau gak yah tentang seismologi, saya c pengennya yang beda dengan yang lain gitu, gimana y Pak Wir, apa bapak bisa kasih saran, terima kasih sebelumnya,blog bapak cukup membantu saya Pak, pokoknya langkah pertama yang dibuat, BUAT ABSTRAK!!!!!

  148. Salam kenal pak Wiryanto,,
    Saya Katarina mahasiswa jurusan Bahasa Jerman , Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan.

    Kalau boleh saya mengatakan kalau ..
    Saya baru bener – bener merasa jadi Mahasiswa seteluh bergelut dengan skripsi !

    Saya mau menanyakan satu hal saja..Di kemudian hari apakah ada pengaruh skripsi terhadap dunia kerja?

    Tidak begitu penting, tapi cukup membingungkan bagi saya “_”

    Wir’s responds:
    http://wiryanto.wordpress.com/2008/06/19/pengaruh-skripsi-terhadap-dunia-kerja/

  149. Alo Pak Wir…
    Saya juga nyempil lagi di sini:)
    Kalo saya pribadi, dengan TA saya jadi kaya orang gila…
    Rasanya banyak banget masalah yang belum ke explore…
    Tapi jadi berpikir sistematis sih
    Emang judul skripsi pengaruh pada saat kita lamar kerja?

    Wir’s responds: judul itu representasi ISI, jadi tanpa membaca skripsi secara keseluruhan, maka orang sudah dapat mengira-ira materi skripsi tersebut dari judul. Jika pada judul ada keyword yang berkaitan dengan kantor dimana sarjana tersebut melamar, maka tentu itu sangat membantu. Misalnya, skripsi anda berjudul “pengaruh pemancangan pada kekuatan bangunan lepas pantai”, selanjutnya anda melamar pada kontraktor pondasi. Pasti dong skripsimu membantu.

  150. Ping balik: pengaruh skripsi terhadap dunia kerja « The works of Wiryanto Dewobroto

  151. hallo Pak Wir!!!!
    saya juni, saya mahasiswa bahasa jerman, saya lagi bingung ne,saya lagi cari judul untuk skripsi saya. kalau bisa tentang kajian linguistik. Tapi di kampus saya masih kurang banget referensi2 buku tentang linguisti, kalau bisa saya mohon bapak bantu saya untuk mengetahui tentang website mengenai buku2 yang berhubungan dengan kajian linguistik.
    tanx!!!!!
    oh ya saya mahasiswa univ Medan, sem 7

    Wir’s responds: pahami kata-kata kunci yang berkaitan dengan tema yang dipilih, selanjutnya serahkan saja ke om Google. :)

  152. Barangkali ada yang mencari tambahan referensi tersedia banyak judul skripsi di http://getskripsi.com

    Wir’s responds: Tawaran menarik, tapi akan menarik lagi jika dapat mengakses langsung pada pikiran sendiri dan menuliskannya. Itu sebenarnya inti dari penulisan skripsi, dan bukan sekedar mencontek dari punya orang lain. Kalau mencontek, itu sih hanya sekedar memenuhi persyaratan formalitas di institusi tetapi tidak mendapatkan hakekat untuk apa sebenarnya skripsi diberikan.

  153. pak wir..saya kesulitan dalam mencari literatur yang berhubungan dengan wilayah pembangunan jembatan

    Wir’s responds: sesuaikan dng data yang anda punya, yang paling penting setiap tulisan dapat berargumentasi mandiri dan ada benang merahnya di tiap bab yang anda tulis.

  154. Salam pak wir,
    Saya amat berterima kasih pada pak wir yg telah membuat blog yg bagus ini. Saya telah selesai sidang skrpsi pd hari sabtu yg lalu dg prediket amat memuaskan. Banyak-sedikitnya blog ini telah membantu saya dalam menyelesaikan skripsi saya.

    Dulu bpk pernah merekomendasikan buku pd saya utk mendukung tugas akhir saya. Untuk itu saya berterima kasih pada bpk.

    Oya, buku-buku bapak sungguh bagus,,saya berharap bpk utk tetap menulis buku.
    Sukses selalu buat pak wir.

    Wir’s responds: terima kasih atas testimoni yang diberikan. Semoga kesuksesan anda, juga berimbas kebaikan kepada yang lain. Semoga Tuhan memberkati saudara.

  155. Salam kenal pak !!!
    Dah beberapa minggu ini saya sering bolak-balik ke blog ini. Akhirnya ada kesempatan juga buat nanya :)

    Perkenalkan, nama saya Dimas, mahasiswa T.Sipil di Jogja, saat ini sedang mengerjakan tugas akhir dengan judul “PENGARUH PERBANDINGAN TANAH LIAT DAN PASIR TERHADAP MUTU DAN KUALITAS GENTENG KERAMIK PRODUKSI SOKKA, KEBUMEN”

    yah walaupun agak kurang berbobot tapi biar cepet lulus cari yang gampang aja.. tapi masih masuk struktur kan pak ?! he he he…

    Nah masalahnya, untuk bahan referensi yang saya temukan masih kurang dan untuk panduan dalam pengujian yang dilakukan juga masih kurang. Pertanyaan saya:
    1. kira-kira dimana saya bisa dapat referensi tentang genteng keramik ?
    2. pangujian apa saja yang dilakukan terhadap genteng keramik ? dari buku ajar Ir Kardiono, pengujian Gt.keramik di lab meliputi uji lentur genteng dan uji rembesan air. apa ada pengujian lain yang dibutuhkan ?
    3. tentang langkah-langkah pengujian genteng keramik bisa download dimana ? soalnya saya brosing2 SNI ga ada yang bisa di download, buku SNI (spesifikasi bahan bangunan bagian A) di perpustakaan juga tidak ada yang menjelaskan tentang langkah pengujiannya.

    mungkin 3 pertanyaan itu dulu bila bapak berkenan untuk membantu saya.
    terimakasih sebelumnya..

  156. sy mhs TI..
    TA yg maw sy ajukan mengenai “kamus bahasa gaul berbasis mobile”..
    kira2 jdul yg tepat apa y pak?

    metode yang bs sy gunakan apa sj pak?
    sy msh mncari2, yg sy temukan baru sifat metode yg bisa sy gunakan yaitu metode yang memerlukan mmory kecil dalam prosesnya…

    apa bpk punya referensi yg bgs untuk skripsi sy ini?

    Terimakasih byk pak!
    ^_^

  157. @vandeemast
    Ini nama asli, atau hanya panggilan aja ? Koq jarang denger, dari luar ya ?

    Sebelum menjawab pertanyaan anda, ada satu pernyataan anda yang sebaiknya dihilangkan, ini lho:

    yah walaupun agak kurang berbobot tapi biar cepet lulus cari yang gampang aja.. tapi masih masuk struktur kan pak ?! he he he…

    Itu suatu pernyataan yang kontra produktif. Intinya, kamu bisa aja ngomong apa aja ke orang lain, hasilnya belum tentu terjadi, tergantung mental orang lain tersebut, tetapi kalau kamu ngomongin ke diri sendiri, maka akan terjadilah seperti yang kamu omongin. Jadi hati-hati !

