Say Goodbye to Him


Sore ini, setelah pulang dari kampus, aku mengajak anakku untuk mengibarkan bendera setengah tiang , untuk mengikuti pesan presiden SBY tentang hari berkabung nasional (selama tujuh hari), sekaligus memberi hormat dan mengucapkan selamat jalan kepada Jenderal Besar Soeharto, bapak pembangunan Indonesia, yang kemarin telah dipanggil sang Khalik.

Jenderal Besar H.M Soeharto
(8 Juni 1921 – 27 Januari 2008)

Siang tadi, saya terkesan pidato mbak Tutut (Siti Hardiyanti Rukmana, putri pertama beliau) mewakili keluarga di pemakaman Keluarga Astana Giribangun, Surakarta. Terharu ! Hanya kata Amin yang bisa kuucapkan.

Malam ini di TV, saya terkesan lagi atas kehadiran ke tiga putri beliau di ndalem Kalitan untuk bersama-sama masyarakat Solo, tahlilan mendoakan arwah pak Harto. Padahal putra-putra beliau sore tadi sudah kembali ke Jakarta menurut berita radio.

Tamu yang hadir di pemakaman Giribangun, a.l.:

  • Presiden RI
    Susilo Bambang Yudhoyono
  • Wakil Presiden RI
    Jusuf Kalla
  • Panglima TNI
    Jenderal Djoko Santoso
  • Kepala Polri
    Jenderal Sutanto
  • Kepala Staf TNI AL
    Laksamana Sumardjono
  • Kepala Staf TNI AU
    Marsekal Madya Subandrio
  • Timbalan Perdana Menteri / Menteri Pertahanan Malaysia
    Najib Tun Razak
  • Menteri Luar Negeri Thailand
    Nitya Pilbusonggram
  • Mantan Perdana Menteri Australia
    Paul Keating
  • Mantan Timbalan Perdana Menteri Malaysia
    Musa Hitam
  • Duta Besar Vietnam Nguyen
    Hun Dung
  • Duta Besar Belanda
    NicolasVan Dam
  • Duta Besar Australia
    Bill Farmer

Komentar dan pendapat orang terhadap beliau:

  • SBY (Presiden RI) : “Hari ini seluruh bangsa Indonesia berkabung dengan wafatnya Jenderal Besar Soeharto. Beliau seorang prajurit sejati dan negarawan terhormat. Selamat jalan Bapak Pembangunan. Semoga berada dengan tenang di sisi Allah SWT
  • Lee Kuan Yew (bapak Pendiri Singapore): “Anak-anak muda tidak tahu betapa hancurnya situasi ekonomi Indonesia sebelum September 1965 ketika inflasi yang sangat tinggi menenggelamkan ekonomi Indonesia. Di bawah kepemimpinan Soeharto, dia membalikkan ekonomi dan menjadikan Indonesia sebagai kisah sukses di bidang ekonomi.“, pernyataan pak Lee dalam surat tertulis yang disampaikan kepada putri tertua Soeharto.
  • Mariyem ,60 th, (rakyat jelata penduduk Karanganyar) : “Saya hormat sekali kepada pak Harto. Beliau ngemong kepada orang kecil“. Ia berjalan sendiri di tengah hujan deras sambil berpayung dari rumahnya yang 3 km dari pemakaman. Ia nekat berjaga semalaman – di tengah hawa yang dingin – di depan pos keamanan hingga saat pemakaman esok harinya. Sabar menanti meskipun hanya bisa menatap pintu gerbang makam yang tertutup dan dijaga ketat tentara. “Saya hanya ingin melihat langsung dan mendoakan jenazahnya.”
  • Rinas Fibrianti, 41 th (warga Surabaya yang sempat pingsan hanya karena ingin menyaksikan pemakamanan beliau) : “Saya sempat bermimpi disalami pak Harto saat beliau sakit keras kemarin. Saya kasihan melihatnya. Bagaimanapun kita tidak bisa melupakan jasa-jasanya. Namanya juga manusia, tidak ada yang sempurna.

Rujukan lain tentang Soeharto.

About these ads

3 thoughts on “Say Goodbye to Him

  1. Segala yang hidup adalah seperti rumput
    dan segala kemuliaannya seperti bunga rumput
    Rumput menjadi kering…..
    dan bunga gugur…….

  2. saya setuju dengan P Siswono :

    “Banyak hal positif dari beliau, dan ada pula hal2 yang dianggap kelam bagi sebagian orang lain. Namun, ada baiknya, di hari wafatnya beliau, kita membicarakan hal2 positifnya saja..”

    -Rp-

  3. Seorang Pemimpin dilahirkan, bukan diciptakan dari pendidikan atau pengalaman. Pendidikan dan pengalaman menempa mereka menjadi lebih baik. Memang sudah suratannya menjadi pemimpin. Sebagai manusia tentu ada sisi baiknya ada sisi kelamnya.

    Semoga bangsa ini segera melupakan masa lalu dan merencanakan masa depan yang lebih fokus sehingga Indonesia kembali menjadi pemimpin ASEAN kembali dan disegani didunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s