gambar 3D, perlukah ?


Gambar 3D lebih mudah dipahami dibanding gambar 2D, khususnya bagi awam. Jika bagi awam saja demikian, tentunya jika gambar 3D diterapkan bagi para engineer pasti akan sangat membantu.

Kenapa selama ini memakai gambar 2D. Jelas karena lebih mudah, khususnya jika dikerjakan secara manual. Jadi dasar pemikirannya adalah cara penggambaran manual. Meskipun dalam pelaksanaannya sudah memakai program komputer AutoCAD.

Seperti pendapat umum: bisa karena biasa. Karena terbiasa memakai gambar 2D (adanya itu sih) maka engineer tidak mempunyai permasalahan mewujudkan karya-karyanya berdasarkan gambar tersebut.

O ya, ada keunggulan dari gambar 2D, yaitu paling mudah jika digabung dengan pen-dimensian, penempatan ukuran. Kalau gambar 3D jadi sangat rumit (ruwet) hasilnya.  Itulah keunggulannya. Benar nggak sih ?

Intinya jika mau gambar 3D maka gambar 2D tetap diperlukan, atau gambar 3D menjadi pelengkap. Gambar 3D tidak menggantikan gambar 2D dibidang engineering.

Karena gambar 3D mudah dipahami oleh awam maka fokus penggunaan gambar 3D selama ini adalah untuk presentasi ke-client (engineer-to-client /awam) dan belum engineer-to-engineer, misalnya.

Bagus ya ? Saya kurang tahu pakai apa itu membuatnya. Paling ya Autodesk 3ds Max, itu yang paling populer. Adikku lulusan ISI yogya, wah paling pintar itu. Kayaknya kalau mau bikin buku, nggak kalah lho dengan buku-buku yang sudah beredar. Sayangnya, tulis-menulisnya masih perlu belajar. :(

Ok, lah, rasanya gambar seperti itu cocoknya adalah untuk para arsitek atau juga interior desain. Untuk structural engineer nggak terlalu penting (yang tampak khan finishing-nya aja).

Kalau begitu 3D tidak penting bagi structural engineer ?

Dalam perkembangan lebih lanjut, ternyata program komputer 3D dapat di link ke program FEA. Jadi sekarang pemasukan data ke program via gambar 3D. Wah kalau demikian jadi menarik nih.

Berdasarkan pemahaman seperti itu, terpaksalah aku mencoba mempelajari program-program aplikasi penggambaran 3D, misalnya Autodesk 3ds Max, Solid Edge, Autodesk Revit Structure 2, Rhinoceros, Archicad dan SolidWorks.

Menurut pendapatku, program SolidWorks paling gampang, mempunyai menu yang mirip-mirip Abaqus. Aku bilang gampang, karena kalau pakai AutoCAD belum bisa, padahal tahu sendiri AutoCAD 2D ku lumayan lho. Semua gambar-gambar teknik di buku-bukuku adalah gambarku sendiri pakai AutoCAD. Kalau soal itu aku belum pernah melihat buku teknik sipil yang seperti itu. Pengarangnya juga sekaligus drafter-nya, dan aku bangga koq disebut sebagai drafter, yang punya gelar Ph.D pun belum tentu mampu jadi drafter. Jadi kalau lowongan engineer penuh, lowongan dosen penuh, lowongan penulis juga penuh, aku masih sanggup sih jadi drafter.

Pokoknya untuk perut , apa sajalah, yang penting halal. Oh ya, aku belum pernah cerita tentang hobby-ku fotography digital ya.

@murid : Eh stop pak Wir, ini khan cerita 3D bukan fotography.

Ok, ok, ok, sorry, kita kembali ke lap … work, eh SolidWorks.

Soal SolidWorks , kayaknya aku mau serius mendalaminya. Siapa tahu bisa diajarkan di UPH.

Contoh gambar 3D dari baut memakai SolidWorks yang telah aku coba kurang dari satu jam dengan program tersebut.

Jadi kesimpulannya ?

Perlukah gambar 3D di ajarkan ke anak didik, mahasiswa S1 teknik sipil ?.

