ilmu TEKNIK SIPIL = ilmu AGAMA


Catatan : para kyai, pendeta atau romo jangan tersinggung dulu ya dengan judul di atas. Mohon baca dengan baik kelanjutan tulisan ini.

Bagi yang beragama tentu tahu bahwa agama akan mengajarkan keselamatan hidup di dunia ini, bagaimana umat dijanjikan selamat hingga masuk surga. Intinya gitu khan.

Jika demikian maka ilmu teknik sipil juga demikian adanya, misalnya anda ingin lewat sungai yang dalam sehingga perlu dibangun jembatan penyeberangan. Jika anda asal membangun maka tidak ada jaminan bahwa anda akan selamat sampai keseberang, meskipun untuk itu sudah investasi duit yang mahal. Tetapi jika jembatan tersebut direncanakan dan dikonstruksi dengan baik berdasarkan ilmu-ilmu yang diberikan di bidang teknik sipil maka dapatlah dipastikan bahwa anda dapat juga menyeberang dengan selamat. Anda akan terhindar dari kematian karena jembatan tersebut tidak rubuh ketika dilewati.

Itu tadi juga jembatan, sekarang pada bangunan-bangunan tinggi, perhatikan memang keindahan bangunan-bangunan tinggi yang nampak dari luar adalah hasil kerja para arsitek dengan kreatifitasnya. Tapi apakah arsitek itu sendiri yang dapat menjamin bahwa bilamana ada gempa bangunan tersebut masih berdiri. Tidak, bukan arsitek tersebut dan bukan yang lain-lain, tetapi yang dapat menjamin hanya ilmunya orang teknik sipil.

Jadi lagi-lagi orang teknik sipil yang dapat menjamin keselamatan (tentunya pada batas-batas tertentu / tidak mutlak sifatnya). Karena sama-sama berbicara tentang keselamatan maka tentunya dapat dikatakan bahwa ilmu teknik sipil mirip dengan ilmu agama, bedanya yang satu dapat dibuktikan secara ilmiah sedang yang satu dasarnya adalah iman.

Benar begitu ? 

Jadi kalau demikian, maka besyukurlah teman-teman seprofesi (structural engineer) bahwa kita ini termasuk golongan masyarakat yang istimewa karena dapat menjanjikan keselamatan hidup di dunia ini. :D

About these ads

9 thoughts on “ilmu TEKNIK SIPIL = ilmu AGAMA

  1. Sesama teknik sipil saya setuju aja, tapi kita kembalikan lagi bahwa semua ilmu adalah Tuhan yang punya.intinya kita beramal dengan ilmu yang qta miliki dengan tujuan ibadah.

  2. Saya yang berasal dari segumpal debu tanah, mohon ijin untuk ikutan :

    Kebanggaan atas profesi masing-masing itu PERLU (dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas), rasa tanggung jawab atas profesi masing-masing, itu HARUS
    (terutama dampaknya terhadap kehidupan manusia)

    “Karena sama-sama berbicara tentang keselamatan maka tentunya dapat dikatakan bahwa ilmu teknik sipil mirip dengan ilmu agama..dst” itu terlontar karena kita sadar dan merasakan lalu mengucap syukur bahwa semua ILMU dan PENGETAHUAN berasal dari TUHAN.

    Semua PROFESI adalah ISTIMEWA jikalau Ilmu Pengetahuan yang diterapkan dalam wujud nyata untuk kehidupan manusia (mis:bangunan gedung) dimulai dari rasa takut akan TUHAN, karena di dunia ini tidak ada seorang manusia pun yang layak untuk sombong atas semua karyanya, sebab jaminan akan keselamatan manusia (mis:jaminan keselamatan manusia yang tinggal didalam bangunan) yang manusia ciptakan hanyalah sebatas probabilitas/relatif sifatnya.

    Syallom..

  3. ilmu sipil+ ilmu agama= keselamatan. so formula yg ideal have to add no equel. cause bila 1 bangunan di desain org sipil secara matematis resultnya terukur oleh org sipil tapi jika tidak diback up dgn iman yg kokoh layaknya batu karang atau emas murni 24 karat, maka pasti hasilny korupsi,example : pengurangan bahan bangunan, mark up anggaran dll. jd harus seimbang, ok

  4. jgn lupa gue org sipil, tapi karena gue lurus2 aje, ya jadinya kurang proyek. mau gabung proyek yang tahan gempa, tzunami atau tahan rumor. joint with me.