    Coba ganti omongan anda menjadi seperti ini :

    Meskipun hal yang saya teliti tersebut kelihatan sepele, jarang di bahas oleh insinyur sipil, tetapi hasil penelitian saya nanti dapat menunjukkan formula perbandingan yang paling tepat untuk membuat genteng, sehingga diharapkan produk genteng yang dihasilkan mempunyai konsistensi mutu yang baik. Kondisi tersebut jelas sangat membantu meningkatkan kualitas genteng untuk bersaing dengan produk pabrik yang ada, bahkan siapa tahu dapat di ekspor ke luar negeri. Dengan demikian kesimpulannya, penelitian saya itu penting bukan !

    Coba bandingkan afirmasi yang anda buat terhadap rencana kerja anda. Berbeda bukan. Baru setelah itu kepada proses kerjanya. Ok.

    Tentang bahan referensi silahkan saja berkunjung ke Balai Besar Keramik (Center for Ceramics)
    Jl. Jend. A. Yani No. 392 Bandung 40272
    Telp. 022 – 7206221 &7206296 Fax. 022 – 7205322
    email: keramik@bbk.go.id
    http://www.bbk.go.id/

    Tentang SNI genteng, mereka sudah buat koq.

    @vira
    Orang TI ? Mau bikin kamus ?
    Langkah pertama konsultasi dengan orang bahasa, yang ahli tentang bahasa gaul, referensi apa yang sebaiknya dirujuk, baru ke tekniknya. Mestinya gitu khan.

  158. Wah terima kasih banyak pak, artikelnya.

    Saya mau sharing ni pak, saya adalah mahasiswa akuntansi yang sedang dalam proses penyusunan skripsi (masih awal-awal sih). Saya mengambil konsentrasi akuntansi manajemen atau sistem pengendalian manajemen. Nah sampai sekarang saya masih bingung nentuin judulnya, karena akmen sama SPM itu kan deket banget ama dunia psikologi, menurut bapak gimana ya biar judul saya tu kemudian bener2 dimasukkan dalam disiplin ilmu akuntansi.

    dan gini juga pak, kebetulan dosen pembimbing saya cuma punya waktu 1,5 jam tiap minggu untuk konsultasi, ngantri lagi, dan beliau termasuk dosen senior yang sangat detaiiil sekali, saya konsultasi sekali malah di cecar pertanyaan seputar dunia penelitian, mohon advise-nya pak, makasih

  159. @Satriyo
    Lho sharing atau minta advise ?

    Tapi ok, baiklah. Mungkin maksudnya ikut berpartisipasi untuk dapat dibahas. Gitukhan.

    Tentang gimana agar judul bener-bener dianggap masuk ke disiplin ilmu. Saya kira itu cukup mudah dilakukan, yaitu memakai rujukan jurnal-jurnal ilmiah bidang ilmu tersebut yang membahas masalah yang anda bahas. Gunakan jurnal yang terkini, atau yang paling baru. Jika ada keraguan dari pembahas atau bahkan pembimbing dan kemudian anda dapat tunjukkan bahwa masalah yang anda bahas tersebut telah menjadi pembahasan di jurnal ilmiah maka saya yakin beliaunya akan malu, karena ketahuan kalau ketinggalan ilmu.

    Jika dosen hanya punya waktu 1.5 jam per minggu. Saya kira itu lebih dari cukup, emangnya mau berapa jam. Apalagi jika makalah yang akan menjadi bahan diskusi dapat disiapkan terlebih dahulu.

    Maksudnya disiapkan terlebih dahulu, adalah bahwa dalam berdiskusi anda jangan pakai tangan kosong. Selalulah maju dengan progress. Jangan tanpa bawa apa-apa, lalu anda bilang “pak apa yang harus saya kerjakan”. Minimal anda harus mulai dari ide, yang anda peroleh dari membaca makalah-makalah ilmiah terdahulu. Type dosen seperti itu, apalagi yang aktif dan teliti, maka jika mahasiswa-nya aktif, maka dianya juga pro-aktif. Malu kalau kalah aktif dengan mahasiswanya.

    Moga-moga berguna.

  160. Ping balik: Add++Final Assigment « Creativity & Innovation

  161. terimakasih pak atas tulisan Bapak tentang tips menulis skripsi. saya mo tanya pak. awal tahun saya ingin skripsi. dmana ya saya bisa mendapatkan jurnal atau tulisan yang banyak berhubungan dengan perencanaan dan perancangan gedung bertingkat???rencana saya mo bahas tentang itu..
    tapi untuk lebih mendalaminya saya belum tahu mo ambil yang mana.. Makasih Pak.. GBU

  162. Ping balik: Jangan menulis skripsi sebelum mengunjungi blog ini | ngampus.com

  163. Pak, minta masukkannya saya kerja di Badan Amil Zakat Nasional, dan sedang mulai skripsi…., masukan judul dong, saya jurusan akuntansi

  164. Saya mahasiswa semester 5, gimana cara memulai nyari judul buat tugas akhir, apa aj yg harus dipertimbangkan dalam penentuan judul yang akan diambil. Makasih sebelumnya

  165. @Alam
    untuk nyari judul skripsi, maka yang menjadi pertimbangan :
    * minat anda di mana.
    * dosen pembimbing skripsi mana yang tersedia, yang keahliannya sesuai minat anda tadi, anda merasa sreg nggak. Dari keahlian dosen yang sesuai minat anda tadi coba tuliskan ke kertas. Selanjutnya apa yang tertulis pada kertas tersebut jadikan keyword tentang masalah-masalah di dunia rekayasa, yaitu melalui membaca jurnal-jurnal
    * selanjutnya dari masalah tersebut ketemukan dengan dosen pembimbing skripsi yang anda pilih di atas. Diskusikan. Ya, jadilah.