Siapa tahu teknik sipil UPH jadi pioner soal itu. “3D drawing for civil engineering

About these ads

50 gagasan untuk “gambar 3D, perlukah ?

  1. Pemahaman akan gambar 3D saya rasa juga sangat penting bagi kalangan Structure Engineer.

    Jikalau kita memahami bentuk bangunan dalam 3D, maka kita akan cepat mengkoreksi gambar Arsitek sehingga benturan antara Arsitek dan Struktur dapat dihindari.

    Untuk modelisasi, juga bisa loh dalam bentuk 3D dulu lalu di save ke bentuk DXF kemudian di import ke ETABS/SAP2000.

    “Rasanya tidak ada Ilmu Pengetahuan yang tidak berguna”

    Syallom..

  2. Pak gimana cara permodelan dengan etabs dalam memasukan material misalnya dengan bahan berupa karet, data apa saja yang harus dimasukan dan gimana penyambungan dengan bahan lain misalnya saja dengan beton. Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih

  3. gambar 3D diperlukan ketika kita ingin mewujudkan object 3D, misalnya gambar DOME,
    ketika dome tersebut saya iris2 menjadi object tak beraturan sangatlah sulit digambarkan dalam bentuk 2D, betul nggak

  4. @ Arul :
    installasi daya, masih 2D biasa ya, AutoCad memang lebih dari cukup

    @ Donny:

    Untuk modelisasi,bentuk 3D dulu lalu di save ke bentuk DXF kemudian di import ke ETABS / SAP2000″

    Apa nggak lebih pusing mas Donny. Kalau frame 3D nya ETABS khan masih sederhana. Pakai fasilitas generate-nya program khan lebih gampang.

    Kalau dari file-nya arsitek, khan masih harus dipilah-pilah mana yang struktur dan mana yang finishing. Memilah-milah nya itu khan nggak gampang apalagi kalau disimpan dalam layer-layer AutoCad yang berbeda.

    @Faisal:
    Memasukkan data material karet untuk ETABS ya ? Wah kayaknya belum pernah nyoba. Bisa nggak sih. Parameter karet khan bisa macam-macam.
    Termasuk engineering material nggak sih ? Karet dengan elastomeric bearing, pengertiannya lain lho. Apa itu yang dimaksud. Kayaknya nggak gampang lho.

    Kalau pakai program Abaqus atau Anysis, bisa sih.

    @Nasikhin:
    Object 3D, semua produk civil enginering khan object 3D. Dome, misal untuk atap mesjid, pakai gambar 2D untuk gambar pelaksanaan lebih gampang.

    Saya pernah desain atap baja 3D (space frame) bentuk konikal, untuk atap bangunan silo di pabrik sement Cibinong (dulu semen kujang). Lebih rumit dari pada bentuk dome, pakai baja lagi. Itu semua digambar dengan konsep gambar 2D. Nggak ada masalah tuh.

    Saja jarang melihat gambar teknik sipil memakai konsep 3D, pernah satu kali yaitu gambar perencanaan jembatan Trans-Bakrie, konsultannya dari Australia. Setelah berlembar-lembar pakai konsep 2D maka ditunjukkan ada gambar 3D-nya. Wah bagus lho. Ya itu saja. Bahkan selama lebih puluhan tahun di industri konsultan, saya belum pernah sih menggambar struktur dengan konsep 3D, tiga D yang seperti di atas itu lho .

  5. Biasanya gambar 3D digunakan untuk menunjukan the real shape setelah jadi, dan kalau saya pribadi biasanya saya gunakan untuk menjelaskan ke supervisor tahapan-tahapan dalam contruction.

    Gambar 2D tetap kita butuhkan sebagai construction drawing.

  6. Seperti Pa Wir yang bisa beralih profesi sebagai drafter, sebelum saya memodelisasi dengan ETABS/SAP2000, saya bekerja seperti drafter untuk membuat layout struktur (balok, kolom wall, plat, etc) dari gambar arsitek kemudian layout tersebut dirapikan oleh drafter saya.

    Terkadang kolom antar lantainya tidak sentris (kolom berdiri diatas balok transfer), so kita tidak bisa sembarangan me-replicate / generate lantai.

    Gambar 3D juga berguna untuk mempermudah modelisasi atap rumah/ mesjid.