  5. **mas Ready**
    bahwa semua ilmu adalah Tuhan yang punya

    **mas Donny**
    bahwa semua ILMU dan PENGETAHUAN berasal dari TUHAN

    Kalau begitu ilmu korupsi milyaran dollar, sampai negara hampir ambruk tetapi tidak tertangkap dan dapat hidup senang. Itu juga ya ? Juga ilmu untuk membuat bom hidup itu juga. Selain itu kita khan sering dengar ada yang menyebutnya ilmu hitam (santet) atau ilmu putih (tabib). Apa itu semua dari Tuhan. Setan itu juga punya ilmu lho, ilmu membohongi kita, buktinya adam dan hawa kena tipu khan.

    Mungkin yang anda berdua maksud adalah ini khan

    The fear of the Lord is the beginning of the knowledge …
    (Proverbs 1:7)

    **mas Eddy**
    negara kita meskipun terkenal sebagai mayoritas masyarakat beragama, dimana-mana ada tempat ibadah, tapi terkenal juga korupsinya khan. Berarti masyarakatnya mempunyai iman yang nggak kokoh ya. Sedangkan di barat, yang notabene banyak yang nggak beragama koq kasus korupsinya tidak sebesar negara kita ya. Kalau begitu, meskipun banyak yang tidak beragama tetapi imannya kokoh ya. :D

  6. “ilmu korupsi milyaran dollar” , “ilmu untuk membuat bom hidup” …?? :P

    Wah Pak Wir buat istilah baru niy :) Sebentar ya Pa Wir, saya mau buka Kamus Besar Bahasa Indonesia dulu di rumah.

    Mungkin lebih tepat “Tindak kejahatan korupsi milyaran dollar” , “Tindak kejahatan membuat bom hidup” dsb.

    Kalau pa Wir maksud tindakan kejahatan adalah juga Ilmu, kenapa semua Perguruan tinggi tidak membuka Fakultas Ilmu korupsi ? kayaknya menarik juga tuh :) :)

    Kutipan dari Amsal : “The fear of the Lord is the beginning of the knowledge” menyatakan bahwa setiap tindakan yang tidak dimulai dengan rasa takut akan Tuhan adalh Kesombongan, Kesombongan itu jugalah yang membuat Setan di usir dari Surga.

    Setan dan manusia juga mempunyai kuasa, ilmu dan pengetahuan karena semuanya adalah ciptaan Tuhan.

    Syallom..

  7. Wah di Canada sini pak, semua engineer yang sudah lulus harus pake namanya “Iron Ring”.

    Konon Iron Ring ini dibikin dari steel yang dipakai untuk bikin Quebec Bridge. Tahun 1907, jembatan ini roboh karena planning-nya ngawur. Jadi semua engineer di Canada harus memakai Iron Ring.

    Katanya temen saya, sisi ring ini lumayan “tajam”. Tujuannya untuk selalu mengingatkan agar mereka harus mengutamakan keselamatan saat mendesain sesuatu.

    Jangan sampai peristiwa Quebec Bridge terulang lagi.

  8. amir dari aceh,

    wah,komentar-nya seru-seru semua ni kayak-nya semua benar ne ada juga yg kurang,
    saya sih juga seorang calon engeneer lo, tapi belum.
    so..bicara t.sipil=agama, itu hampir2 sama, karena kedua2nya menyangkut dengan keselamatan manusia, cuma ada beda, kalau agama menyangkut dengan keselamatan manusia pada hari akhirat kalau iman nya ga ada bisa di goda oleh syaitan, hati2 looooo, sedangkan, seorang t.sipil ini keselamatan di dunia, contoh nya. dalam membangun suatu bangunan itu harus benar2 kuat akan ketahanan suatu bangunan tsb, karena ini biasa nya menyangkut dengan kemaslahatan banyak manusia. itu aja seh yg beda menurut saya. waskom………for youu

  9. Assalamu’alaikum wr.wb

    Saya sebagai mahasiswi Teknik Sipil sependapat dengan artikel di atas..,ciee…

    tp hal itu kembali pd diri qt masing2 sbg para sarjana t.sipil.., maksudny dengan niat karena Allah swt & hati tulus ikhlas dlm membangn sbuAh bangunan atw jembatan yG kokoh & dG pLanniNg yg matng serta pengerjaannya ngGak asal-asaLan (ALiaS NgGK koRupsi), insYaALLAH Qt termasuk seorang t.sipil yg menYelamtkn kSelamatn hidup orang banYaK di dunia.., spt haLnya aGama ALLAH yG mNyeLamatkn hidup para umatnya di dunia & akHiraT.

    jadi dLm suatu pembangunan yG peNtng KJUJURAN AgAR bangunannya kokoh, spt KEIMANAN Agar aGamanya kokoh..,
    Maka Teknik Sipil=Ilmu Agama=Kselamatan
    amiiiN…

    wasSaLam…^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s