  166. Ping balik: pentingnya menulis ! « The works of Wiryanto Dewobroto

  167. Halo…3
    salam kenal sebelumnya,

    saya lagi nyusun skripsi ne, tapi mentok di bab 3, saya gak ngerti mo tulis apa, ada yang tau creative strategi untuk skripsi tentang software educasi gak?
    kalo ada, tolong kirim ke email saya poengkey@gmail.com
    Thanks before ^^

  168. Tulisannya inspiratif banget buat aku yang udah molor 1 semester buat bikin skripsi…mmmm kira2 bisa gak ya kasih info dimana bisa dapet inspirasi judul2 skripsi psikologi ????kebetulan aku pengen ambil psi.klinis atau psi.pendidikan, thx before

  169. Salam Kenal pak,
    Saya mahasiswa SE dari universitas terkemuka di Sidoarjo pak, saya sedang menjalankan skripsi sampai bab III, namun hasil percobaan saya selalu ditolak oleh dosen pembimbing sehingga buat saya bingung dan menyerah, yang saya mau tanyakan apakah lebih baik saya ganti judul dan dosen pembimbing ? dikarenakan jika saya teruskan skripsi saya seperti halnya bunuh diri,…minta tolong sarannya pak wir apa yang harus saya lakukan karena saya tidak ingin drop out dari kampus gara-gara skripsi saya?

    terima kasih

  170. @erik
    Salah satu trik agar skripsi berjalan mulus adalah selalu keep contact dengan dosen pembimbing. Apalagi jika melakukan suatu tindakan besar, survey misalnya, maka sebelum dilakukan survey tersebut, metode yang akan digunakan, variable yang disurvey ada baiknya mendapat persetujuan pembimbing, kalaupun beliau belum setuju maka jika perlu ungkapkan argumentasi kenapa kamu memilih hal tersebut. Jika ada usulan dari dosen pembimbing maka ada baiknya dievaluasi, dan usahakan pilih yang terbaik. Tentunya dengan argumentasi yang diterima oleh dosen pembimbing.

    Melihat kasus di atas, jika anda sudah sampai Bab III, mestinya metode yang dipilih untuk memecahkan masalah sudah ada, bahkan mestinya sudah disusun hipotesis untuk dibuktikan. Apakah ini sudah ada.

    Proses-proses tersebut diatas jika sudah diusahakan dan tetap mentok maka kasusnya ada di dosen pembimbing. Mungkin beliau tidak suka dengan topik yang anda teliti sehingga tidak interest untuk melanjutkan, atau bisa apa saja. Jika sudah demikian maka bisa juga ganti dosen pembimbing. Tapi jika itu dilakukan maka artinya itu khan mulai dari baru lagi. Anda mau. Jika ok, maka itu dapat juga dipertimbangkan.

    Terus terang saya sebagai dosen pembimbing, kadang-kadang kalau melihat mahasiswanya malas maka ikut juga malas membimbingnya. Moga-moga anda tidak seperti mahasiswa yang saya maksud. Ok.

  171. o iya pak, mau nanya kalo dalam penulisan laporan ada yang di kutip dari browsing internet, kemudian untuk menulis daftar pustakanya gimana y? apakah di cantumin semua website nya ato apa…..
    makasih pak, mungkin bs dikirim di email saya mette_29@yahoo.com

  172. bikin skripsi buat gw asyik2 aja cuma sayang dosen pembimbing gw kayak yang gak mau ngasih masukan cuma bisa nyuruh perbaiki doank. gw kesel!!!!!!!!
    salam manis bwt Nadia binti Mohamad di FK UNPAD.

  173. Pak, salam kenal. Saya mahasiswa ilmu perpustakaan dan informasi IAIN Yogyakarta, saya masih kesulitan dalam memutuskan judul yang saya akan ajukan dan kedua-duanya adalah studi perbandingan antara dua software opensource katalog digital, pertama > studi komparasi sistem otomasi perpustakaan antara senayan dengan openbiblio. Dan yang kedua adalah > Analisis antara senayan dengan openbiblio (studi perbandingan terhadap efektifitas kerja perangkat lunak berbasis open source)

    dan yang ingin saya kaji adalah tentang seluruh sistem baik dalam sirkulasi, master file, tampilan, dll.
    Untuk itu saya mohon bantuannya, dalam mengambil judul yang lebih baik, atau bahkan kalau bapak memiliki inisiatif terhadap judul saya, mohon penjelasannya.

    Terimakasih….

  174. woh….? bagus juga tu tipsnya tapi kalau boleh bagaimana kalau di cantumban judul rancangan sktipsipnya seperti saya dari jurusan pendidikan teknik bangunan masih belum mendapatkan judul. tanks

  175. makasih ya pak atas tipsnya, sangad membantu
    lagi kuliah Pendalaman Metodologi Penelitiaan, di suruh bikin bab 3, mudah2an bisa jadi skripsi sekalian nantinya. doain ya pak

  176. Saya lagi menyusun skripsi, tapi yang jadi masalahnya dalam pencarian judul skripsi masih membingungkan. Saya bingung dalam mendapatkan judul. I hope I will find and I’ll be Finish.

  177. saya sedang menyusun skripsi, bab2,3, sudah selesai. tapi masalahnya saya bingung di bab 1 terutama di batasan masalah. Bantuin dong ?
    judul ” PENDETEKSI SUARA YANG MENGERAKAN BONEKA BERBASIS MIKROKONTROLER”

  178. Perkenalkan saya Radit mahasiswa S1 Arnhem Business School (The Netherlands) majoring in International Business. Saya sangat tertarik membaca artikel bapak dan jadi ingin berbagi

    Saat ini saya sedang mengerjakan graduation assignment atau yang biasa disebut TA disini. Perbedaan TA ini, saya mengerjakannya dalam bentuk practice based, jadi sekalian magang di salah satu perusahaan es krim cukup besar di indonesia. Kendala saya saat ini adalah dosen pembimbing yang pasif dan kurang adanya komunikasi yang membantu untuk saya, sehingga saya mengalami kesulitan saat ingin beranjak ke step berikutnya. masalahnya periode TA sudah berjalan 3 bulan, dan jika ingin merubah pembimbing akan ada penyusuaian baru dimana mungkin akan ada kemungkinan yang sama terjadi lagi jika kurang sreg.

    Kemudian saya akhirnya mengambil topik “BRAND ACTIVATION”, dimana hal itu merupakan hal yg baru saya pelajari saat ini karena tidak diajarkan di jurusan saya. Dalam pemilihan topik ini saya pilih karena menarik dan merupakan hal yang baru namun berhubungan dengan marketing terutama dlm consumer goods industry.

    yg jadi pertanyaan saya:
    “Bagaimana saya bisa memperkuat alasan pemilihan topik saya trsbt? ” sehingga saya siap jika dihadapkan dengan pertanyaan seperti yang bapak biasa ajukan.

    yang saya sudah lakukan adalah melakukan spesifikasi pembahasan mengenai promosi yang dilakukan perusahaan ini sebagai bentuk dari brand activation itu sendiri dan menganalisa apakah sudah effective atau tidak, kemudian saya juga menjelaskan theory2 seputar brand activation di bab2 landasan theory, dan selanjutnya akan saya mulai dengan melakukan reseach ke lapangan (quantitative atau qualitative, saya masih belum yakin)

    terimakasih dan mohon maaf jika terlalu panjang.

    • Dear Radit

      Perkenalkan saya Lesly, mahasiswa London School of PR Jakarta. Saya sedang membuat skripsi tentang konsep acara Brand Activation. Tapi di sini belum banyak buku tentang Brand Activation. Mungkin Radit tau beberapa referensi dan bisa share dengan saya melalui internet. Thanks before.

