teknologi keramik komposit (keraton)


Bapak Budi Sunarto bertanya

Pak Wir, maaf saya mau bertanya. Saya orang awam yang mau membangun sebuah rumah 2 lantai.

Saya tertarik dengan teknologi keramik komposit (keraton) dalam membuat plat lantai tingkat 2 nya, karena dalam hal biaya murah dan katanya memperkecil resiko beban gempa, karena memperingan beban mati plat lantai.

Yang ingin saya tanyakan, menurut Pak Wir apakah teknologi tersebut aman dari segi konstruksi ? dan apakah awet ?

Pertanyaan dari bapak Budi cukup menggugah saya untuk mengetahui lebih banyak, apa yang dimaksud dengan ‘teknologi keramik komposit (keraton)‘. Untunglah produsennya cukup melek teknologi sehingga informasi yang berkaitan dengannya dapat diakses dengan internet , di sini.

Teknologi keramiknya sendiri ternyata terdiri dari blok terpisah seperti ini  selanjutnya blok-blok keramik dirakit dan disisipi tulangan yang berfungsi sebagai tulangan tarik untuk menjadi seperti balok sebagai berikut  Kalau melihat penampilannya, maka tulangan tersebut juga berfungsi sebagai pengikat dengan semen (kelihatannya khusus) yang berfungsi seperti lem. Pada tahap ini, agar dapat menjadi balok yang baik, yang dapat diangkat dengan aman untuk dipasang di lantai atas adalah sangat tergantung dari teknologinya. Perlu presisi yang cukup baik, karena kalau tidak itu balok menjadi tidak lurus (saling bergeser), juga semennya perlu diketahui apa jenisnya, jika pakai semen biasa, berapa lama rakitan tersebut dapat diangkat. Untuk mengangkatnya juga perlu latihan dulu.

Secara logis bentuk di atas memang dapat diterima, bagian keramik berfungsi sebagai kopel desak, sedangkan tulangan sebagai tulangan tarik. Tulangan dipasang pada ke empat sudut, agar mampu menerima lentur pada semua arah. Tapi ingat, itu semua diarahkan untuk menerima berat sendiri, dan juga berat beton di atasnya, yaitu ketika dicor.

Selanjutnya tujuan dari balok di atas adalah dikembangkan sebagai lantai komposit, yaitu dengan dijajarkan dan diatasnya dicor dengan beton atau mungkin hanya mortar, sebagai berikut.

 Inilah mungkin yang dimaksud dengan teknologi keramik komposit (keraton).

Jika melihat bagian atas keramik, bagian yang dicor, terlihat sekali cukup tipis, kurang dari 3 cm. Jadi pengecorannya kelihatannya bukan beton tapi mortar. Jika demikian maka yang dapat diandalkan adalah beton di pinggir-pinggir keramik tersebut, fungsinya seperti balok rib. Secara prinsip itu semua memang dapat bekerja sebagai elemen balok struktur. Bahkan pihak produsennya telah mengujinya di laboratorium .

Bagaimana dibanding beton masif ?

Ya jelaslah, beton masif secara kekuatan untuk ketebalan yang sama tentu akan lebih kuat dibanding lantai tersebut, apalagi jika didesain terhadap beban terpusat yang cukup besar, misalnya gudang.

Menurut saya, keunggulan dari penggunaan lantai tersebut adalah

  • dapat berfungsi sebagai perancah tetap, dipasang tanpa perlu pembongkaran. Jadi jelas dari segi perancah ada penghematan
  • adanya rongga maka berat sendiri beton berkurang, jelas ini merupakan suatu keuntungan. Tetapi berapa tepatnya dapat dihemat perlu studi tersendiri, karena untuk pemasangan teknologi tersebut perlu perhatian khusus.
  • rongga juga bagus terhadap suara (lebih kedap ) juga terhadap termal, jadi mestinya lebih sunyi dan dingin. Tentunya ini perlu pengamatan yang lebih baik, karena sifatnya cukup relatif.

Kerugian memakai produk tersebut

  • karena memakai konsep balok, maka lantainya adalah one-way-slab, pengalihan beban dalam satu arah saja. Jadi bentuk lantai yang cocok adalah persegi, dimana balok komposit kraton tersebut ditempatkan pada arah pendeknya. Jadi jika digunakan pada lantai berbentuk bujur sangkar dimana pada keempat sisinya ada balok tumpuan yang di cor sekaligus maka sistem ini tidak cocok.
  • karena bagian beton atau mortar yang menjadi komposit relatif tipis, maka perilaku beban yang cocok adalah lentur global. Jika bebannya kebanyakan merata, lebih cocok, jika dibanding beban terpusat. Jika dipaksa, maka sebaiknya ketebalan beton ditambah, minimal 5 atau 6 cm dengan di atasnya ditambah tulangan. Masalahnya apakah teknologi ini mampu berdiri sendiri, karena jelas jika beton ditambah maka akan bertambah berat juga.
  • untuk pemasangan plafon di bagian bawah, hati-hati. Perlu ditanya apakah keramiknya nggak pecah jika dipaku. Apalagi paku beton. Karena biasanya semakin keras itu keramik, maka semakin non-ductile (getas).

