software di industri baja


Punya blog itu banyak enaknya, kadang-kadang nggak perlu susah payah memperkenalkan diri. Eh ternyata waktu mau dikenalin, sang tamu sudah tahu namaku dan lain-lainnya. Juga tentang ketertarikanku ngulik software-software engineering nggak perlu diceritain lagi. Ya, kira-kira begitu kesanku, ketika kemarin, dosen baja UPH yaitu ibu L.H. mengenalkan kami, teman-teman jurusan teknik sipil UPH, dengan tamu-tamu dari PT. CHC (steel fabricator and manufacturer) yang berpusat di Cilegon, yaitu bapak Ir. H.S (Director) dan bapak S. (Chief of Drafter) di ruang pertemuan FDTP Lippo Karawaci.

Maksud pertemuan adalah seperti biasa, yaitu kita membuka diri bagi kalangan industri, mencoba berdialog, siapa tahu mendapat titik temu untuk saling win-win, antara institusi pendidikan dan industri. Minimal mencari masukan, hal-hal apa yang menjadi minat industri sehingga siapa tahu bahwa materi pembelajaran di jurusan yang kami kelola ini dapat saling link-and-match dengan dunia kerja. Maklum sekolah swasta, kami harus dinamis, mandiri, berusaha mencari hal-hal positip yang dapat dikembangkan untuk menjadi center of excellence kami. Aduh sok idealis, ya gimana lagi, kalau nggak gitu nggak survive. Iya khan.

Pertemuan cukup lama, dari jam 13.30 sampa jam 16.00, seru juga.

Salah satu motivasi mereka berkunjung ke UPH adalah adanya anggapan bahwa kami-kami (dosen atau mahasiswa) banyak yang tertarik dengan software-software engineering.

Lho steel fabricator koq ngomong software engineering ?

Tenang-tenang ! Maksudnya, sebagai fabricator mereka sangat terbantu dengan adanya software engineering, yang menurut mereka sangat meningkatkan kinerja sangat signifikan, sehingga mampu melaksanakan proyek-proyek besar dalam waktu yang relatif lebih singkat dibanding kompetitor lainnya. Software yang diunggulkan selama bertahun-tahun berhasil menangani proyek-proyek besarnya adalah TEKLA.

Software tersebut hebat sekali, presisi tinggi dan mudah baik dari segi pemakaian maupun evaluasinya bahkan oleh awam sekalipun karena termasuk dalam software 3D. Selain itu bisa dikaitkan langsung dng aspek manajemen (QS, step of construction, storage manajemen dll) bahkan dapat dihubungkan dengan mesin CNC. Intinya beliau mau mengatakan bahwa era sekarang, untuk industri baja, design dan fabricator maka TEKLA sangat mumpuni.

Masalahnya adalah sdm yang menguasai software tersebut juga tidak banyak. Jadi dengan berkunjung ke uph maka jika mhs akhirnya bisa juga mengusainya maka tentunya kelangkaan sdm bisa teratasi.

Dalam berbicara tentang prospek software tersebut, beliau mengatakan bahwa kompetensi menggunakan software tersebut merupakan kompetensi tingkat internasional. Jadi ujung-ujungnya bisa menerima pekerjaan dari luar negeri, ngerjainnya dirumah, dikirim balik via teknologi internet. “Wah dollarnya banyak lho pak Wir“, begitu promosi mereka agar kami-kami bisa mensosialisasikan hal tersebut.

Wah ternyata pemakaian software di industri sudah semakin maju ya, tidak hanya program SAP2000 aja.

Pada kesempatan lain, mereka mengatakan akan menjadi agen untuk software serupa, tetapi bukan TEKLA.  Software yang dimaksud adalah STRUCAD, katanya kemampuannya sama. Untuk software tersebut mereka ingin membuka peluang kerja sama.

Untuk sementara begitu dulu ya. Intinya software TEKLA dan STRUCAD ternyata sudah dipakai berproduksi di industri baja Indonesia, juga di industri OIL and GAS. Jadi yang punya kompetensi tersebut, dan belum punya job silahkan ditindak-lanjuti. OK.

About these ads

75 thoughts on “software di industri baja

  1. Pak Wir,

    Pengalaman yang pernah saya temui pada beberapa fabrikator adalah memanfaatkan sebagian dari software tekla / strucad ini, khususnya untuk pembuatan shop drawing, apalagi untuk konstruksi industri yang umumnya terbuat dari baja.