    Jadi saya membuat modelisasi langsung dari Autocad dalam bentuk 3D untuk sekadar mengetes software (kadang untuk beberapa versi..yang bajakan tentunya..hal ini tidak dapat dilakukan) dan untuk kasus-kasus tertentu malah mempercepat kerja.

    Syallom..

  7. Buat Pak Donny

    Pak, saya dah berkali2 coba import gambar 3d autocad ke Etabs, tp ga ada yg beres Pak.

    Bapak ada trik2nya ga?

  8. Dear Fikri,

    Buat dulu line struktur kita dengan layer baru di file arsitek lalu layer yang tidak terpakai dibuang (purge all). Yang tinggal hanya gambal layout struktur kita, gambar Arsiteknya kita hapus.

    Letakkan gambar layout struktur yang kita buat ini tidak jauh dari koordinat X,Y,Z (0,0,0). Sesuaikan satuan panjang di Autocad dengan satuan panjang di ETABS/SAP2000.

    Save as File ini kedalam betuk DXF sebaiknya DXF Autocad versi 2000.
    Lalu kita import dalam bentuk 3D juga ke ETABS/SAP2000 .

    Kalau tidak bisa, memohon kepada Tuhan agar Pa Wir mau membantu, saya yakin Pa Wir akan setia membantu kesulitan yang Structure Engineers hadapi..percaya deh sama Tuhan.. :)
    Pa Wir janji tuh mau buat buku tentang ini

    Kalau tidak bisa juga pesan Software original ke Pa Teddy Boen (ATPM CSI Barkeley di Indonesia)

    Selamat mencoba.

    Syallom..

  9. Salam kenal aja pak wir,

    Saya rasa orang sipil perlu juga tuh agar bisa gambar 3d, soalnya ketika di lapangan kta perlu juga ngasih gambaran sama supervisor n foreman bagaimana bentuk yang diinginkan,terutama untuk bangunan yang memerlukan sentuhan eksterior dan interor yang bagus, jadi jangan mau kalah sama arsitek

  10. syalom…salam kenal… ^_^

    saya jur.mesin dan di t4 kerja ditempatkan di bagian gambar (autocad), saat ini kami sedang melaksanakan program diklat autocad untuk guru2 STM (teknologi) dan mahasiswa jur mesin. saya ingin sekali mengembangkan pengetahuan autocad ini tdk hanya sebatas di universitas, tp juga untuk adk2 kita yg STM. klo bpk berkenan, saya ingin bergabung di list bapak ini untuk sharing ilmu ttg autocad.

    thanx. siska

    Wir’s note : Ada baiknya anda membikin suatu artikel tentang apa yang anda maksud. Ada beberapa teman yang bikin artikel, jika ini berguna bagi teman-teman yang sehobby atau seprofesi dengan saya wah bagus. Silahkan mbak.

  11. nice artikel!

    saya 9th menekuni bidang interior, dari dulu sampai sekarang lebih sering dg manual /perspektif sketsa pensil, bisa sih 3Dsmax, tapi untuk kerjaan masih lebih laku dengan manual…

    entah mau dibilang drafter atau disainer interior, tapi sekarang yang pake sketsa pensil kok makin langka ya ? padahal, acungan jempolku 2 untuk sketsa pensil yang yahud,,,

    ok, salam dari Sby, alumnus itats ’97

  12. syaloom semua

    Wah seru juga nih..mo ikutan nih pak wir..

    Betul apa yang dikatakan pak wir …aku juga setuju bahwa gambar 3d perlu untuk digunakan di desain manapun..aku sendiri dari jur. mesin..tapi dalam membuat mesin aku juga pake desain 3D..selain juga gambar 2D .