  179. @Beer
    salam kenal juga.
    Tanggapan saya tentu saja sifatnya “general”, karena bidang yang anda sampaikan di luar kompetensi yang saya tekuni.

    Ada yang menarik mengenai topik yang anda pilih, yang anda nyatakan sbg “hal baru, yang tidak diajarkan di jurusan anda”.

    Jika demikian, langkah pertama anda adalah meyakinkan pihak “jurusan” yang nantinya diwakili oleh dosen penguji atau pembimbing bahwa topik yang anda pilih adalah masih di dalam koridor ilmu yang anda pelajari.

    Karena bisa saja hal tersebut menarik bagi anda, sesuatu yang baru, tetapi pada kenyataannya bagi dosen penguji ternyata tidak menarik. Bahkan sisi buruknya, bisa saja diinterprestasikan bahwa materi yang anda pelajari di luar bidang keilmuan yang saudara tempuh.

    Jika dosen pembimbing dalam hal ini dapat diyakinkan bahwa topik yang anda pilih memang sesuatu hal yang baru dan memang penting untuk dibahas, maka rasanya anda sudah melangkah dengan benar. Selanjutnya sebelum masuk pada tahap riset dsb, maka mulailah dengan mengajukan masalah thd topik, seperti misalnya :

    * perlukah brand activation dilaksanakan, mengapa ?
    * tidakkah ada cara lain selain brand activation
    dst.

    Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut anda mencoba membuat dugaan jawabannya, ini yang disebut hipotesis.

    Sedangkan research ke lapangan adalah mencari bukti bahwa jawaban anda itu benar atau salah.

    moga-moga bisa membantu.

  180. Salam Kenal Pak Wir,
    Saya adalah mhs FKIP jur PLS pak Wir, yg akan mulai penulisan Skripsi, cuma mentok memulai penulisan skripsi, judulnya Tinjauan terhadap pelaksanaan proses belajar mengajar mata pelajaran sejarah siswa kelas II UPTD SKB Bale endah Kab.Bandung (judul sekedar masuk biar dapat pembimbing). Tapi sy gak tau cara memulainya. Maunya akhir tahun 2009 ini bisa kelar, karena udah nyedot budget yang cukup lumayan, istri dan anak udah mulai nyentil,,mana waktu untuk klg juga kadang keganggu. Tolong pak Wir sarannya,,otak sy udah mumet nih pak. TRimks pak.

    • sdr Edison,
      Saya baru saja berkunjung ke web yang ada di alamat anda, kelihatannya anda belajar di situ. Saya melihat cukup banyak petunjuk penulisan disana, dan mestinya itu semua sudah mencukupi untuk modal menulis skripsi.

      Masalahnya adalah karena motivasi anda menulis belum ada. Jika ada orang datang dengan pernyataan seperti anda sbb :

      * judul sekedar masuk biar dapat pembimbing
      * Maunya akhir tahun 2009 ini bisa kelar
      * udah nyedot budget yang cukup lumayan,
      * istri dan anak udah mulai nyentil
      * waktu untuk klg juga kadang keganggu.

      maka pantas saja jika “otak udah mumet”.

      Karena menulis itu adalah menata pikiran, maka jika kasusnya seperti anda maka saya yakin nasehat saya nanti juga tidak mempan. :)

  181. Ping balik: Panduan Skripsi « .mifka weblog.

  182. Salam kenal Pak Wir,
    Saya Indri mahasiswa hukum di Semarang. saat ini saya sedang memulai untuk menulis skripsi khususnya bidang hukum pidana. Saya mohon saran mengenai judul yang sebaiknya saya ambil lebih menarik mana antara pembahasan narapidana kasus narkoba atau teroris. saya juga mohon petunjuk mengenai literatur serta blog atau web yang bisa saya kunjungi sebagai sumber inspirasi dan sumber materi. Terima kasih sebelumnya.

  183. pa salam kenal sebelumnya…
    sy kesulitan dlm mencari tinjauan pustaka tentang “pengujian kuat tekan beton dengan benda uji patahan balok bekas uji lentur”…yang mana akan sy gunakan untuk tugas akhir.

  184. Salam kenal,
    saya lia, sbentar lagi saya mau skripsi, tapi bingung ma judulnya. saya suka ngegame dan internet-an tapi jurusan saya pendidikan. pengennya judul yg saya ambil menyangkut pautkan antara game dengan pendidikan.. tapi bingung.. tolong kasih ide dunk teman2 dilink ini, terutama Pak Wir.
    Teman2 yang lain sudah dapat, tinggal aku yg bingung.
    terima kasih atas saran dan nasehatnya. Ditunggu ya?
    Trus, artikelnya Pak Wir bagus… bisa buat patokan deh

    • buat saudari lia
      gimana kalo ngangkat ide ” dampak negatif / positif game online terhadap anak sekolah ”
      karena di tempat saya ada anak sekolah khususnya anak SD jadi lebih giat pengen tahu komputer setelah sering main game tetapi lebih banyak anak yang nilainya jatuh ketika keseringan main game online dikarenakan lupa waktu.
      mungkin itu aja dari saya, semoga bermanfaat.

  185. Salam kenal pak,
    gak percuma baca isi blog bapak ini yang panjang lebar karena membuka pemikiran baru untuk buat skripsi, salut dech buat bapak.

    oya pak saya mau nanya nech, saya juga sedang nyusun pak.
    saya pengen buat suatu gambar di autocad trus hasilnya pengen saya potong-potong perbagian dan di jadikan animasi untuk persentasi nanti, kira-kira bapak punya gak petunjuk buat saya.

    makasih banyak pak sebelumnya. ^_^

  186. saam kena pak,,
    saya mahasiswa statistika semester8 mau menysusn skripsi tentang data pane..saya ingin nya ambil studi kasus,,tp dosen saya menyarankan literatur,,
    mohon saran baiknya gmna y pak,,saya jg bm tau amb kasus apa..
    terima kasis

  187. saya msh kesulitan menemukan msalh yang akan dbhs…
    saya jurusan pendidikan administrasi perkantoran..
    kira-kira masalah yang cocok dbhs apa ya????
    mohon bantuannya…
    thanks
    ^^

  188. saya hanya mau bagi pengalaman, sebetulnya saya mahasiswa yang cukup pandai..menurut ibu q.he3 tp ini beneran, saya dulu pernah melakukan penundaan spp di kampus saya unej..selama 1 bulan, tp karena sy sibuk dg PPL da KKn. jd saya lupu akan hal itu..lagian angkatan dulu2, jg g p2, asal melunasi kan?? alhasil sks matkul. sy dihapus smuax?? jd sy menunggu th depanu/ bisa menempuh matkul. tsb, yg semula tinggal skripsi saja, jd hancur impian saya…. doakn ja sy cpt lu2s

  189. salam kenal pak,,jadi semangat untuk nulis nih,, dgn tulisan bpk berikut koment2 yang ada.
    saat ini sy bingung ama Bab 2 nah untuk landsan teori, kalau kata bpk skripsi itu lebih baik negacu pada karya ilmiah yang sudah, jurnal2 dsb… nah saya ini bingung sudah cari kemana2 teori2 judul untuk saya ini ( variabel2nya) tapi gag ada,,, bisa tolong pak, kasi tahu informasinya. judul saya itu “kesiapan kerja TKW bekerja diluar negeri ” ( TKW disini adalah yang PRT),,, banyak2 penelitian itu kesiapan kerja dari yang sekolah pak

    • @alynd
      jika belum ada literatur yang persis, cari yang mendekati, sekaligus susun argumentasi mengapa belum ada yang menuliskannya, seperti misalnya karena masalahnya baru, atau datanya belum ada.