Tentang promosinya yaitu

Pengurangan beban bangunan dengan pemakaian teknologi KERATON (keramik komposit beton) untuk pelat lantai tingkat anda, akan mengurangi daya ayun bangunan sehingga ketahanan akan gempa lebih baik.

Kadang bisa menyesatkan, karena awam pasti beranggapan bahwa jika memakai teknologi tersebut maka rumahnya akan tahan gempa !  Apakah memang betul seperti itu.

Saya kira itu perlu disikapi hati-hati. Memang benar sih, semakin ringan, maka suatu bangunan akan lebih baik terhadap gempa. Ingat rumus neweon F=m.a . Jadi jika massa bangunan berkurang maka gaya gempa yang terjadi akibat percepatan gempa juga berkurang pula khan.

Tapi ingat, bahwa dalam hal ini teknologi keramik komposit diposisikan sebagai lantai, dimana dalam hal penyaluran gaya-gaya, maka dia hanya berfungsi sebagai penahan beban-beban gravitasi saja. Kalaupun gempa, paling-paling berfungsi sebagai diagframa, meskipun dalam hal ini  perlu disangsikan karena beton di atasnya relatif tipis. Apa bisa efektif gitu.

Padahal yang memegang peran penting bagi bangunan tahan gempa adalah struktur frame yaitu terdiri dari balok dan kolom.

Jadi jika ada pernyataan penjualnya bahwa jika pakai produk tersebut pasti akan tahan gempa adalah tidak tepat.

85 thoughts on “teknologi keramik komposit (keraton)

  1. Syallom Pak Wir..

    Terima kasih buat jawabannya..

    Maaf ya Pak, saya banyak bertanya…daripada kalau saya sudah membangun ternyata bangunan tsb berbahaya.
    Saya bertanya pada produsennya..memang cor2an diatas plat lantai tsb adalah mortar setebal 3 cm bukan beton..Pak Wir bilang jika untuk beban merata it’s ok dibanding beban terpusat, nah kalo ruangan tsb untuk kamar tidur apakah digolongkan terpusat? mengingat bentuk ranjang lemari pakaian dan benda yang lainnya yang terletak di satu tempat…amankah?
    Pak Wir apakah yang dimaksud dengan lantai sebagai diafragma?
    Pak apakah bedanya one way slab dan two way slab ?

    Dan yang terakhir Pak…menurut bapak sebagai seorang profesional dalam konstruksi,jika bapak yang membangun, apakah bapak menggunakan teknologi ini atau plat lantai cor biasa ? menimbang kekuatan, keselamatan, keawetan dan biaya.

    Terima kasih banyak Pak buat tanggapan dan jawabannya.
    Kiranya hanya Tuhan yang membalas segala kebaikan Bapak ..

    Tuhan Yesus memberkati Bapak sekeluarga..

    • Saya hanya berkomentar saja..:
      Saya seorang sarjana teknik sipil , sebelumnya saya juga sempat ragu kalau melihat bahannya dari tanah liat, berongga rongga cara pasangnya tidak pake begisting kayu2,… saya berpikir ” apa kuat yah ?? pemakaian besinya d6mm dan d8mm , lalu saya coba telp beberapa tempat,…
      ada yang bilang ahli pemasangan keraton tapi modal hp aja, ada yang bilang bagus2 aja dan ada yang bilang saya penemunya tapi kalau di tanya kantornya,… bilangnya jauh pak, biar saya aja yang datang ketemu di jakarta,… dan semua bilang kuat2 aja,
      begitu juga mengenai harga,… bahkan ada aplikator yang kasih harga murah,… tapi tranfernya ke rekening pribadi,… waduh…

      jangan2 seperti teman saya lagi harga murah, kasih dp cash ,.. setelah itu nggak bisa di hubungi…,

      Memang akhirnya saya telp ke Pt DDW dimana memang ada kantornya , reknya juga jelas tapi harganya di banding yang lain lebih mahal,…yah tapi saya akui,. klu operasional management kantor,.. setelah itu saya mendapatkan penjelasan yang sejelas2nya disana ..

      Sampai saat ini sdh 6 tahun lebih saya gunakan ternyata cukup bagus ,
      Jadi saya sarankan kalau kita ingin pasang Dak KERATON lebih baik hubungi aja Pt DDW di ps minggu
      websitenya http://www.duitemoro.com
      atw telp ke 021-78830320/30

      hasilnya cukup bagus !!

