workshop SAP2000 di UPH – 2011


<<< up-dated daftar acara >>>

Informasi dari sdr. Enrico (Hp: 081808655816) , jadwal acara yang berkaitan dengan workshop di UPH pada hari Kamis tanggal 27 Oktober 2011 adalah sebagai berikut:

  • 08.00 – 09.00 : Registrasi di Gedung D502 Kampus UPH Lippo Karawaci
  • 09.00 – 11.00 : Seminar “Aplikasi Bangunan Tahan Gempa di Indonesia“, Bapak Ir. Suradjin Sutjipto, M.Sc.
  • 11.00 – 12.00 : Seminar Pengantar Workshop SAP2000 “Dasar-dasar Teori dan Solusi dengan SAP2000“, Bapak Dr. Ir. Wiryanto Dewobroto, MT.
  • 12.00 – 13.00 : Makan siang
  • 13.00 – 15.00 : Workshop SAP2000, Bapak Hendrik Wijaya, ST., di Gedung B Laboratorium Desain (informasi akan disampaikan nanti).

.

Catatan :

  1. Untuk yang berminat mengikuti Workshop SAP2000 tempat terbatas maksimal 50 orang (keterbatasan Laboratorium Komputer yang digunakan).  Untuk yang mengikuti seminar tidak dibatas.
  2. Sambil menunggu buku SAP2000 yang tak kunjung terbit, panitia (mahasiswa teknik sipil UPH) berinisiatif untuk melakukan reproduksi buku tersebut. Untuk itu dicoba dibuatkan copy sebanyak 20 eksp. Jadi yang belum pernah membaca (punya) nanti pada kesempatan tersebut dapat mengganti ongkos copy kepada panitia yang terlibat.

Karya tulisku yang kelihatannya cukup berdampak di masyarakat sampai saat ini adalah bukuku tentang SAP2000. Maklum banyak yang menanyakan keberadaannya, baik melalui komentar di blog ini, maupun langsung via email atau Facebook. Terus terang aku tidak bisa menjanjikan apa-apa, khan bukan penerbitnya. Padahal buku tersebut ditulisnya tidak sengaja, yaitu hanya sebagai pengisi waktu menjelang diadakannya ujian komprehensif program doktoralku di Bandung, dahulu. Maklum, menulis adalah caraku untuk mempelajari sesuatu, bahkan sampai saat ini.

Adanya buku tentang SAP2000 ternyata dapat menjadi pemicu untuk mengadakan workshop. Ternyata cukup banyak tanggapan masyarakat terhadapnya, baik yang diadakan mahasiswa, atau institusi (pendidikan atau perusahaan). Jadi seru juga jadinya.

Tahun ini, mahasiswa-mahasiswa di Jurusan Teknik Sipil UPH, yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil UPH bikin kegiatan dan salah satunya adalah Workshop SAP2000, ini poster yang telah disebarkan.

Betul, jadi tidak hanya workshop, ada juga seminar yang akan dibawakan oleh bapak Ir. Suradjin Sutjipto,  MS, seorang akademisi sekaligus praktisi perencana struktur. Beliau dalam seminarnya akan bercerita banyak tentang gempa dan dampaknya terhadap perencanaan struktur.

Kalau begitu pak Wir bagian workshop SAP-nya ya ?

Bisa ya, bisa tidak. Tepatnya, saya diminta untuk membahas yang terkait dengan program SAP2000. Sebut saja itu kegiatan workshop, yaitu untuk membedakan dengan seminar yang akan dibawakan bapak Suradjin.

Materi workshopmya aku rencanakan terbagi dalam dua sesion. Session pertama berupa Introduction to SAP2000 (oleh aku : Wiryanto Dewobroto) dan session kedua berupa praktikum penggunaan SAP2000 (oleh sdr. Hendrik Widjaja, ST., dosen muda dan sekaligus alumni UPH, yang merupakan asistenku dalam beberapa mata kuliahku, termasuk mata kuliah Komputer Rekayasa Struktur yang khusus mempelajari SAP2000).

Sessi pertama merupakan filosofi penggunaan program SAP2000 untuk menyelesaikan kasus-kasus rekayasa. Karena masalah filosofi, yang kadang-kadang tak terbatas itu maka itu aku pegang sendiri. Pada sessi pertama ini, materinya seperti dalam memberikan seminar, sehingga tempatnya tidak dibatasi (tergantung ruangan). Pada sessi ini pesertanya dapat bervariasi, baik dari latar belakang mahasiswa maupun praktisi. Adanya praktisi yang hadir diharapkan dapat dihasilkan suatu diskusi yang menarik. Waktunya 1/2 jam presentasi dan 1/2 jam diskusi (jika ada). Jadi maksimum satu jam.

Sessi kedua berupa pelatihan menggunakan program SAP2000. Materinya ditujukan untuk level mahasiswa sebagai introduction. Jadi kalau belum punya pengalaman memakai program tersebut dan ingin belajar, maka ini cocok.  Sedangkan bagi praktisi yang sudah berpengalaman maka bisa saja materinya dianggap terlalu gampang (sederhana,maklum khan untuk mahasiswa). Tapi boleh saja sih kalau mau ikut. Toh biayanya sangat murah, hanya sekedar pengganti biaya foto copy dan snack (lumayan untuk refreshing di kampus).  Karena itulah maka pelatihannya cukup dibawakan oleh sdr Hendrik, meskipun demikian materinya bersumber dari tulisanku yang baru (bukan dari buku yang aku terbitkan lho).