    Program yang aku pake adalah solidworks juga…selain mudah pengoperasiannnya, bisa transfer ke autocad, jpg, bmp bahkan bisa transfer juga ke mesin cnc.. Semakin enaknya adalah jika kita ada sesuatu yang kurang dengan desain kita, tinggal edit aja..tanpa harus menghapus atau mengulang gambar seperti dalam gambar 2D…Untuk lebih bagusnya antara gambar 2D dan 3 D di merger..so itu akan membuat orang awam lebih tau cara pemahaman pembacaan gambar…

    Untuk pak wir atau yang lainnya..mungkin bisa bertukar pikiran dengan saya ttg gambar 3D khususnya solidworks atau juga gambar 2D spt ZWCad atau AutoCad

    Thanks
    Salam semua

    Wir’s comments : Kirimkan dong contoh-contoh gambarnya biar bisa di up-load dan dipamerin ke yang lain. Formatnya JPG ya.

  13. pa, saya mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi, mao nanya, emang dari autocad bisa di import ke SAP2000??

    soalnya kalo beneran bisa, akan sangat membantu, karena saya merasa lebih gampang menggambar 3D di autocad dari pada di SAP2000…

    nb: saya kayaknya rada telat seh nulis di sini, tapi mudah2an saya dapat jawaban yang amat sangat membantu.

    terima kasih

  14. Aku anak teknik sipil UISU angkatan ’04. aku sangat pengen menguasai dibidang tiga dimensi di autoCAD dan kalau bisa di desain interior juga. Saya mau tanya ke bapak, apakah ada sekolah khusus untuk itu.

  15. penggunaan dalam objek work 3d khususnya autocad, merupakan perencanaan awal yang sangat memerlukan aspek pikiran yang cermerlang. selain dari pada itu dalam perencanaan 3dsolid-nya autocad begitu menarik dan mudah dalam presentasi didepan direksi nantinya.

  16. Saya Mahasiswa Teknik Sipil Angkatan 05, Saya sekarang ingin mendalami AUTO CAD baik 2D, maupun 3D, Bagaimana caranya pak agar cepat mantap dan mahir? dan trik apa saja yang harus di miliki dan di kuasai………..? saya tunggu balasan bapak. sebagai tentor AUTO CAD terkemuka, FUADH R, FT UISU ( Civil Enineering ) 2005. By: DRIFT NET.

    Wir’s responds : ya kalau itu sih sederhana saja, “jangan hanya sekedar ingin mendalami”. Ayo praktekkan, karena itu bukan sekedar ilmu dan pengetahuan, tetapi itu suatu ketrampilan. Implementasikan itu untuk banyak kasus. Sekali lagi, praktek, praktek dan praktek. :mrgreen:

  17. untuk Solidworks saya sudah memakai selama 3.5 tahun, saat ini saya bekerja di suatu perusahaan dan saya sebagai design product engineering (R & D)
    Solidworks sangat mudah dalam pengoperasiannya, sekarang saya juga mengajar (as trainer) untuk mahasiswa maupun karyawan dan saya juga memiliki CD tutorial buatan saya sendiri dan sangat mudah tuk pemula mempelajari tutor yg saya buat. keterangan lebih lanjut bisa email ke suhendrik.silalahi@gmail.com!!thnxx

  18. file:///mnt/usb/My%20Design/st%2013-isometric-10.jpg

    Wir’s responds : kirim via email aja mas, wir (at) centrin (dot) net (dot) id , gambarnya nggak bisa di akses

  19. Solidworks sebetulnya bukan buat orang sipil…

    Mungkin lebih cocok belajar Revit Structure atau Bentley Structure. Hasilnya bisa langsung dianalisis di software analysis seperti ETABS, ROBOBAT, STAADPRO, etc…

    Detailing (reinforcement, structural drawing, etc) juga dapat diperoleh secara otomatis…

  20. Pak Pinter..

    Saya sebelumnya kerja di Kontraktor sipil (drafter), tapi sekrang saya sdh kerja di perusahaan kilang gas jg sebagai drafter.. kendala yang saya hadapi yaitu untuk penggambaran isometric & gmbr mesin saya masih belum begitu menguasai semua. Gimana cara dapat buku petunjuk tentang tehnik penggambaran tsb. diatas, & juga penggambaraan tentang perpipaan.