    Keuntungannya adalah apabila terjadi perubahan gambar maka sangat mudah untuk menyesuaikan dengan shop drawing karena secara automatis akan di updated, termasuk perubahan bill of material setelah model 3-d yang kita revisi.

  2. ngomongin tekla, tidak hanya untuk steel saja. sekarang juga ada tekla untuk program bantu gambar precast.
    pernah saya lihat demo aplikasi tekla untuk precast di kantor saya, langsung bulenya ngasih demo penggunaan tekla.

    cuman sayang, harganya +/- 250 juta itupun hanya untuk satu komputer. suatu investasi yang tidak sedikit.
    dan komputernya yang direkomendasi waktu itu mempunyai RAM 2 Giga.

    keuntungan memakai tekla, akan mempercepat proses gambar & pemahaman gambar lebih baik karena 3D.
    kerugian memakai tekla, akan mengurangi tenaga drafter di kantor . berarti dampaknya pada pengurangan karyawan.

  3. hemm…. sekarang sangat terlihat sekali pengaruh yang diberikan oleh sebuah benda yang bernama “komputer” hehehehehehehehe…. yang dulunya hanyalah alat bantu, sekarang masih jadi alat bantu yang akan bergeser jadi alat utama.

    tidak akan lepas dari apa yang harus kita kuasai, saya perlu mengingatkan bahwa (dalam pandangan saya) yang namanya software dan komputer hanya akan menjadi “barang mati” jika tidak ada brainware-nya, padahal yang membuat “software” menjadi bisa “hidup” khan karena ada brainware-nya. jadi berusaha untuk menguasai sebuah alat bantu itu perlu, tapi jangan dijadikan sebagai alat utama, karena sudah ada alat utamanya, yaitu “otak”…..

    makaten pak Wir, matur nuwun atas kesempatan nunut commentnya…

  4. menurut direktur yang sudah 15 tahun dalam bisnis baja dan unggul karena memakai software tekla, menyatakan bahwa keunggulannya adalah:

    seperti komentar sdr Adhi:

    akan mengurangi tenaga drafter di kantor . berarti dampaknya pada pengurangan karyawan.

    Jadi yang disebut kerugian oleh sdr Adhi merupakan keuntungan direktur perusahaan.

    Kekurangannya adalah perlu otak yang mumpuni (seperti kata mas Pramudiyanto).

    Oleh karena itulah maka bapak-bapak tersebut cari link di dunia pendidikan (uph) siapa tahu bisa kasih solusi dalam menyiapkan SDM.

    Janji beliau, pokoknya kalau ada lulusan UPH bisa itu, langsung dapat kerja di perusahaannya dengan gaji yang sip, gitu katanya.

    Bagaimanapun otak yang encer dengan teknologi yang bagus maka hasil akan hebat, perusahaan nggak takut ngasih gaji besar karena masih tetap untung dengan produktivitasnya yang melebihi drafter-drafter biasa.

    Win-win gitu lho.

    Untuk saudara Sudarsono, tentang dimana belajarnya, kayaknya ngulik sendiri aja, lalu setelah itu magang pada perusahaan untuk menyelesaikan problem yang sebenarnya. Itu lebih efektif. Saya juga nggak pernah kursus. :lol:

  5. Salam kenal sebelumnya buat Pak Wir..

    Saya baru lihat blog ini.. ternyata Pak Wir kakak angkatan saya di Teknik Sipil UGM… hanya saja saya tidak pernah bertemu bapak di kampus karena beda jauh banget … saya angkatan 95 dan lulus tahun 2000.

    Bicara mengenai software Tekla, saya termasuk orang yang terjun bebas di bidang ini. Hampir 8 tahun saya bekerja dengan menggunakan Tekla. Bahkan dengan software ini saya bisa mendapat pengalaman bekerja di luar negeri. Tekla memang sangat membantu sekali dalam proses fabrikasi dan hampir semua steel fabricator yang ada di US, Canada menggunakan software ini.

    Untuk SDM software ini di Indonesia sebenarnya sudah cukup banyak, dan banyak yang sebagian bekerja di luar negeri seperti di detailing firm dsb, seperti saya dulu karena di luar negeri kemampuan para detailer jauh dihargai lebih tinggi daripada di Indonesia.