  2. Syallom Pak Wir.

    Selamat berkenalan
    Setelah saya membaca Keraton saya sangat tertarik dengan pengunaannya. Hanya saya mohon keterangan distributor di kota Bandung dimana alamatnya, apakah di kota Bandung sudah banyak yg memakainya, sebab untuk pemasangannya memerlukan tenaga yg sudah terlatih.

    Kemungkinan kalau sudah ada distributornya saya akan tanya apakah ada tukang yg sudah berpengalamam dalam memasang Keraton.
    Berhubung saya akan mengunakan untuk sebagaian dak diatas garasi, karena saat ini mengunakan seng dan sering bocor, rencana akan saya dak pakai beton biasa tetapi setelah diberi tahu teman di Jakarta yg sudah mengunakan Keraton maka saya sangat tertarik karena beayanya murah.

    Maaf Pak Wir saya banyak tanya, kalau dibawahnya mau dipasang plafon dengan mengunakan triplek atau gipsum apakah bisa dipaku atau ditempel pakai apa ?

    Maklum saya orang awam terhadap bangunan dan kalau boleh tahu harganya berapa per bijinya.

    Terima kasih Pak,saya menunggu jawaban dari Pak Wir.
    Semoga Tuhan memberkati Bapak n kel. dan sucses selalu.

    • Pt Duitemoro DW siap melaksanakan pekerjaan dak Lantai KERATON ke seluruh kota di Indonesia.

      untuk informasi
      Hub :
      Jakarta : 021-78830320/30
      Luar kota : 08129307950
      08176411999
      08567998855

  3. Syallom Pak Harris…

    Salam kenal….
    Pak kalo boleh saya mau tanya teman bapak yang di jakarta memakai keraton untuk plat lantai berfungsi sebagai apa? Apakah kamar tidur dan ruangan seperti layaknya lantai 2 sebuah rumah?
    Bagaimana tentang kekuatan dan keawetannya?
    Sudah berapa lama teman anda membangunnya?
    Apakah ada keluhan?
    Kalo harga 1 biji nya saya pernah tanya Rp 7000,00
    Kalo bapak mau bertanya lebih detail..
    PT Duitemoro DW 021-78830320.

    Thanks Pak untuk perhatian dan jawabannya..

    GBU

  4. pak wiryanto, apa bapak mempunyai data tentang pengujian desak komposit partikel, saya mohon balasannya secepatnya

    • untuk data pengujian dan penelitian yang punya adalah kami, klu bapak ingin mengetahuinya , silahkan datang ke kantor kami .
      atas perhatianya kami ucapkan terimakasih

      Hormat kami ,
      Pt Duitemoro DW
      Spesialis pemasangan dak lantai KERATON BERGARANSI
      telp : 021-78830320/30

  5. yth bapak-bapak sekalian
    terimakasih atas tanggapan yang diberikan thd artikel di atas.

    Perlu diketahui bahwa artikel di atas bukan didasarkan pengalaman empiris memakai produk tersebut. Terus terang itu merupakan analisis berdasarkan pengetahuan-pengatahuan yang sudah baku sebelumnya, yah semacam hipotesis begitu. Tetapi karena ini masalah engineering yang relatif sederhana maka hipotesisnya juga relatif mendekati fakta.

    Secara umum, keuntungan utama dari produk tersebut adalah bukan pada kekuatan yang dihasilkan, tetapi kepada kemudahan untuk tidak digunakan perancah, termasuk membongkar pasangnya juga. Keuntungan tentang perancah tersebut umumnya hanya kelihatan jika volumenya besar. Selain itu, karena banyak yang berongga, maka relatif ringan, pondasinya lebih kecil, dan untuk perumahan maka volume beton yang diperlukan relatif kecil. Ini khan repot untuk rumah yang sudah ada penghuninya, jadi sistem ini kelihatan lebih praktis.

    Tentang one-way-slab dan two-way-slab, itu tentang kaitannya slab yang mendapat tumpuan dari ke-empat sisi, jadi ada dua arah. Yg one-way itu kayak balok. Agar efektif two-way maka biasanya bentuk plat adalah bujur sangkar.

    ttg pengujian desak komposit partikel, saya nggak punya. Siapa tahu pihak pembuat produk tersebut tertarik memberi sponsor ke UPH untuk dilakukan penelitian sepert itu. Pasti deh akan saya berikan dengan baik.

  6. Salam sejahtera semua,

    rumah saya bangun th 1986 yang depan, mengunakan Keraton yg depan sekarang jadi bengkel (studio patung) di atas keraton, th 1996 terbangunlah rumah belakang, 10×10 lantai 3 yang ketiga teras terbuka untuk jemuran, dan kongko2, bakar2 sate dll. sampai sekarang aman2 saja.

    Alamat rumah Bpk Yudiro Jl BIMA 1 no44 Cijantung Jakarta Timur.