    Thanks,

  21. salam kenal

    apakah ada dari rekan-rekan yang punya vcd tutorial solidworks?

    kalo ada mohon infonya, saya pengen beli nih..

    thanks

  22. Saya cuma lulusan Stm Mikael di Solo, dah setaun jadi drafter Autocad+3Ds Max

    Tapi ni lg belajar Solidwork (baru 2 hari he…he..he..), kok malah bingung yah? Saya rasa Autocad malah lebih mendasar, walaupun agak lama pemahamannya tapi kalau sudah Expert malah sulit pindah2 Soft

    Itu mur+baut masak gambarnya kurang satu jam? Pakai Autocad paling cuma beberapa menit…..

    Mbok saya dibantu belajar SolidWork pak, buat nglamar pabrik baru nih….

  23. Tidak ada salahnya mengajarkan 3d kepada S1 teknik sipil bahkan di beberapa univ. seperti UNS (universitas sebelas maret) program 3dmax sudah di ajarkan kepada mahasiswa T.sipil nya. penggunaan 3 d sangat bermanfaat terutama dalam mempresentasikan gambar yang terkadang sulit dipahami jika hanya bebrbentuk gambar 2d.

  24. halo semua,

    saya pernah mangalami merencanakan struktur untuk renovasi toserba 3 lt di kalimantan..bangunan nya terdiri dari 3 unit bangunan yang mau disatukan dengan masing-masing bangunan memiliki level dan as kolom yang berbeda..

    jadi cukup dibuat pusing..pada saat itu adalah proyek pertama saya sebagai perencana struktur.

    keinginan pemilik agar bangunan bisa tampak luas dan minim kolom..termasuk pengaturan rak-rak tokonya kemudian mau dipasang escalator juga sepasang setiap lantai..

    jadi cukup rumit..awalnya saya mengalami kesulitan melakukan analisa perhitungan dengan 2d karena as kolom yang tidak sebidang dan balok-balok yang miring.

    jadi kemudian saya terpaksa menggunakan analisa 3d kemudian saya menggunakan bantuan prog etabs yang sangat membantu dalam hal memodelkan dan melakukan analisa dan disain dalam bentuk 3d

    untuk memberikan gambaran bentuk bangunan 3d kita bisa langsung melihat dari 3d view di etabs dengan menampilkan dimensi kolom, balok dan plat walaupun cuma elemen struktur balok lantai pelat ..namun menurut saya itu sudah cukup mewakili untuk memberikan gambaran bentuk bangunannya.

    cuma saya belum tahu bagaimana caranya menyertakan gambarnya di blog ini.

    maklum saja saya masih termasuk baru dengan blog

    klo mengenai masalah export gambar dalam bentuk dxf, kayanya lebih mudah mengexport dari etabs saja lalu baru diedit di autocad..karena di autaocad lebih bebas berkreasi..sharing saja, itu yang saya alami.

    mengenai menggambar 3d perlukah?
    yang saya alami sebagai engineer sipil gambar autocad minimal 2d adalah mutlak di jaman ini, klo bisa 3d ya tentu lebih baik..so kenapa tidak?
    apalagi jika memiliki waktu dan kesempatan belajar..siapa tahu pas arsitek nya ada halangan
    proyek kita bisa lanjut terus :)

    itu baru engineer..nothing can’t stopping us!

    sekian dulu.

    salam saya

  25. salam kenal
    Bisa aku memiliki cd tutorial, sebab baru mau belajar solid works dari nol, kebetulan aku orang fisika instrumentasi jadi kayak wajib belajar solid works

  26. Sekedar menambahkan saja.
    Sekarang teknik bangunan mengalami perubahan jaman. Dulu manual sekarang menggunakan komputer.
    Setelah sekarang menggunakan komputer, kita bergerak lagi ke arah BIM (Building Integrated Model).
    Tujuan dari program berbasis BIM ini adalah untuk membantu koordinasi dari pihak arsitek, struktur ME dan Quantity Surveyor.
    Bila arsitek melakukan perubahan ketinggian lantai, maka serentak seluruh gambar kerja tiap tim akan mengalami update disertai note dari program tersebut.
    ArchiCAD, Autodesk Revit merupakan beberapa contoh software integrated yang mengakomodir BIM. Bhkan untuk Revit structure bisa di-link langsung ke ETABS!

    Dengan demikian, gambar 2D, 3D arsitek, struktur, ME serta analisa QS dapat saling terkoneksi dan up to date.
    Di sini (indonesia) masih jarang proyek besar menggunakan software berbasis BIM.