  6. Saya sudah memakai tekla 4 tahunanlah…lupa, pokoknya dari xsteel 9. Jangan kuatir yang ingin belajar tekla, gampang asal tekun. yang susah hanya di settingannya karena tiap project biasanya beda2 settingannya, itupun yang susah karena tidak tekun.

  7. saya sudah 3 tahun menggunakan tekla structures, sebelumnya pakai X-steel. sekarang kantor saya klau buat shop drawing pakai tekla structures v.10. enak dan mudah. ada yang minat kursus? hub email saya

  8. ada yang bisa kasih link kerja diluar negeri? aku dah lama pake tekla tapi spesifik di tower, gimana lagi tempat kerjaku proyeknya banyak bikin tower, aku pengen proyek yang lain biar nambah wawasan

  9. Pa Wir di UPH ada tempat training software tekla xsteel ngak, saya berminat untuk training.

    terimakasih

    Wir’s responds: untuk saat ini belum ada. Jika ada prospek maka di masa depan akan kita pikirkan. Kabari terus perkembangannya ya.

  10. ada yang tau gak gimana cara biar bisa jadi Detailer expatriate CANADA/US/MALAYSIA/SINGAPORE saya sudah lama ingin GO international.

  11. hallo sobat drafter indonesia ,ada ga ya semacam himpunan drafter indonesia khususnya drafter TEKLA .
    klo ada kasih tau dong(deber_sht@yahoo.co.id)

    regards

  12. Saya ingin ikut urung rembug mengenai software Tekla Structure. Awalnya Tekla Structure bernama Xsteel, versi pertama yang saya ketahui adalah X-Steel versi 5.4, namun yang saya pelajari mulai dari versi 6.0, kemudian versi 7.0, versi 8.3 (versi ini cukup lama saya gunakan karena kehandalannya, sampai akhirnya muncul versi terbaru dengan nama Tekla Structure), Saat ini saya menggunakan Tekla Structure versi 12.**, dan pernah memberikan in house training di salah satu perusahaan besar yang bergerak di bidang Steel Fabricator di Jawa Timur. Sementara itu job -job yang saya kerjakan berasal dari US dan Canada. Jika ada perusahaan atau kelompok mahasiswa teknik yang berminat untuk mengadakan in house training Tekla Structure, saya siap membantu.

  13. belajar TEKLA ga sulit kok….

    lulusan STM jg bs bljr TEKLA, yg pnting pnya dasar AutoCAD dan paham gmbr 3D.

    sbenernya software bajakan + cracknya sdh ada.
    Dengan procesor celeron 1,8GHz RAM 512 MB sdh bs jalnkan TEKLA. ga hrs pake ram 2GB. hahaha…

    skrng sdh keluar TEKLA v14.0

  14. Pa Yudi boleh tahu kalau mau ikut training tekla biayanya berapa? Buat info aja. Ada pameran Tekla dan StruCad pada tanggal 29 s/d 31 October 2008 (3hari) di Pekan Raya Jakarta. Jadi buat teman2 bisa membandingkan kehandalan kedua software. yakni Tekla versi 14. vs StruCad v14/15.

  15. saya dah nyoba ngutak atik yg namanya strucad, dan masih blom mudeng .. (#_#), dulu pernah diajarin Xsteel sebentar banget sama seorang engineer ex.bukaka. tapi keburu orangnya cabut.. (-.-)

    apa sih perbedaan strucad dan tekla?
    plus dan minus nya gituh.. :)

  16. Perbedaannya :
    1. namanya beda
    2. StruCad lebih mirip ke autocad, sedangkan
    tekla/tekla atau xsteel perkembangan dari
    steelcad yang dulunya pecahan dari bocad.
    3. beda lainnya bisa explore di website. Saya rasa bpk tahu karena pernah mempelajarinya. he..he..he..

  17. bagi yg ingin tahu perbedaan strucad & tekla silahkan tanya saja sama teman saya namanya pak zaki dia sudah pernah & cukup lama juga mengunakan kedua duanya alamat emailnya zaki_dhini@yahoo.co.id

    jadi bukan cuma tau kulitnya aja dia juga tahu sampe akar2 nya.

    Pak zaki dulunya operator Strucad tetapi sekarang beralih ke Tekla.