  7. Dear Pak Wiryanto
    Saya tertarik dengan KERATON. Kalau cuman untuk ngebangun tudung atas Car Port, bisa kali yha?

    Saya kesulitan menggunakan kanopi Polycarbonat, karena kadang-kadang perlu mengecat dinding yang tinggi. Kalau ditutup sama kanopi, jadi tidak ada tempat lagi untuk tangga.

    Menurut Pak Wiryanto, bagaimana?

    Wir’s responds : pada prinsipnya pasti bisa saja. Tetapi kalau hanya alasan untuk tempat dudukan tangga kalau mengecat nanti, apa itu nggak berlebihan. Khan ngecatnya nggak setiap hari khan pak.

  8. Yth. Pak wiryanto

    Pak mhn Maaf kebetulan kami rencana mau mbangun rumah (ruko) 2 lantai di daerah Klaten Jawat-Tengah. Begitu kami baca artikel Bpk di internet tentang Keraton kami jadi tertarik untuk itu yang Kami mau tanyakan apakah sdh ada distributor/penjual di daerah kami tsb diatas dan juga berapa dimensi Keraton tsb karena ini menyangkut volume yang akan Kami beli terus berapa diameter besi betonnya yang direkomendasi supaya kami tdk salah2 (kawatir terlalu kecil/terlalu besar/over)

    Demikian terimakasih atas perhatiannyadan mhn maaf atas kekurangannya.

    Salam.

    Suwaris

    Wir’s responds: silahkan hubungi agennya langsung pak. Blog ini tidak mempunyai afiliasi apapun dengan produk Keraton yang Bapak maksud.

  9. Pak Wir yang saya hormati,

    Saya tertarik sekali dengan artikel yang Pak Wir tulis mengenai keraton (keramik beton). Disamping keuntungan-keuntungannya seperti Pak Wir kemukakan, apakah ada kelemahan2nya a.l. apakah lantai keraton ini kedap air atau tidak? Kalau tidak kedap air, apakah bisa diatasi dengan lapisan seperti aquaproof atau materi yang sejenis? Kemudian seberapa lama lantai keraton ini tahan terhadap fatique bangunan. Apakah dia akan setahan lantai beton yang bisa mencapai umur ratusan tahun?
    Terimakasih atas jawaban Pak Wir sebelumnya.
    Adriansyah

    Wir’s responds: tentang kedap air atau tidak, saya kira tergantung dari mutu beton, dan desainnya. Kalau beton di atas keramik tersebut baik, ditambah desainnya sudah memperhitungkan lebar retak yang terjadi, atau direncanakan cara elastis (cara n) saya kira fungsi kedap air akan baik. Tetapi karena yang menerus adalah betonnya, dan bukan keramiknya maka jelas dengan ketebalan yang lebih kecil maka performance-nya kalah dibanding yang solid.

    Tentang fatigue, apa maksudnya. Kalau di gedung, bahaya fatigue saya kira tidak terlalu dirisaukan, atau bahkan sangat kecil terjadi. Mengenai daya tahan, saya kira cukup baik.

  10. Hallo mas wiryanto,

    Bisa dishare nggak mas… RAB/estimasi biaya cor dak dari keraton???

    Terima Kasih.

    Wir’s responds: nggak punya mas.

  11. Salam sejahtera dari Ungaran.
    Untuk kesaksian saja, saya sudah 2 tahun lebih menggunakan KERATON untuk 3 lantai dengan masing-masing luas 4X7.5m. Sampai sekarang masih OK. Saya senang karena warna merah kenampakannya. Saya pengen lagi membangun dengan keraton untuk 3X12m diatas carport karena saya pengen memanfaatkan lantai 2-nya.

    Thank sudah menjadi berkat.

  12. Sekedar share, ternyata cukup murah membangun pakai keraton ini. Saya membeli keraton di daerah sektor 1 bintaro per bijinya 5300 dan untuk 1 m2 butuh 20 buah. Besi bawah pakai 8 mm dan besi atas pakai 6 mm.

    Bener-bener murah…

  13. mau tanya dong untuk pemasangan paltform apakah ada yang pernah pasang di kreaton ini,dan apakah unutk mengaplikasikan menggunakan semen biasa apakah ada semen khusus

    terimakasih

  14. Yth. Pak wiryanto

    Pak mhn Maaf kebetulan kami rencana ingin membangun rumah dua lantai di daerah Bekasi. Memang sebelumnya saya bingung karena biaya material saat ini terus melambung tinggi. tapi setelah saya membaca artikel Bpk di internet tentang Keraton kami jadi tertarik.

    Yang saya tanya tanyakan apakah didaerah tersebut ada distributor. Kira-kira biaya ukuran rumah 5X 15 itu menghabiskan biaya berapa. Kalau beton keraton itu permeternya berapa, semen yang saya gunakan jenisnya apa.

    trima kasih banyak sebelumnya pak wiryanto

    Wir’s responds: Sdr Wandi, maaf saya belum punya data seperti itu. Mungkin dari pihak produsen (atau yang tahu) yang membaca pertanyaan sdr Wandi untuk meresponinya.