      Jika demikian maka pastikan menggunakan data primer, sebutkan sumber datanya.

      Jadi jika belum ada literatur, maka carilah rujukan yang menunjukkan bahwa memang belum ada literatur yang dimaksud, adapun yang ada hanya yang anda temukan di literatur tsb.

      Jika itu bisa anda atasi, maka penelitian anda bisa seperti penelitian disertasi, yaitu orisinil.

      Masalahnya adalah apakah anda harus mengerjakan pekerjaan seperti itu. Khan lebih sulit daripada yang sudah ada.

  190. salam pak wir
    pak wir tolong bantu saya memecahkan masalah saya ini,,,
    saya ingin menulis skripsi berjudul “analisis faktor penentu kepuasan kerja pegawai pada kantor satuan polisi pamong praja provinsi jambi:

    setelah saya lihat di perpus kampus saya ternyata ada judul yang sama, namun objeknya polisi pamong praja kabupaten tanjab barat

    kira-kira jika saya menulis judul itu apakah bisa diterima walaupun sudah pernah diteliti?

    • bisa diterima atau tidak, itu tergantung dosen pembimbing kamu.

      Jika aku yang jadi dosennya, maka bisa diterima, tentunya dengan pertimbangan apa yang beda dengan yang akan kamu sampaikan.

      Sebagai contoh, ada orang juga menulis buku SAP2000, lalu aku harus menulis buku yang lain. Kalau aku sudah mantap untuk menulis buku yang dimaksud maka aku teruskan aja dengan keyakinan bahwa punyaku lebih baik, dan sudut pandang tinjauannya juga berbeda.

      Yang tidak boleh adalah kamu mem-plagiat materi yang sudah ada dan hanya kamu ganti dengan cara find-replace. Wah kalau cara berpikirnya seperti itu ya jelas tidak bisa. :)

    • @tjie
      Kata kuncinya adalah membaca, membaca dan membaca.

      Tentu saja bukan membaca komik atau novel, tetapi membaca karya tulis ilmiah orang lain yang berkaitan. Sebenarnya jika anda mau membaca dan mendapatkan topik yang akan anda baca, maka disitulah salah satu maksud diadakannya skripsi. Jadi prosesnya adalah sesuatu yang penting dan tidak sekedar telah menyelesaikan skripsi.

      Ngelmu iku kelakone nganti laku.

  191. ass. pak
    mhon bantuannya pak
    sya masih bingung untuk pengolahan data dalam mencari tingkat kesulitan, judul proposal saya “order of difficulty on English mastery..”

    1. rumusan malshnya
    2. pengolahan datany
    3. menganalisanya

    terimakasih bantuannya…

    • @hyudi
      anda batasi dulu masalahnya, seperti misalnya :
      – siapa yang merasa kesulitan, golongan umur, tingkat pendidikan, atau apa.

      – bagaimana menggolongkan tingkat kesulitan tersebut, apakah kelulusan dalam suatu ujian, ataukah aplikasi misalnya untuk mengikuti suatu pelajara atau apa.

      – pada level manakah level mastery tersebut diharapkan, misalnya sekedar lolos toefl, ielts atau apa.

      Dengan anda membatasi, berarti masalah anda rumuskan. Yah pokoknya beri pertanyaan dan cari jawaban demikian seterusnya.

      Semoga berhasil

  192. saya sudah membaca tulisan anda mengenai tips membuat sikripsi yang baik. saya berterimakasih karena pengetahuan saya sudah bertambah. dan kebetulan sebentar lagi saya mau membuat penelitian untuk sikripsi saya.

  193. saya mau menulis skripsi,tapi saya masih binggung apakah penelitian atau novel. Menurut saya lebih mudah novel tapi kurang menggigit.tolong saranya.

  194. pa slam kenal saya mahasiswa STAIN palangka Raya saya pusing banget saya sudah semester 12 dah terlambat mengerjakan sekripsi ini saya sudah sampai pengolahan hasil wawan cara tpi saya bingung bagaimana cara mudah untuk mengolah hasil wawancara kebetulan judul yang saya angkat tentang problematika menulis skripsi mohon saran dari bapak

  195. Thanks pak, atas mterinya..
    Ini membantu saya untuk mengerjakan skripsi yang tertunda beberapa bulan akibat saya belum memahami benar langkah-langkah apa saja yang dilakukan untuk menulis skripsi..
    Mulai saat ini saya akan mencoba meskipun harus mulai awal.. Terima kasih banyak..

  196. Maaf, belum memperkenalkan diri saya yuniar mahasisawa jur matematika semester akhir. Topik yang akan saya bahas mengenai analisis model terapi antivirus pada penderita HCV.
    Ada tambahan pak, sebenarnya saya juga ada masalah dengan bahasa.. Terlebih bahasa Inggris.. Saya agaknya mals untuk membacanya.. Ini yang menyebabkab saya menunda-nunda mengerjakan disamping alasan diatas. Apakah bapak punya solusi agar saya bisa membaca jurnal saya yang berbahasa inggris sehingga mempercepat penulisan skripsi saya?? Terima kasih

  197. Salam Kenal Pa
    Pa saya lagi nyusun SKRIPSI judulnya
    STUDI LITERATUR MENGENAI PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PROYEK KONSTRUKSI DI INDONESIA
    sekarang sudah mulai BAB II, nah buat BAB III dan BAB IV saya kurang paham pembahasannya tentang apa saja.
    Terus untuk studi literatur dalam metode penulisannya gimana???
    mohon bantuannya…
    trimakasih!!!

  198. thankz pak atas saranya,itu sangat membantu..tapi saya ingin menanyakan tantang Bab IV.sebelumnya saya irma jurusan Akuntasi D3,sudah mulai meulis TA sejak 2 bulan yang lalu judulnya: “Pengaruh perencanaan dan pengendalian persediaan terhadap besarnya penjualan tinta”sekarang saya sudah hampir menyelesaikan Bab3 menuju Bab IV,tapi saya bingung apa yg perlu saya cantumkan dan Bab IV tresebut,terims.