    Zaki Skiil :
    1. SAP 2000
    2. StruCAD
    3. Xsteel/Tekla Structure
    4. PDMS(Specialis Structure)

    Zaki company PT. Truba Jaya Engineering

  18. Kalau cari bedanya tiap software gak gampang. Yang tahu perbedaannya harus bisa mengoperasikan tiga2nya. Kesamaannya aja yang penting yakni menghasilkan gambar fabrikasi baja dengan cepat dan akurat karena modelingnya dengan 3D. Masing2 systemnya beda. Kalau benar2 bisa menguasai software2 tersebut dengan baik, bisa merupakan sarana yang menakjubkan untuk menyelesaikan proyek. Perlu pemahaman tentang software dan jam terbang kerja yang tingi. Selain software di atas juga masih ada software Prosteel, Graitec, dll. Nah tuh kalau mau belajar semua bisa botak. Ha.ha.ha.

  19. BENAR SEKALI PAK HANDOYO MAU PAKE BOCAD, PROSTEEL(JOIN WITH ACAD), TEKLA/XSTEEL, STEEL CAD ATAU STRUCAD YANG PENTING HASILNYA CEPAT, RAPI & AKURAT.

    PADA INTINYA MAU PAKE SOFTWARE APA AJA SEMUA TERGANTUNG KEBIASAAN MASING-MASING & JAM TERBANG.

    bagi yang mau share tentang tekla bisa email ke saya di oln_lrk@yahoo.co.id atau olan@nddmain-truba.com

  20. Pa Olan Dani L,

    Bpk bisa pakai software apa saja? mungkin kita bisa share. senang bisa berkenalan dengan anda.
    Bagaimana kalau kapan2 kita ketemu?
    Thanks,
    Handoyo

  21. Untuk Teman2 detailer Indonesia!!!

    http://www.4shared.com/file/95421911/24adfab2/dotnetframe.html

    Berisi Program aplikasi untuk Tekla Structure versi 14.0, untuk perintah Extend, Fillet, Trim, Swap Handle dan Bolt handle. Petunjuk pengoperasiannya ada didalamnya. Command ini mencoba mencontoh command dari autocad, dan mengharapkan command spt ini bisa dijadikan standard di tekla itu sendiri, karena akan sangat membantu sekali para user tekla.

    Maksudnya adalah bahwa Tekla Structure masih bisa dikembangkan sendiri, minimal untuk membantu kita bekerja.

    Lain waktu akan saya share program untuk mengedit part “User-Define Attributes” di Assembly Drawing (A), GA(G), ataupun Single Part(W) yg selama ini hanya bisa diedit di model. Ini barangkali sangat membantu untuk mengisi no gambar GA, supaya di shopdrawing dapat dibuatkan template untuk menampilkan no GAnya.

    Dan teman2 yg msh di Autocad, boleh juga tuh share Autolispnya

    Selamat mencoba

    Santo

  22. Kepada Bapak2 semua.
    Saya sangat awam dengan tekla,yang menjadi pertanyaan saya dimana tempat training khusus untuk software tekla ini,Dan berapa biayanya?
    Untuk informasinya sangat berharga bagi saya.
    azami_rie@yahoo.co.id
    Terima-kasih

  23. saya juga seorang steel drafter. disamping menggunakan autocad saya juga menggunakan tekla. memang tekla sangat membantu dlm pembuatan shop drawing baja.
    saat ini saya sedang mencari pekerjaan untuk steel drafter, mohon kerjasamanya. saya bisa dihubungi di 087883165119

  24. Saya Sudah 2 kali kursus TEKLA, karna jarang mempergunakannya jadi pada lupa lagi, jika ada yang buat semacam diktat untuk belajar Tekla, boleh hubungi saya, saya mau beli.