  15. Kami telah mengaplikasikan dak keraton pada ratusan rumah dan juga sekolah, perkantoran, tempat ibadah.
    Sampai saat ini tidak menemui masalah bahkan mendapat apresiasi yang positif dari para owner.

    Kalau masalah kekuatan kami berpedoman dari hasil loading test yang dilaksanakan di Pustekim Bandung.
    Pemasangan plafon tidak ada masalah, pada saat pemasangan dak keraton ditambahkan gantungan untuk plafon dengan menggunakan besi 6 mm.
    Demikian semoga bermanfaat

  16. Saya praktisi (kontraktor) bangunan. Saya banyak menerima permintaan klien yg tertarik dan ingin menggunakan keraton ini (entah mereka mendapat ide atau promosi dari siapa).

    Ada yg hendak saya sampaikan bahwa dari segi harga, keraton ini tidak terpaut jauh dari beton konvensional (tidak jauh lebih murah). Hal ini mengingat bahwa jumlah perancah yang digunakan pada plat lantai tidaklah sebanyak pada balok beton. Padahal pada sistem keraton ini kan masih membutuhkan balok beton juga.

    Disamping itu keraton ini kurang tepat diaplikasikan pada area yang terkena cuaca langsung, seperti atap atau daerah yang basah (toilet). Pertama karena secara struktur dia one way slab, sehingga masih memerlukan tulangan susut pada arah membujur, sedangkan tebal mortar atas cuma 3 cm.

    Pada wet area, keraton riskan akan kebocoran. Sekalipun waterproofing sudah dilakukan, getaran beban hidup diatasnya memungkinkan struktur jenis ini mengalami gerakan yang membuat celah pada sambungan antar keraton menjadi terbuka.

    Juga untuk ketahanan terhadap gempa, sangat menyangsikan karena antar keraton tidaklah menggunakan lem khusus, melainkan hanya disambung dengan penopang besi beton. Saat gempa, bukankah beton struktur (kolom+balok) akan mengalami defleksi/lenturan. Bagaimana sistem keraton ini akan merespon gerakan pada balok+kolom?

    Disamping itu bagaimana dengan angka muai-susut yang terjadi pada keramik, apakah bisa sama dengan muai-susut pada beton mortar diatasnya?

    Maaf kalau pendapat saya ini terkesan pesimis pada sistem keraton. Tapi sebagai praktisi, saya lebih suka untuk berhati-hati memutuskan sistem struktur yg akan digunakan.

    GBU All.

  17. salam…
    sy mau tanya nih pak,kalo bentangan 24 m, cocok tidak kalo pake beton komposit?
    trus sistemnya pake sistem rib?terimakasih…

  18. Yth. Pak Wir.
    apakah pemsangan keramik keraton ini bisa dilakukan sebaris/sejajar dari depan ke belakang (misal rumah memanjang) atau harus dilakukan silangan untuk setiap ruangnya, misal ruang depan dipasang dengan arah melebar dan ruang di belakangnya dipasang dengan arah memanjang
    terimakasih atas jawabannya

  19. Saya tanya ke PT.Duitemoro DW untuk proyek pembangunan rumah, harga borongan untuk pekerjaan keraton Rp400,000,- s/d Rp420.000,- per m2. Sedangkan untuk pelat lantai beton konvensional t=12cm biaya borongannya per m2 = (0.12x1x1)x 3 jt/m3 = Rp360,000,-per m2. Koq lebih mahal dari biaya beton konvensional?

    • untuk pemesanan bisa menghubungi kami
      Pt Duitemoro DW
      untuk pemesana di jakarta dan sekitarnya
      021-78830320/30
      untuk luar kota :
      08176411999 dan 08129307950

  20. saya aplikator untuk keraton, dan selama ini tidak ada masalah dalam pengerjaan plafon. dan untuk area basah juga tidak mengalami masalah dalam hal kebocoran.

  21. Pak, saya butuh yg ahli memasangnya, rumah saya di Lippo Cikarang, saya mau nge dak di atas tanah kosong, biaya dak pake keraton berapa ya ?(untuk luas area 6 x 3 )

    terima kasih

    Yohan (08179878862)

  22. Sorry Bro, mau tanya aja ni, Produk Keraton ini hanya diproduksi O/PT. Duitemoro aja atau ada juga produsen yang lain yang juga memproduksi Produk Keraton ini. ( Keramik komposit Beton ).
    Terima kasih atas jawabannya.