  199. Pak Wir dan teman-teman sekalian saya sedang menjalankan skripsi dengan judul ANALISIS JARAK MAKSIMUM SENGKANG TERHADAP TEKUK PREMATUR TULANGAN LONGITUDINAL PADA KOLOM BETON BERTULANG ,sehubungan dengan itu saya membutuhkan beberapa link atau referensi yang berhubungan dengan judul tersebut,mohon bantuannya…terimakasih…
    (bagi yang bersedia membantu bisa kirimkan ke alamat ukhti_neetha@yahoo.co.id,semoga tuhan membalas semua kebaikan2 saudara)

  200. perkenalkan, saya rosid. mahasiswa pendidikan matematika semester7.

    saya sebenarnya mau tanya, tp bingung mau tanya apa.
    oya pak wir, kalau mau bikin skripsi itu harus memulai dari mana ya?saya masih bingung mencari masalah yang layak untuk dijadikan penelitian di skripsi.

  201. salam kenal pak, saya ida dari APP. saya mua tanya pak untuk penentuan judul saya masih bingung dalam menentukan judul. saya KP di indosat di bagian retention spesifikasi tetentang sms broadcast dan perjanjian kerja sama dengan perusahaan lain. yang saya tau dalam penentuan judul harus ada masalah yang diangkat tapi saya bingug kelemahan dari sms broadcast itu apa?

    • sdri Ida,
      kamu ingin menulis KP (kerja praktek) atau skripsi, tentu keduanya berbeda.

      Menurutku, tentu bisa berbeda dengan di tempatmu, KP (kerja praktek) maka tulisan yang dibuat lebih ke arah laporan atau paparan tentang apa-apa yang dilihat dan tentunya ada argumentasi atau motivasi, mengapa anda melihat itu.

      Adapun skripsi lebih banyak kepada solusi masalah. Lebih banyak pada pemikiran-pemikiran yang diperlukan untuk mengajukan solusi dan membuktikan bahwa solusi yang diajukan adalah baik adanya.

      Tentang judul, rasanya tidak harus fixed, bisa juga diubah setelah apa yang ditulis cukup jelas isinya. Tetapi yang perlu diingat bahwa judul jangan terlalu panjang, pendek tetapi spesifik, atau khas yang membuat orang menjadi ingin tahu. Pendek tetapi menarik. Nasehat gampang diomongkan tetapi susah dijalankan. Memang begitu sih.

    • ya buat saja pertanyaan yang mempermasalahkan. Mulai saja dengan “topik apa yang ingin aku bahas”, atau “topik apa saja yang saat ini banyak dibahas”.

      Terus menerus ajukan pertanyan dan cobalah menjawabnya. Ya begitulah awal mulanya, sampai anda punya suatu keyakinan akan suatu topik tertentu.

  202. perkenalkan nama saya sodik saya mahasiswa semester 8masalah saya adalah menemukan motivasi mungkin saya menyepelekan ato kurang semangat dengan saya beralasan karena pekerjaan sambilan saya yang selalu dijadikan kambing hitam keterlambatan skripsi saya….
    dan juga klo boleh minta solusi ada ga …referensi lengkap yang gratis didownload mengenai English, research action classroom dan media pembelajaran

    • Lagi-lagi orang yang tanggung dan ragu-ragu. Jika menurut anda jadi mahasiswa tidak terlalu penting, dan lebih penting kerja sambilan maka lebih baik fokus saja pada kerja sambilan tersebut dan tinggalkan saja perkuliahan anda.

      Mengapa demikian, karena jika anda setengah-setengah terus, dan skripsi anda tertunda-tunda terus maka jika anda kuliahnya ditempat yang baik maka dapat dipastikan anda akan kena DO (drop-out). Jadi itu artinya anda membuang-buang duit untuk membayar status jadi mahasiswa tetapi pada akhirnya tidak berarti. Dengan anda keluar dari kampus, maka mestinya uangnya bisa untuk tambah modal kerja sambilan.

      Itu jika anda memberati kerja sambilan. Jika tidak, maka fokus, jika ternyata anda melihat kerja sambilan dapat menganggu skripsi anda maka tunda dulu, fokus pada skripsi.

      Ingat, hidup itu hanya memilih prioritas yang tepat dulu. Nggak lebih dan nggak kurang.

  203. salam kenal pak wir,
    saya ingin tanya bagaimana /batasan membuat skripsi utk level S1?apakah perlu pembanding utk kasus yg dibahas?IP saya 3,71, tp saya betul 2 bodoh utk memulai menulis skripsi ini karena sering menerawang terutama memikirkan bagaimana mencari datanya.Sudah satu tahun saya jalan ditempat alias mentok! bahkan judulpun belum saya tentukan.Bisa bantu saya memberikan jalan keluarnya Pak?atau barangkali bapak/ibu/rekan lain yg membaca tulisan saya ini?Jika berkenan dapat mengirimnya ke email saya ini: dubeldude@yahoo.co.id
    terimakasih atas bantuannya.
    oh ya , saya adalah mahasiswa jurusan teknik sipil disebuah perguruan tinggi bandung

    • IP tinggi bisa jadi menunjukkan bahwa anda menguasai materi ujian yang diberikan oleh dosen pengajar. Kadang-kadang menunjukkan juga unsur rajin dalam belajar.

      Adapun skripsi jika hal tersebut berupa studi pustaka atau penelitian kadang-kadang memerlukan unsur kreativitas atau ide, mengembangkan usul atau masukan dari dosen pembimbing. Karena materinya kadang khas maka tidak ada contoh sebelumnya yang dapat ditiru, yang persis sama. Jadi jika hanya mengandalkan rajin kadang-kadang tidak tahu harus memulai dari mana. Faktor itu sebenarnya yang bikin bingung yang ujung-ujungnya jika tidak ketemu-ketemu atau ditolak terus akan menimbulkan rasa frustasi. Banyak anak muda yang sampai pada tahap ini gagal, sehingga disebutlkanlah bahwa skripsi adalah topik yang paling susah.

      Dukungan dari luar, yang umumnya berupa nasehat atau petunjuk pada tahap-tahap ini sangat membantu anak-anak muda untuk memulai.

      O ya, jika berbicara tentang kretivitas maka langkah pertama adalah hilangkan rasa takut didalammnya. Jika semuanya tersebut dihadapi dengan takut maka dapat dipastikan idenya akan beku. Stack. Jika demikian tanamkan dalam diri bahwa skripsi bukan sesuatu hal yang menakutkan, sesuatu hal yang biasa-biasa saja bagi para sarjana. Selanjutnya mulai juga dengan membaca-baca jurnal-jurnal ilmiah untuk memulai mencari ide. Jika ada ide, tuliskan dan konsultasikan dengan dosen pembimbing. Jika dosennya belum ok, mulai lagi, begitu dan seterusnya. Jika proses tersebut dilalui dengan dinikmati dan tidak dilalui dengan ketakutan maka saya yakin hasilnya pasti joss.