    Tapi tentunya hanya masalah waktu.
    Salam Pak Wir.
    Thx

  27. salam kenal semua.
    walau saya bukan seorang drafter atau profesional bidang rancang bangun, namun saya suka gambar2 teknik, dan sudah lama menggunakan autoCad.
    perihal 3d perlu atau tidak..gambar kerja bisa diibaratkan alat komunikasi yang harus dipahami dan mudah dimengerti bagi yang membacanya, gambar 2d mutlak diperlukan, satulembar kertas yang berisi gambar teknik/gambar kerja bila diartikan mungkin akan sangat panjang, mulai dari ukuran, ketelitian, pengerjaan, dll yang dibuat sangat simpel sekali dengan adanya gambar 2d, 3d hanya untuk menambah kejelasan dan mempermudah pemahaman pembacanya.

    oya…saya tertarik untuk menggunakan solidwork.mungkin ada yang bisa membantu?(buku/tutorial yang mudah dipahami).
    terima kasih
    salam,
    TD

  28. Menurut saya pembuatan 3d dengan finishing material, cahaya dan background image terlalu mahal untuk para insinyur sipil. Banyak waktu yang terbuang untuk membuatnya tetapi tidak dapat menunjukkan hasil perhitungan kontruksi yang telah mereka lakukan. Mungkin 3d dari program sap sudah mencukupi.
    Apakah yg dimaksud dengan Building Integrated Model oleh mas erwin4rch semacam XREF di Autocad?

  29. 3d kan untuk presentasi bagi perancang untuk para ouwner/ investor (orang awam yang tahunya bangunannya jadinya seperti apa). Klo utk orang sipil buang2 duit.

  30. Tengyu Untuk Kesempatannya.

    Saya mau minta contoh hasil foto 3 dimensi untuk barang yang berbentuk persegi panjang. contoh kotak pensil …

  31. saya kerja di PT. Wangta Agung Surabaya sebagai designer sepatu dengan menggunakan 3dsmax. salam kenal aja buat kalian semua. boleh dong kirim – kirim email ke email aku baik file 3dsmax atau acad kalau bisa sih tentang sepatu agar aku nambah pengalaman juga. terima kasih. ntar aku kasih no telp ku di surabaya.

  32. Buat semua yang pingin belajar tentang solidworks..aku bisa bantu..kirim aja via email : zapto_2ap@yahoo.com..siapa tahu kita bisa sharing ttg desain memakai solidworks..sangat mudah pengoperasiannnya..dan pasti orang yang sudah kenal gambat tehnik pasti cepat akan bisa menguasai program ini..
    Program 3D yang terbaik adalah solidworks, sedangkan program 2D yang terbaik adalah AutoCad…yang mana jika digabung menjadi sebuah gambar tehnik yang mudah dicerna buat orang awam.
    Itu komentar ttg buat baut : pakai solidworks yang sudah mahir ..hanya 5 menit sudah seperti aslinya…dan solidworks versi yang terbaru sudah tidak perlu buat gambar baut sendiri..sudah disediakan gambar baut yang langsung jadi ditambah sesuai standarnya…
    So..buat apa bingung …ayo belajar solidworks..biar negara kita bisa punya banyak desainer-desainer yang profesional

  33. utk gambar 3D baut diatas sy ckup butuh waktu kurang dari 7 menit….
    karena utk gbr simetris sangatlah gampang, tinggal lakukan revolve…
    klik n move….
    jadi

  34. saya siswa smk….saya sdah sering mggunakan Autodesk Inventor…..kalau utk membuat gambar 3D saya sudah cukup bisa,,,,
    jd yg sya btuh kan adalah aturan2 pada gambar 2D, misalnya toleransi umum,geometris, dan tingkat kekasaran permukaan………
    apakah anda bisa membantu saya….?
    tlong beri contoh gambar 2D yea…..

  35. aq drafter proses instruction PT Inka madiun, pake solidwork premium2007 , baut,bearing,gear, piping system, sheet metal, ansys, design checker semua ada, g usah buat, assembly baut lebih cepat pake smart fastener, 10 baut kurang dari 2 menit,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s