  23. Sayapun mau buat lantai 2 di rumah, dan banyak cari tahu soal keraton ada beberapa produsen keraton selain duitemoro yaitu Jaya keraton, atau mungkin ada yg lain , ini rangkuman dari beberapa situs yg saya baca. Paten dan sertifikasinya juga sudah ada. Kalau soal tahan gempa relatifya, tapi kalau pun ambruk tidak berupa pelat yg besar2 tapi potongan kecil saja.

    Mungkin beberapa situs ini bisa tambah wawasan

    http://jayakeraton.blogspot.com/

    http://renovasiku.blogspot.com/2009/05/dak-keramik-keraton-pengganti-dak-beton.html

    http://daklantaikeraton.wordpress.com/

    salam

  24. saya kenal dengan pemilik perusahaan yang membuat keraton..di daerah Plered. PD. Jaya Raya
    Pemiliknya H. Nasan Subagia (08129247274)..
    Mungkin informasi ini bisa membantu semua penanya..

    tks..wss

  25. Thumb’s up. Appreciasi utk artikel2 spt ini yang memberikan pengetahuan tambahan yg sangat diperlukan, khususnya untuk yang perlu “ngedak” dengan budget terbatas.

  26. saya mau pasang beton_kraton, bisa minta info agen yang jual beeton_kraton untuk daerah klaten, jogya & solo

  27. Saya berencana nge-dak atap dengan keraton dengan luas +/- 60m2. Mohon informasi untuk kisaran harga jadinya berapa.
    Kemudian ada beberapa pertanyaan yang saya sampaikan, mudah2xan berkenan :
    – apakah persiapan ring balok dan besi cor sudah termasuk dalam paket..?
    – pengerjaan cor lapisan dengan semen atao additive untuk pengeras beton..?
    – rencana sementara dak akan digunakan untuk atap langsung sebelum ditambah bangunan di lantai atas (3-5 th ke depan), apakah dak keraton kedap air/anti bocor atau cocok kah untuk area atap yang langsung kena paparan matahari & air hujan..?
    – saya tinggal di daerang Cikarang, apakah lokasi terjangkau untuk pengerjaan atau ada cabang yang dekat dengan lokasi.

    Saya tunggu informasinya, semoga berkenan.

    Thanks & Regards,
    Hardono Umardani

  28. Penggunaan waterproofing mutlak dilakukan untuk dak yang terkena paparan langsung cuaca, ini berlaku untuk dak konvensional atapaun keraton.
    Kami sudah mengaplikasikan sistem dak keraton untuk atap ataupun kamar mandi dan tidak ada masalah.
    Salam

  29. Pak mohon diberikan Design dan Procedure pemasangan Kraton,seperti Balk yang disyaratkan dan data tehnis lainnya.
    Trima kasih

  30. tahun kemaren dah bikin dak buat belakang pake keraton 21m . sampe sekarang mesih kena panas n hujan (baru buat jemur)….. n masih oke kok. blm ada keluhan (mudah2an gak ada selamanya) ., malahan jadi adem ruangan di bawah keraton. kalo kata p ronnie (orang keraton) yang perlu diperhatikan adalah pembalokan buat ngikat keratoonnya. kalo pembalokannya oke dan sesuai hitungan hasilnya aman kok.

  31. Salam ,
    PT Duitemoro akan lebih baik jika dilakukan perbandingan /M2 antara dak keraton dan konvensional, masalah ketahanan, beban , dan biaya. Dan kenapa harga tiap daerah saat saya cek dak keraton /M2 kok lain-lain….TQ!

    • saya seh pernah pakai dak konfensional dan juga dak keraton, tapi klu saya hitung walaupun kata orang atw kontraktor dak keraton lebih mahal , tapi pasti pengeluarannya..!!
      sebelumnya saya selalu di bohongi sama tukang dan kontraktor memang di hitung di muka murah.. eh pas di kerjakan molornya nggak kira2… sehingga jebol lah saya masalah upah dan bahan kayu begisting… ampunnnn deh..
      apa itu lebih mahal dr cor dak biasa,… !!

      tapi klu ada orang keraton yang kerja tukang saya malah lebih cepat kerjanya karena merasa di awasi dan di tungguin sama orang keraton.., saya puas kok dengan hasil kerja dr pt duitemoro , tenaga kerjanya terampil dan cukup rapi,.. cuma hati2 dengan perusahaan lain..

      seperti teman saya hanya gara2 beda Rp 20.000; aja dia pakai perusahaan yang baru belajar alias ecek2… tapi hasilnya .. peuuggeeeelll setengah matiii dan pada melendutt lagiii , dan yang lebih parah lagi selama ini selalu was-was .. karena kaga percaya mengenai kekuatannya…. duhhh kasiannn dehhh, padahal untuk rumahnya sendiri dan selisihnya cuma 2 juta waktu itu,.. tapi pegelnya dan wass-wassnya sampai bertahun2….
      CUAPEEE DEHHH……

      saya hanya bisa merekomendasikan kepada calon pemakai keraton… pilihlah yang perusahaan punya akreditas yg baik seperti pt duitemoro dw,… ok

      terimakasih keraton duitemoro, dengan bantuan mu rumah idaman saya dan keluarga bisa terwujud.

