kabar dari murid #2


Bekerja dan meniti karir pada institusi pendidikan, adalah suatu komitmen jangka panjang, jadi tidak bisa dinilai hanya sesaat saja. Oleh karena itu untuk menilai kesuksesannya perlu melihatnya dalam jangka panjang.

Itu tidak hanya berlaku pada dosennya saja, tetapi juga pertumbuhan siswa-siswanya, mulai dari sejak pembelajarannya dan lulus, juga perkembangan karir alumninya. Bayangkan saya, mana ada yang mau sekolah meskipun katanya 100% mereka dapat lulus wisuda, tetapi 100% juga lalu jadi pengangguran. Apa yang dapat dibanggakan dari alumni-alumni yang dihasilkan institusi pendidikan seperti itu, meskipun dalam daftar pengajarnya banyak yang memakai gelar. Kecuali itu, apa yang dapat dibanggakan jika mungkin ada saja yang mendapat kerja, tetapi ternyata tidak pada bidangnya.

Itulah mengapa ketika ada alumni yang memberi kabar tentang perkembangan karirnya kepadaku, maka jelas itu perlu ditindak lanjuti dengan baik, bagaimanapun informasi-informasi yang masuk dapat dijadikan feed-back bagi strategi belajar mengajar yang telah berjalan, juga untuk menambah jejaring atau juga semacam informasi alumninya, yang nantinya dapat berguna baik bagi adik-adik kelasnya maupun bagi institut pendidikannya itu sendiri.

Jadi jika ada informasi dari alumni yang dianggap positip atau on the right track maka perlu diabadikan di sini , agar dapat menjadi gambaran “ini lho alumni-alumni jurusan teknik sipil uph”.

Kalau seperti itu apa seperti marketing ya.

Yah, tentu lain pribadi, lain pendapat pula. Tapi yang penting disini, adalah bahwa apa-apa yang pernah aku tanamkan ke murid-muridku ternyata ada buahnya juga. Jika itu terus berlangsung terus menerus, dan isinya positip, maka saya yakin kedepannya juga baik adanya.

Baru-baru ini aku mendapat surat yang menurutku cukup membanggakan dari salah satu alumniku, tetapi ada beberapa nama yang aku edit. Maklum, tidak semua maksud baik itu dianggap baik lho bagi yang menginterprestasikan salah.

Ok, ini isi surat yang aku terima :

Apa kabar pak Wir, semoga sehat-sehat saja ya.
Saya melihat Blog pak Wir semakin banyak saja kreasinya ni, great job !!

Kabar saya juga baik-baik saja pak. saya sekarang bekerja di kontraktor yang sekarang sedang mengerjakan Proyek JORR W1-P3 (Kebon Jeruk – Penjaringan). Saya disini sebagai Project Planner menggunakan Software Primavera 3.1, merangkap juga sebagai Balance Score Card Engineer, lumayan untuk nambah2 ilmu pak . :)

Selain bekerja, saya juga sedang mengambil studi lanjut pada program Magister Teknik Sipil untuk kekhususan Project Management di salah satu PTN terkenal di Jakarta. Sekarang ini, saya sudah di semester akhir, dan sedang mengambil Thesis dengan objek proyek tempat saya bekerja sekarang. Judul Thesis saya “Optimasi Rencana Penanggulangan Sisa Waktu dan Biaya Pelaksanaan Proyek JORR W1-P3 berbasis Risk“. Masalah yang saya angkat disini cukup menarik pak, dan terkait langsung dengan permasalahan yang saya tangani, jadi tidak sekedar teoritis tetapi studi kasus pada proyek sebenarnya yaitu bagaimana strategi melakukan Cut-Off pada pertengahan waktu proyek sehingga hasilnya tepat waktu dan biaya yang optimum dengan kapasitas perusahaan.

Berikut Step-step yang saya lakukan :
– Risk Analysis
– SWOT Analysis
– Probabilistic Analysis (Software PERT Master)
– Optimasi Biaya (Software Crystall Ball)

Saat ini saya sedang dalam Step pertama, yaitu analisa Risiko. Dalam melakukan analisa Risiko saya perlu melakukan Validasi Kategori Risiko dengan validator dari 5 orang pakar. Dan hasil dari Validasi Pakar tersebut akan dirumuskan dalam questionere untuk disebarkan pada 30 Responden.

Jika Pak Wir berkenan, saya ingin Pak Wir menjadi salah satu dari Pakar tersebut dalam melakukan Validasi Kategori Risiko pada objek Thesis saya. Saya memilih Pak Wir karena bapak seorang akademisi dan praktisi yang skillnya sudah sangat diakui oleh Engineer Community. Sehingga validitas dari Risk Analysis yang saya buat tidak akan dipertanyakan lagi.

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya sama Pak Wir. Karena Bapak lah saya bisa berada pada titik ini sekarang. Matur nuhun Pak Wir… Sukses Selalu!

salam Beta

Sukses selalu juga ya muridku. Semoga Tuhan memberkati. :)

Tentang jadi “pakar” jika memang memenuhi kriteria yang Beta perlukan maka jelas ok, ok, saja. Silahkan mampir ke kampus Karawaci. Salam sejahtera.

Tulisan tentang murid-muridku yang telah lulus yang lain :

About these ads

5 thoughts on “kabar dari murid #2

  1. Selamat siang Pak.Wiryanto

    mau tanya nih pak,
    kalo mau mendesain suatu portal beton bertulang, pertama tama kan harus cari momen,lintang dan normal dulu kan pak,

    nah yang jadi pertanyaan saya adalah EI-nya berapa ya pak?
    momen inersia retak atau momen inersia penampang utuh yang dipake untuk mencari mekteknya?

    boleh ngak kalo saya bikin EI=1 untuk mencari mekteknya saja ?

    dan apakah ada perbedaan jika saya memakai EI=1,dibandingkan dengan pake inersia retak , atau inersia penampang utuh dalam mencari mekteknya ?? yanng nantinya digunakan untuk mendesain penampang beton bertulang….

  2. Ping balik: perlunya berprestasi « The works of Wiryanto Dewobroto

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s