kue ulang tahun !


Tepat pada tanggal 21 Oktober beberapa puluh tahun yang lalu, seorang ibu ditemani oleh suaminya telah melahirkan dengan selamat seorang bayi laki-laki, anak pertamanya. Suka cita dan syukur dipanjatkan kehadirat Allah, bahwa kelahiran anaknya lancar, sehat walafiat dan tidak kurang sesuatu apapun. Sejak itu, bayi tersebut tumbuh besar dan yang nantinya menjadi kakak dari tiga adik-adiknya meramaikan keluarga ibu tersebut dan suaminya.

Waktu bolehlah berlalu, empat puluh tahun lebih telah terlewati, kedua suami istri yang diceritakan di atas sekarang telah menjadi kakek dan nenek dari 9 cucu-cucunya masih saja menyempatkan diri di pagi-pagi hari via interlokal dari Jogja untuk menyampaikan ucapan selamat dan berbahagia atas berkat dan karunia Tuhan bahwa bayi laki-lakinya yang saat ini telah menjadi guru, dari para insinyur, ternyata masih diberi kesempatan ada di dunia ini dengan kesehatan yang tidak kurang sesuatu apapun sekaligus masih juga dipenuhi oleh rasa syukur akan kehidupannya ini.

Perhatian dari antar anggota keluarga merupakan suatu kebiasaan yang telah bertahun-tahun dilaksanakan. Jelas itu juga merupakan suatu berkat juga, bahwa keberadaannya masih diberi makna dan diingat. Anggota keluarga yang dimaksud adalah dari orang-tua, adik-adik, dan tentu juga tidak lupa adalah dari istrinya juga. Bahkan istrinya itu pula yang mengucapkan selamat ulang tahun pertama kali ketika baru saja bangun dari tidur. Anak-anaknya tidak lupa, meskipun sehari sebelumnya, ibunya anak-anak sudah mewanti-wanti dengan tegas. ;)

Saya kira itu suatu kehidupan yang wajar dari setiap anggota keluarga yang saling menghormat, mengasihi dan memberi perhatian satu sama lain. ;)

Tidak ada yang istimewa, karena memang seperti itulah yang disebut keluarga. Iya khan.

Tapi yang berikutnya berbeda. Mau tahu ?

Selanjutnya pada hari tersebut, muncul sesuatu yang tidak terduga-duga, ketika sedang istirahat siang di kantor UPH ada murid-muridku yang tanpa diduga-duga dan sifatnya tiba-tiba ternyata pada merubung datang dengan membawa kue tart kecil + lilin, ingin mengucapkan selamat ulang tahun.

Bayangkan, anak-anak muda yang ketemunya sebagian besar hanya ketika membahas angka-angka dan rumus, ternyata tidak hanya hapal pengetahuan engineering tetapi juga ulang tahun gurunya. Saya kira ini khan sesuatu kejadian yang cukup istimewa, dimana tidak setiap guru mendapat kehormatan seperti itu.


Guru dan murid (Rully, Mahatma, Vincent, Vicky, Christian, Victor dan Cipta).

Selanjutnya bahkan sampai esok harinya, mungkin karena sifatnya seperti virus, yaitu dapat menyebar dengan cepat, atau bagaimana gitu. Cukup banyak murid-muridku yang lain ketika bertemu di kelas atau di lorong UPH dengan gembira menyampaikan selamat panjang umur. Wah jadi malu nih, kelihatannya belum pernah lho kejadian seperti ini sebelumnya, karena memang pada dasarnya aku ini introvet 100%. ;) Bahkan yang tidak kalah, ada lagi sekelompok anak muda (muridku) datang dengan membawa kotak kecil berkartu ketika lagi istirahat siang berikutnya. Ini lho yang aku maksud.

Parker mewah dibungkus kertas kado mewah warna biru dan sebuah kartu ucapan bergaris. Suatu kehormatan apa pula ini, seorang guru mendapat hadiah khusus di hari istimewanya.

Pena, yang tentu dimaksud adalah agar tetap berkarya. Begitu bukan. Selanjutnya dengan rasa ingin tahu juga, apa isi kartu tersebut. Ternyata cukup membuat haru juga tulisan di dalamnya.