  25. saya lagi mencari pekerjaan. ada kah informasi lowongan pekerjaan buat drafter tekla..?
    kebetulan saya sudah pernah memakai tekla V. 10.2 13.1 dan 15.0, dan pengalaman 2 tahun memakai tekla,
    kalo ada info loker tolong kasih tahu..
    makasih atas infonya

  26. wah wah. seru postingannya. saya tertarik juga kl bisa ngajar tekla xsteel untuk teman2. apalagi mahasiswa. saat ini saya pun masih kuliah, dan tercatat mulai 2006 mulai memakai xsteel dari ver 10.1 , 12.1 hingga kini ver 14.0. disalah satu postingan saya terdapat 1 postingan tentang xsteel. silahkan d lihat. berikut adalah alamat blog dan email yang bisa d hubungi.

    blog : sebuahpreview.blogspot.com
    email : pangeranrama.online@gmail.com

  27. Perusahaan kami sedang mencari drafter berpengalaman utk shop drawing baja ( yg mampu menoperasikan tekla atau program sejenis). (full timer ataupun outsourcing).Mohon mengirim aplikasi/portfolio/salary yg diminta ke kianajihutama@gmail.com

  28. mas saya juga bisa mengoprasikan tekla. strucad juga pernah d ikut sertakan trainingnya. tapi tekla yang pernah saya gunakan untuk mengerjakan proyek besar. pke cnc juga.saya lagi belajar buat template buat kopnya. tapi dah 2 bulan g saya pake lagi. karena saya kerja d bagian civilnya. tolong donk yang punya lowongan buat drafter tekla hubungi saya. gajihnya g terlalu gede juga gpp soalnya saya masih umur 20 th. yang penting bisa buat kuliah kelas karyawan. pengen bisa ngitung beben, dan bisa nentuin joint, n material.

  29. mas,
    Aku oprator Bocad dah masuk 15th,dah bermacam2 project aku kerjakan dari jembatan,pabrik,tower SST,tower transmisi,storage tank,conveyor,dll.dulu aku kenal Xsteel sebelum berubah jadi tekla.karna perusahan ku punya ke 2 nya,tapi aku lebih suka pake bocad .karna pada waktu itu bocad lebih cocok dengan pekerjaan utama perusahan ku yaitu tower dan jembatan.

    kalau ada yg bertanya tentang bocad mungkin aku bisa jawab.atau ada yg minta selesaikan projectnya untuk shop drawing? aku siap.
    aku ada di yedri66@yahoo.com

    trim’s mas Wir.

  30. Sudah 2 tahun terakhir ini saya bekerja diperusahan baja,
    prog. yang saya gunakan StruCad V.15. Tapi di perusahaan tempat saya bekerja, gaji saya pas-pasan.
    pliss… klo ada info lowongan drafter StruCad
    info kemari….
    thanks.. ^_^.

  31. Pak wir , boleh tanya sedikit , mengenai tekla katanya org awam juga bisa mengoperasikannya ? saya tertarik untuk bisa drawing gudang ( fondasi baja nya ), apakah saya tetap harus menguasai dasar hitungan tehnik sipil dahulu ( untuk menentukan profil wf/h-beam ) sebelum digambar ? terima kasih

  32. Saya seorang drafter Tekla, sudah 3 tahun saya mengoperasikan Tekla dan sudah berpindah 3 perusahaan. Saya liat di tools Tekla terdapat tools untuk perhitungan struktur termasuk beban dan momen. saya ingin sekali belajar mengoperasikan perhitungan struktur dengan tekla, akan tetapi selama bekerja di tiga perusahaan tersebut saya belum pernah menemukan orang yg menggunakan tools tersebut. Mungkin dari teman2 semua ada yg sudah mahir menggunakannya mohon dishare ilmunnya atau mungkin punya buku panduan mengenai tools ini tolong infokan ke keandhys @yahoo.co.id. trimakasih.

  33. teman teman smua aku lagi blajar tekla tapi aku lagi bingung pas mw impor gambar dwg ke tekla,mudah mudahan teman2 bs membantu.terima kasih

  34. Mohon batuan dari pembaca semua,,,,,, saya seorang drafter di perusahaan BUMN. sang saya pakai program autocad. Sebagai anak muda yang masih pengin terus maju saya pengin belajar TEKLA. tapi saya bingung untuk cari softwerenya. soalnya di kota ku ga ada. Pernah saya download tekla v.17 di intenet. udah saya instal. Tapi giliran saya buka ,ada perintah Masukan server adres… saya bingung. apa mungkin belum dicrack. mohon bantuannya,,,,,,,,,

  35. Perusahaan kami sedang mencari drafter berpengalaman utk shop drawing baja ( yg mampu mengoperasikan tekla atau program sejenis). (full timer ataupun outsourcing).Mohon mengirim aplikasi/portfolio/salary yg diminta ke sinar.eterna@gmail.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s