bagaimana ke kampus UPH Karawaci


Meskipun telah lebih dari 15 tahun keberadaan Universitas Pelita Harapan di Lippo Karawaci, Tangerang, tetapi saya yakin tidak semua orang pernah tahu dengan detail kampus tersebut. Ya dapat dimaklumi, lokasinya di pinggir, di sebelah barat kota Jakarta, tepatnya di sebelah selatan kota Tangerang dan terletak persis di pinggir tol Jakarta – Merak. Bahkan jika diperhatikan, bagi siapa saja yang pernah melintas di tol Jakarta – Merak, dari arah Jakarta, di sebelah kiri jalan, maka gedung kampus tersebut akan kelihatan.

Kampus UPH Karawaci sebenarnya dapat dengan mudah di kenali, karena menjadi bagian dari kota baru Lippo Karawaci atau dulu dikenal sebagai kota Lippo Village. Di kota baru tersebut selain ada kampus Universitas Pelita Harapan yang pertama (yang kedua ada di kota Surabaya) , juga terdapat Sekolah Pelita Harapan, sekolah dasar dan menengah bertaraf internasional. Ada juga rusak sakit Siloam Karawaci , tetapi jangan bingung ada juga terdapat rumah sakit Siloam Kebon Jeruk yang lokasinya juga terletak di pinggir tol Jakarta – Merak. Bagi orang awam maka yang paling dikenal di kota baru Lippo Karawaci adalah keberadaan Super Mal Karawaci. Saya yakin orang Tangerang yang gaul pasti tahu dan bahkan pernah mampir ke mal tersebut. Keberadaan mal tersebut memang istimewa, apalagi karena terletak di pinggir kota Tangerang, dipinggir kota Jakarta, cukup menonjol begitu. Antara kampus UPH Karawaci dan supermal Karawaci hanya dipisahkan oleh jalan, kira-kira hanya berjarak 300 m , cukup dekat bukan. Jadi sebenarnya jika sudah pernah ke supermal tersebut kalau mau, bisa juga mampir ke kampus UPH.

Kecuali anda dari kota Tangerang, maka rute paling gampang menuju kampus UPH Karawaci adalah melalui jalan tol Jakarta-Merak tersebut. Jalan tol Jakarta Merak terhubung dengan tol Dalam Kota, di daerah Tomang, Jakarta Barat. Jika anda sudah masuk tol Jakarta-Merak di daerah Tomang setelah beberapa menit (tentunya jika tidak macet) maka pintu tol Exit pertama yang dijumpai adalah pintu tol Exit Kebon Jeruk, di sebelah kiri pintu tol Exit langsung akan dijumpai RS Siloam Kebon Jeruk, di sisi kanan pada arah berlawanan akan terlihat dua gedung tinggi kembar apartemen, warna coklat muda. Di situ anda jangan keluar, tetaplah di jalur Tol karena kampus UPH masih jauh. Setelah pintu tol Exit Kebon Jeruk maka selanjutnya anda akan menjumpai pintu tol Exit Meruya, anda jalan terus sampai akhirnya ketemu loket pembayaran Tol di Karang Tengah. Biasanya di sini kalau sudah siang atau sore akan macet. Ya begitulah sehari-hari. Kalau saya, karena dari Bekasi pukul 5 pagi, maka sampai pintu tol Karang Tengah kira-kira masih pukul 6 pagi, kondisinya masih sepi.

Setelah pintu tol pembayaran Karang Tengah, jika anda memakai kendaraan sendiri dan merasa capai, maka kira-kira beberapa menit di sebelah kiri jalan ada Rest Area yang dilengkapi dng kantin dan Pompa Bensin Pertamina. Lokasinya cukup bagus, ini merupakan langganan saya jika ingin mengisi bensin. Jika selesai, maka perjalanan lewat tol Jakarta – Merak dapat dilanjutkan. Dari rest area tersebut maka pintu tol exit yang akan dijumpai adalah pintu tol exit Tangerang – BSD – Legok. Hati-hati jangan keluar disini. Beberapa rute bus dari Jakarta ke Tangerang akan keluar tol dari pintu exit ini. Biasanya orang menyebutnya bis kota jalur Jakarta – Tangerang (Kebon Nanas).

peta_tol_exit-karawaci_keci
Alternatif Pintu Tol ke kota Tangerang dan lokasi Kampus UPH Karawaci.

Setelah pintu tol di atas, kira-kira berjarak 1 km ke arah barat maka akan ditemui lagi pintu tol Exit Karawaci. Lha disinilah letak kampus UPH Karawaci. Jika anda ketemu ini, setelah keluar tol, maka langsung di depan anda akan dijumpai gedung tinggi yaitu gedung Business School UPH, gedung fakultas ekonomi-nya UPH. Setelah pintu tol maka akan dijumpai jalan bercabang dua, ke kiri dan ke kanan. Selanjutnya tergantung dari mode transportasi anda, jika anda memakai bis kota jalur Jakarta-Tangerang (Perumnas atau Islamic Center) maka bis akan mengarah ke kiri, ke kota Tangerang, di perumahan Islamic Center anda harus cepat-cepat turun, ganti angkot diseberang jalan ke arah berlawanan ke arah mal Karawaci. Jika anda memakai mobil sendiri maka dari pintu tol exit langsung belok kanan, menuju kampus UPH.

Informasi ini diperlukan bagi para calon peserta KONTEKS3 yang belum pernah ke UPH. Sesudah dekat atau masuk areal kampus maka ada dua pintu utama untuk masuk ke dalamnya . Adapun peta kampusnya adalah sbb:


Peta Kampus UPH

Jika anda berjalan kaki, atau di antar maka paling baik adalah turun di pintu pertama di samping toko Buku Time, yaitu Entrace Gate 1 dari situ anda akan melihat foot step hijau sbb:


Di ujung itulah Gedung D, tempat Konteks3 akan berlangsung.

About these ads

7 gagasan untuk “bagaimana ke kampus UPH Karawaci

  1. 1. cegat sedan warna biru muda yg ada gambar burung bangaunya
    2. setelah naik bilang sama supirnya ‘kampus uph karawaci ya pak’
    3. kalo dah sampe jangan lupa bayar :D

  2. Benar…. pak Wir. Ternyata kampus UPH jauh sekali….baru tahu kalo di luar Jakarta. Perlu waktu 2 jam dari Gambir….makanya agak telat hadiri Konteks3….

    Wir’s responds: ya seperti UI yang di Depok, hanya saja kita mempunyai keunggulan yaitu di tepi tol Jakarta-Merak dan berada tepat lokasinya di pintu keluar untuk menuju kota Tangerang. Jika tidak macet, maka kampus UPH Karawaci akan lebih mudah untuk dicapainya.

  3. letak kampusnya memang sangat jauh dari tempat tinggalku. Aku tinggal di Sul-Sel sementara UPH ada di Jakarta, Jawa! aku punya pertanyaan sekitar UPH nich,. Misalkan aku tes lewat jalur beasiswa, di mana kita bisa mendapatkan formulirnya??? Trus misalkan aku lolos lewat jalur beasiswa apa masih ada biaya lain yang harus saya bayar???

  4. Ping-balik: UPH’s spaghetti bridge competition 2009 « The works of Wiryanto Dewobroto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s