      • gombal abiisss…..
        ngomong aja mau iklan lewat testimoni…
        emang kl pake dak keraton rumah gue JEBOL.. siapa mau tanggung jawab
        yg rugi juga gua sendiri.. hati-hati sebelum membeli…

  32. untuk informasi dan pemasangan Keraton wilayah jogja, klaten, solo, sragen, magelang, jateng bisa hubungi kami CV Pesona Abdi Prakarsa distributor resmi pemilik hak paten dari PT. Duite Moro DW.
    cp : (0274) 8255558

  33. @ CV Pesona Abdi Prakarsa

    kok saya taunya Light Grid ya kalo untuk area di Jogja dan sekitarnya,untuk dak keratonnya. posisi saya ada di Semarang dan di rekomendasikan ke CV Light Grid sebagai referensi dari duite moro

  34. Maap sebelumnya saya kalau gunakan keraton apa bs perwakilan kantor bpk datang kerumah untuk saring biar sy yakin dgn keputusan untuk menggunakan keraton rumah sy diklaten

  35. salam pak Wir,
    saya ada rencana ngecor atap rumah saya dengan dak keraton, luasnya +/- 70 M2 di daerah bogor, berapa kira kira biayanya dan apakah ada distributor PT Duite moro di bogor.

  36. Lantai dua rumah kami di bintaro 5, mengunakan keraton sejak tahun 2000,kami sekarang berniat membuat car port dan teras mengunakan keraton.
    Berapa harga keraton perbuah/biaya pemasangannya sekarang? Adakah Telp/perwakilan yang bisa dihubungi disekitar Bintaro.Terima kasih.Aldy

  37. Saya tertarik dg dak keraton dan kebetulan lg renov dan perlu nge dak bwt nyimpen torn.Beruntung tukang sy paham hanya dia masih di tmbh dg besi 12 pd bentangannya jd sperti bntuk anyaman spy lebih kuat karna beban torn
    ckup berat lalu sblm diplester permukaanya dilapisi aquaproof karna terpapar matahari jd diharap ga ada rembesan nantinya.
    Sy blum hitung biayanya…minimal karna sy brniat ga akan diplafon jd bentuknya ekspos maka ga perlu beli grc bwt plafonnya jg sbgai percobaan kl satu hari nanti bikin rmh brtingkat sbgai pengembangan dari yg skrg….

  38. Pengerjaan dak keraton di rmhku dah selsai.Dg ditambah besi 12 pd bentangannya trnyata masih ngehemat 100rb/m.dak keraton ku spertinya lbih kokoh dari yg konvensional dg tambahan besi itu karna tukangku bilang pd saat pengerjaan saat dia brjalan di atasnya ga goyang,apalg pd saat kering nanti.Utk nunggu kering perlu wkt 1 mggu.jd ngehemat wkt.Torn jg dah dipasang…yg ini penghematan pemakian listrik lbih cepat…

    Aku berencana utk bangun kostan dg sistem ini bwt ningkatin bangunannya,cr yg mudah dan murah tp dg kwalitas yg bagus…

  39. @ PT DDW
    Kalau untuk proyek kecil 8m2, kira-kira estimasi biaya nya berapa ya (daerah Sentul)? Pengerjaannya butuh berapa lama? Saya tunggu infonya ya….

  40. Selamat pagi, saya akan mengecor bag.belakang, sebelumnya bisa disurvey dahulu tidak agar bisa akurat dan estimasi biaya nya bisa dihitung , saya tinggal didaerah kab.bogor.

    Trimakasih
    Dada Suhada

  41. Sy tertarik dg keramik beton tapi biayanya kok mahal Rp.400 sd 420.000/m2. sedang pemakaian hebel beton hanya Rp 320.000/m2. kalau boleh tahu bagaimana perbandingan kekuatan antara keraton dg habel. kalau ada yg tahu mohon infonya.

  42. Ping balik: Teknologi Keramik Komposit « Forum OJT/Magang PT ARUN LNG

  43. Profesi saya praktisi konstruksi. Menurut saya secara prinsip keraton memang bisa bekerja sebagai balok dan plat (dari spasi permukaan). Namun saya meragukan apabila dilakukan tekanan cukup keras untuk bentangan panjang dan beban terpusat yang besar , misal untuk bangunan ruko yang sering digunakan sebagai studio senam ibu2. Sistim ini (katanya) hemat karena pengurangan volume beton dan one way slap. Namun apakah aman untuk digunakan di Indonesia?