 

Kepada murid-muridku yang mempunyai perhatian kepadaku secara pribadi, tidak ada yang dapat aku balaskan kepadamu kecuali hanya doaku yang menyertaimu semoga kalian semua diberi perlindungan dan hikmat oleh Bapa di surga agar mendapat bimbingan dalam memperkembangkan kehidupanmu sehingga bermakna bagi dirimu sendiri, keluarga, masyarakat di sekitarmu dan akhirnya bagi kemuliaan-Nya.

Amin.

Gurumu yang sedang berbahagia.

Note : untunglah aku hanya seorang guru ! Coba kalau bukan, bisa-bisa ketika mendapat hadiah bukannya senang tetapi repot, karena harus lapor kepada KPK. :)

About these ads

23 thoughts on “kue ulang tahun !

  1. Dear Pak Wiryanto….
    Salam Kenal :)
    Pertama-tama saya ingin mengucapkan Happy Birthday kpd P’ Wir yang ke-40-an lebih. Moga-2 panjang umur, diberi kesehatan dan kedamaian bagi P’ Wir dan Keluarga. Selain itu semoga apa yang menjadi Visi dan Misi Bapak dalam hidup dapat selalu terlaksana, tidak perduli betapa pun beratnya.

    Selanjutnya saya ingin mengucapkan terima kasih atas apa yang telah P’ Wir lakukan. Terima kasih telah menjadi Garam dan Terang. Buat saya pribadi yang berada di ujung timur negara ini, adalah suatu kehormatan dan kebahagiaan dapat mengenal P’ Wir melalui blog ini.

    Tetap berkarya..selalu menjadi garam dan terang.
    Tuhan memberkati Bapak, Keluarga serta UPH.

    Regards,
    Ertson Saragih

  2. Selamat Ulang Tahun Pak!

    Jadi ternyata pas hari itu bapak ulang tahun yah? hari selasa itu juga pas saya lagi berkunjung ke kampus kan ya klo ga salah? wahhh, ga disangka sangka. Sekali lagi selamat ulang tahun pak, semoga semua yang terbaik menghampiri dan tinggal bersama bapak.

  3. selamat ulang tahun pak :D
    semakin berusia, semakin bijak
    semoga sehat sejahtera (dan ngeblog) selalu

    (saya nikmati tulisan2 anda, namun jarang komen)

  4. Dear Pa Wir,

    Saya mengucapkan:

    “Selamat Ulang Tahun ke -40″

    Tuhan memberkati Pa Wiryanto untuk setiap usaha, kerja keras dan kinerja bapak dalam menjalankan tugas yang mulia sebagai pendidik .

    Syallom..

  5. Happy berzzzday sir!

    sebelumnya salam kenal pak,
    selamat ulang tahun, semoga sehat selalu dan bisa berkarya lebih banyak lagi…

    amin

  6. wah dah telat neh,,,

    Selamat ulang tahun yah pak..

    Semoga dapat terus berkarir sambil menjadi berkat bagi sesama..

    GBU…

  7. sLaMt ULang Tahun pak WIR.

    SeMoga dengan bertambahnya usia, AnugeRah dan kasih karunia-NYA selalu dan semakin berLimpah.

    >>saya sering/selalu menyimak komen2 ilmiah dalam blog ini, walaupun tidak pernah add komen,,<<

  8. Wah.. selamat ulang tahun Pak Wir.. ga nyangka ulang tahunnya sama dengan ayah saya..

    Semoga sehat dan bahagia selalu.. Tuhan memberkati.

    regards..

  9. wah telat daku ucapin happy birthday.met ultah bos walaupun ini tanggal 26 tapi kan masih masuk oktober hehehehehehehehe gpp khan

    moga-moga dosen2 ITPS surabaya pinter kaya pak wir, jadi murid-muridnya juga pintar.

  10. selamat ulang tahun buat pak Wir, semoga panjang umur, sehat sejahtera dan diberkati Tuhan. “Life begins at 40″. salam buat keluarga bapak.

  11. Selamat Ulang Tahun Pak Wir..
    Kembangkan terus sayap anda…
    Life is just begin.. :D

    Sukses selalu, Tuhan memberkati.
    Salam. Erwin.

  12. Ping balik: surprised, tak disangka-sangka « The works of Wiryanto Dewobroto

  13. Ping balik: my study | blitza85

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s