  204. perkenalkan, nama saya rizki,
    saya mahasiswa teknik sipil sm 8 unand padang. saya sekarang sedang proses pengerjaan tugas akhir di bidang geoteknik…
    hal yang akan saya bahas adalah guling yang terjadi pada dinding penahan tanah pada pelebaran jalan di silayiang, jalan yang menghubungkan kota padang dan bukittinggi.
    dinding itu adalah dinding kantilever dimana terletak lansung di tepi sungai,dan bagian yang guling berada pada tikungan.
    yang ingin saya tanyakan, referensi apa yang tepat untuk saya,metode penelitian dan saya mohon bantuan bapak untuk memberikan saya link referensi untuk TA saya itu….
    saya berencana untuk mengimpulkan bahan terlebih dahulu sebelum menghadap ke pembimbing saya lg…
    atas bantuan bapak saya ucapkan terimakasih…
    email saya: pranata_rpadd@yahoo.com

  205. Salam kenal pak Wir,
    Nama saya Sonny, saya mengambil jurusan bahasa & sastra inggris(translation).saya ingin tanya apakah sign language bisa dijadikan penelitian di skripsi?mungkin kalau bisa, yang harus diteliti itu apa ya?dan referensinya apa aj? Mohon bantuannya, terima kasih.

    • Sign language bisa jadi topik penelitian jika hal tersebut menimbulkan suatu permasalahan atau keraguan jika diaplikasikan pada suatu hal. Jika tidak ada masalah ya berarti tidak ada yang perlu diteliti, khan sudah jelas semuanya.

      Untuk memulai atau mencari ide, maka tentunya baca jurnal-jurnal ilmiah yang berkaitan dengan sign language tersebut. Mestinya jurnal bahasa ya. Sudah coba searching dengan om Google belum, atau mungkin lebih spesifik Google Schollar ttg key word tersebut.

  206. Salam kenal pak Wir,
    Nama saya Metro, saya jurusan teknik sipil 2006 UNILA, Lampung.
    Saya sudah banyak membaca saran bapak di atas, dan saya sangat termotivasi untuk melukakan saran2 tersebut. Kebetulan saya baru melaksanakan Kerja Praktek (KP) dan sudah menulis laporan sebagai pertanggungjawaban saya dengan kampus. Seandainya semua lancar, saya berkeinginan juga mengerjakan berbarengan dengan proposal skripsi saya. Saya sangat tertarik untuk melakukan penelitian di bidang struktur tapi sampai saat ini, saya blm mendapat gambaran yang jelas tentang bahan/topik yang mau saya teliti.
    Dari blog ini, saya ingin ada sedikit gambaran dari sebuah topik/judul, jika bapak atau temen2 yang lain bersedia memberi masukan kepada saya.
    Saya sangat berterimakasi seandainya bapak ataupun temen2 ada yang berkesempatan memberikan idenya untuk saya teliti…
    GBU….

    • kata kuncinya adalah a). banyak membaca jurnal-jurnal ilmiah atau b). banyak diskusi ilmiah dengan dosen / rekan mahasiswa yang aktif meneliti. Itu saja.

  207. salam kenal pak wir
    saya mahasiswa SI baru saja sedang mengambil skripsi S1, pertanyaa nya adalah apakah jenis organisasi / PT yang bergerak dalam bidang tour dan travel dapat di jadikan bahan skripsi? dan apakah benar PT tersebut terlalu kecil untuk di jadikan bahan skripsi?

    terima kasih

  208. thanks buat tips nya,,,tp maslah yang sy hadapi bagaimana mencari bahan masalah yang akan diteliti sebagai rumusan judul?
    apalagi untuk skripsi bahasa inggris!
    duh!
    susah bgt y?

  209. Kulonuwun, Pak Wir.

    Perkenalkan nama saya Iksan, saya adalah mahasiswa PKSM fakultas Teknik Sipil di salah satu univ. swasta di Jakarta..saat ini saya bekerja di Konsultan PMA Civil & Structure. sekarang sy sudah semester 7, ganjelan saya sedang bingung nentuin arah ambil TA nanti pak.
    kalo ambil MK, sy ndak punya basic Kontraktor, kalo Transportasi, ya baru sedikit ilmunya pak, kalo Struktur, kemaren nilai beton ama anstruk dikasih nilai sadis pak..hehhehe

    mohon dikoment ya pak uneg2 saya..Matursuwun :)

  210. Nilai sadis ?

    Sadis itu kalau kamu dapat mengerjakan dengan benar, terbukti bisa, tetapi nilai yang diberikan dosen jelek. Itu sadis namanya, tapi jika kamu tidak bisa mengerjakan, ngawur dan mendapat nilai jelek, itu artinya dosen kamu bekerja dengan baik ketika memeriksa soal jawabanmu.

    Emangnya kamu mau, nggak bisa apa-apa tapi diberi nilai baik. Kalau seperti itu sekolahnya, kamu rugi udah keluar duit. Lebih baik nongkrong aja di pinggir jalan, toh hasilnya sama aja. Nothing.

    Yah intinya, semua itu perlu pemikiran yang fokus, usaha yang disertai tindakan nyata dan kelau perlu dengan kerja keras. Pesan, jangan karena kamu mentang-mentang sudah bekerja, lalu itu dijadikan alasan. Pilih skala prioritasnya dulu.

  211. asslm….seblumnya q mau tanya tentang beda isi dari latar belakng masalah dan abstrak dalam skripsi, kayaknya ruwet banget nih…….

  212. terima kasih banyak pak….
    ini sangat membantu.
    salam,,,
    saya hernanto pasaribu seorang mahasiswa tingkat akhir di Medan.

    saya lihat bapak banyak sekali membantu, jarang lho pak ada dosen yang mau repot. sebagai seorang mahasiswa saya bangga sekali mengetahui kalau ternyata masih banyak yang benar-benar punya tujuan untuk mendidik di negara ini. he…he…

  213. malam pak Wir..
    salam kenal.
    saya Awill mahasiswa semester 8 UNHALU lg nerjain tgs akhr tentang “Link=sambungan” aq minta beberpa link dan referensi yg brhubngan dengan hal tsb ?????? thanks before
    GBU..