    Secara logis, bila hal itu aman digunakan, pasti sudah digunakan untuk bangunan tipikal seperti pasar pemda atau itc. Bentuk tipikal, murah meriah dan kuat. Juga proyek pembangunan gedung pemerintahan (kelurahan, kecamatan dsb).

    Kita tahu, hingga saat ini sistim keraton belum dimasukkan kedalam peraturan SNI Indonesia.

    Sehingga bangunan yang dibangun ya tidak standard utk Indonesia.

    Sehingga resiko bila terjadi gempa ditanggung sendiri2.

  44. mau murah bikin sendiri rakit sendiri dan pasang sendiri di jamin murah permeternya gak nyampe 200rb rupiah gak percaya …??? coba dehhh sekali2 kerja keras hasil karya sendiri pasti bisa…..

    • pak kalau uang saya hanya 10 jt dengan ukuran lantai 5×7 m2 kira kira cukup apa gak ya untuk bangun lantai 2 ……. ma kasih ya

  45. wah menarik nih bahas dak keraton,
    mau banyak tanya dulu nih hal2 promosi dak keraton apa tidak berlebihan ? soalnya ane analisa kok produsen tidak fair dalam persaingan kwalitas, harga & efek kebelakangnya ya ? coba ada yang siap jawab ga nih ane mau banyak tahu kalau memang bisa menjamin.

  46. saya mau bangun dak utk lantai 2, dengan luas 70 meter, 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan ruang kel/serbaguna. apakahhh bebannya tidak melebihi kapasitas?? kalau utk kamar mandi saya sediakan space kosong khusus utk di dak konvesional.

  47. saya tinggal di kota kudus jawa tengah.apa ada agen atau cabang atau toko yang meyediakan dak keraton sekaligus pengerjaannya ? terimakasih

  48. perkenalkan nama saya fenny mulyani,
    semester akhir UMJ,,
    mao tanya pak, apa ini ada pabriknya??
    saya mao buat skripsi tentang pra-rancangan pabrik kramik,
    klo bapak banyak tau entang kramik mohon info nya pak, terimkasih…

  49. Pak Wir,
    Saya Meggy dari Manado, mau bangun pakai keraton.
    untuk lantai 2 akan saya gunakan sebagai etalase barang keramik dan ATK serta kantor dan kamar mandi dan WC
    apakah menggunakan keraton itu aman?
    bagaimana pengerjaannya untuk lantai kamar mandi?
    Terima kasih.

    • Tertarik ya, tapi sayang saya tidak terhubung komersil maupun personal dengan pihak Keraton. Jadi tidak tahu menahu informasi lebih detailnya.

  50. Hello there! I know this is kinda off topic however ,
    I’d figured I’d ask. Would you be interested in exchanging links or maybe guest writing a
    blog article or vice-versa? My site covers a lot of the same topics as yours and I
    think we could greatly benefit from each other. If you happen to be interested feel free to shoot me an email.
    I look forward to hearing from you! Great blog by the way!

  51. Ping balik: my study | blitza85

  52. Salam Sejahtera,
    Saya sedang membangun rumah dengan luas 200m2. Rencananya akan dibuat dua lantai dengan menggunakan dak keraton. Cuma masalahnya Balok sudah terlanjur dicor dengan sisa besi balokan atas hanya setinggi 5cm.
    Bagaimanakah caranya agar rencana menggunakan dak keraton tetap bisa dilaksanakan? apakah balokan cornya yang dibobok ataukah perlu penambahan balok lagi? Mohon solusinya ke email nurelsyifa1@gmail.com Terima kasih.

  53. Yth Pak Wir
    Sebelum bertanya saya ingin bicara mengenai satu hal pak Wir. Kalau bicara mengenai plat lantai dengan struktur beton bertulang, sudah pasti kita akan dibawa untuk mengingat sifat dari beton yang unggul dalam kekuatan gaya tekan dan tulangan baja yang unggul dalam kekuatan gaya tarik y.pertanyaan saya, apabila dengan pertimbangan untuk efisiensi biaya mungkin akan bagus juga penggunaan plat lantai kraton ini. Tapi bukankah hal ini akan mengurangi kekuatan tekan dari plat itu sendiri?kalo dibilang plat lantai kraton ini adalah “solusi”, dimana letak keunggulan dari plat lantai kraton ini?kalo dilihat dari desain bentuk plat itu sendiri, apakah ada atau terjadi gaya tarik tekan yang efisien?
    Maaf kalo saya salah dalam bertanya.Maklum saya juga awam dan kurang berpengalaman.

  54. Untuk pemesanan dan pemasangan di seluruh Kota di Indonesia Bisa menghubungi Pt DUITEMORO DW Selaku perusahaan pemegang Hak Paten , dan bisa telp ke 08129307950 , 08176411999 , 08567998855 atw kantor saya.. Atw ke email saya montedandy@ gmail.com ( Dandy Mellanda )

Berikan Balasan