  214. salam kenal pak,,.
    trima kasih atas tulisannya, b’manfaat banget buat saya yang baru mulai nulis skripsi… =)

  215. Syalom Pak,

    Saya Ria, Pekerja & mhsiswa yg sedang skripsi di Program Ekstensi Manajemen ( di Universitas tempat Bapak mengambil S2)

    Judul Skripsi saya adalah “Hubungan antara KOMITMEN ORGANISASI dengan KINERJA pada TENAGA KERJA OUTSOURCING”

    Yg menjadi pertanyaan saya:
    1).Sebenarnya dalam pengerjaan skripsi, cara mana yang lebih baik, CARA PERTAMA tiap bab fix dulu baru lanjut ke bab selanjutnya ATAU CARA KEDUA dari proposal ke bab IV baru merapihkan Bab I, kemudian lanjut ke Bab II dan III yg merujuk pada Bab IV? Karena tipe yg saya alami dgn dosbing adalah cara ke dua.
    2).Utk bab I,II, dan III saya sudah menyicil dari Januari, tp ketika saya membaca tips Bapak dan membaca ulang, sepertinya belum OKE, belum ada benang merah pada BAB I thdp BAB IV,meskipun saya mengacu pada jurnal dan sudah panik dengan dateline yg tinggal 2 mgg lg, saya harus bagaimana yah Pak dgn waktu singkat ini dlm merapihkan BAB I-V???kalau idealis mengundurkan waktu lulus harus keluar biaya dan makan waktu….

    TQ & GBU

    PS: sy blh dpt email or ym Bapak?

    • @Ria
      Langkah paling tepat adalah menghubungi dosen anda. Bisa-bisa beliau tidak melihat masalah seperti yang kamu duga. Toh katanya kamu mengikuti petunjuknya. Beres khan.

      Ingat tidak setiap dosen mempunyai interprestasi yang sama terhadap suatu masalah. Bisa punya argumentasi yang berbeda. Biasanya yang bikin salah mutlak adalah jika materi yang kamu tulis di depan tidak konsisten dengan tulisan kamu di belakang. Nah, kalau itu yang terjadi maka itu namanya kesalahan universal.

      Tentang benang merah, ada baiknya kamu diskusikan bersama dengan dosen. Ingat, dalam membuat skripsi, satu-satunya pembela yang efektif adalah dari dosen pembimbingmu. Jangan sampai kamu bikin masalah atau bertentangan pendapat dengannya. Jika ada materi yang kamu tulis ternyata tidak sesuai dengan pendapat dosen, dan kamu tidak punya bukti tertulis yang mendukung bahwa pendapat kamu benar, maka saya sarankan kamu hapus saja tulisan tersebut khususnya jika tidak mengganggu alur tulisanmu yang lain.

  216. Ping balik: membuat tulisan ilmiah | The works of Wiryanto Dewobroto

  217. Sebenarnya menulis skripsi itu mudah, jika sudah berjalan pasti untuk sampai tujuan akhirnya(menyelesaikan skripsi itu sendiri) biasanya sangatlah mudah asalkan tekun dan dijalani benar-benar. Yang paling sulit adalah ketika menentukan sebuah judul. Itu yang dulu saya alami sewaktu membuat skripsi.

  218. pak saya anak penddikan geografi UNP Padang.
    saya mw bikin skripsi judulnya konversi lahan ….
    saya masih di bab 2.. tolong bantuin pak..

  219. salam kenal, pak..
    semester ini kan saya mengambil tugas akhir, jadi saya dapat saran tentang permodelan balok dengan SAP pada desain bangunan. jadi disini mau dibandingkan antara perhitungan manual dengan SAP. masalahnya saya tidak terlalu paham SAP, jadi yang mau saya tanyakan adalah sampai mana saja batasan kemampuan perhitungan SAP? terus kalau bisa, tolong kasih referensi buku tentang SAP yang lebih mendetail dong,pak…
    tolong dibalas ya,pak.
    trima kasih

  220. Salam, pak saya mahasiswa semester akhir di perguruan tinggi swasta \yogyakarta. saya sedang ingin menggarap sripsi menenai PENGARUH ALIRAN AQIDAH TERHADAP PERTARUNGAN POLITIK IRAQ. saya ingin menayakan usulan, usulan dari bapak menenai hal tersebut. terimakasih

  221. Shallom pak…
    Saya memberikan apresiasi atas tips tips menulis skripsi ini. Saya mau cerita tentang kuliah saya, saya mahasiswa ambil jurusan s1 pemerintahan integratif, hanya ada 3 di masing masing provinsi indonesia. Merupakan kerjasama antara pemerintah dengan universitas untuk mencetak pamong. Yang sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah. Masa studi yg harus di tempuh 3,5 tahun. Dan saya sudah 3 tahun 3 bulan.
    Sekarang saya hanya sibuk di skripsi saya sudah masuk di bab 4 hasil dan pembahasan dan bab 5 kesimpulan. Judul skripsi saya implementasi tugas camat dalam pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa. Dimana saya membandingkan di 2 desa. Saya kebingungan pada saat pembahasan, dimana pembahasan saya sangat diskriptif. Bagaimana cara nya agar pembahasan saya menarik namun mudah, dalam mengejar target tersebut?? Thanks. GbU

  222. Saya mahasiswa CCIT di Fakultas Teknik Universitas Indonesia jurusan Teknologi Informasi Perbankan Syariah . .
    Di semester 1 kemarin, alhamdulillah saya berhasil lulus menyelesaikan projek menulis seperti skripsi( entah saya juga masih bngung bedanya projek dan skripsi itu apa)

    Tapi, sayangnya hasilnya kurang memuaskan. Banyak sekali komentar-komentar yang diberikan dosen kepada kelompok saya tentang projek yang kami buat. Di semester 2 ini, kami belajar pemrograman Java dan juga akan mengerjakan projek tentang Java. Saya sangat ingin mengerjakannya sebaik mungkin. Namun, kemampuan menulis yang sangat minim membuat saya kurang percaya diri dan kadang putus asa. Darimanakah saya harus memulai agar bisa menjadi seorang penulis skripsi yang baik dengan cepat?

    Oh ya, saya sudah membaca artikel di atas. Namun masih banyak yang belum saya mengerti tentang skripsi. Apakah yang dimaksud “Abstraksi” itu?

  223. om wir numpang nanya,,,kalau judul punya q peranan dinas pendidikan dalam penempatan guru sekolah dasar negeri di kec.sintang,,,klw ditanya mgp memilih jdul ni,,,jwbn q ap ya alasan2nya apa

    • Lho, mengapa ya. Jadi Kepala Sekolah yang seharusnya bertanggung jawab terhadap sekolahnya sendiri jadi nggak punya wewenang ya. Kalau begitu modelnya drop-dropan. Unsur KKN jadi gampang dong. Titipan gitu lho.

  224. salam pak, saya sedang skripsi dengan judul “PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGADAAN BAHAN BAKU”
    kira2 abstraknya gimana yah, saya lagi pusing karena belum terarah..
    metode untuk pengadaan bahan jg saya belum tau mau pake apa, penelitian saia di perusahaan percetakan untuk dinas2 yg bahan bakunya kertas..
    produk yg banyak diminta seperti formulir2 atau kwitansi gitu, tipe produksinya job order..
    ada yg nyaranin pake MRP, tapi saya bingung buat bill of material dari sebuah formulir atau kwitansi..
    mohon bantuannya pak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s