Kecuali poster di atas, ada beberapa poster lain yang mungkin dapat menggambarkan bagaimana mahasiswa-mahasiswa Teknik Sipil Sipil UPH cukup kreatif dalam beraksi. Lihat saja poster yang lain terkait :

Jadi yang tertarik dengan program SAP2000 dan juga ingin mengintip kampus UPH, silahkan aja untuk berpartisipasi pada kegiatan di atas. Sampai ketemu di kampus Lippo Karawaci.

21 thoughts on “workshop SAP2000 di UPH – 2011

  1. Halo Pak Wir,apa kabar?sehat ya,pak. Wah,dari medan langsung ada workshop lagi ya pak. Semoga sukses acaranya pak. Kemarin di medan,nggak sempat dengar Bapak presentasi,pdhl sangat ingin loh.
    Pak,kirim salam tuk pak Jack. Selamat berkarya terus Pak Wir

  2. Hallo ibu, syukurlah sudah bisa berkomentar lagi di blog. Acara Konteks-5 kemarin tentu menghabiskan enerji ya, anda khan seksi sibuk. Yah akhirnya selesai dan sukses ya bu. Moga-moga bisa ketemu di lain kesempatan. Tuhan memberkati.

  3. halo pak Wir,apa kabar?
    untuk dosen boleh kan Pak Wir ?,kebetulan saya ngajar analisa struktur dgn sap2000, kadang saya sendiri masih suka bingung

    • Silahkan saja pak. Moga-moga nanti mengajarnya menjadi tidak bingung lagi, atau masalah yang membingungkan tersebut bahkan dapat menjadi masukan baru untuk diteliti lebih lanjut. :)

  4. yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga Pak Wir.. semoga saya bisa berkontribusi dan berpartisipasi pada acara tersebut.. sukses Pak Wir..

  5. salam kenal Pak Wir. duuh sayang sekali ya acaranya pas hari kerja. kalo hari minggu saya usahain datang, berhubung saat ini saya ingin sekali mendalami ilmu di bidang struktur. sukses ya Pak.

  6. Pak Wir,

    Saya baru belajar mengenai detail pembesian pada struktur beton sesuai dengan peraturan gempa.
    Saya menemui kesulitan dalam memahami syarat pemasangan sengkang balok di daerah yang kemungkinan terjadi sendi plastis.
    Disebutkan agar memakai sengkang tertutup dengan kait gempa.
    Pada gambar tampang baloknya terlihat 4 besi di bagian atas dan 4 besi juga di bagian bawah.
    Sengkang yang terqambar pada tampang tersebut ada 2 buah (sengkang bebentuk segi 4 tertutup dengan kait gempa), sehingga 4 besi di bagian atas dan bawah, semuanya dikelilingi sengkang.

    Apakah ini berarti bahwa besi tulangan di bagian tengah tampang balok (yang ada kemungkinan terjadi sendi plastis) harus dipegang oleh sengkang?

    Jadi walaupun seandainya dipakai satu sengkang saja pada keliling balok (dengan diameter tertentu) sudah tidak ada masalah dengan gaya geser, sengkang yang memegang besi di sebelah dalam tetap harus dipasang.

    Apakah demikian pengertiannya Pak WIr?

    Bagaimana pula detail sengkangnya bila besi di bagian atas misalnya 5 buah dan yang di bawah 4 buah.

    Mohon bisa mendapat penjelasan dari Pak Wir, terima kasih.

    • Konsep sengkang balok untuk mengantisipasi gempa adalah tidak sekedar untuk menahan geser saja, tetapi harus dapat bekerja sebagai confinement beton itu sendiri.

      Bayangkan saja, pada saat gempa maka momen dapat terjadi bolak-balik, sisi atas dan sisi bawah dapat mengalami kondisi tarik. Pada kondisi tarik, beton khan mengalami retak. Pada kondisi tersebut ketika terjadi momen berlawanan, maka beton yang telah retak tadi dapat mengalami gaya tekan kembali. Jadi bayangkan jika beton yang telah retak tadi kemudian tidak “dipegang” dengan baik oleh sengkang, maka bisa saja beton tadi “lepas”, atau spalling.

      Itulah mengapa sengkang balok untuk gempa diharapkan tertutup (membentuk lingkaran) dan relatif rapat. Intinya semakin rapat tentu confinement-nya akan semakin baik, hanya saja tentu pelaksanaannya akan sulit. Itulah maka pemasangannya dilakukan kompromi sekaligus kreativitas insinyurnya. Itulah yang disebut detailing.

  7. Faqih
    Salam Pak Wiryanto
    satu minggu yang lalu saya baru saja mengikuti workshop perhitungan gempa RSNI 2010 yang baru bersama Ir. Haryanto H, M.Eng.,Ph.D.
    saya mempunyai bahan yang dapat di share kepada pembaca.
    Jika bapak berkenan, ke alamat mana saya harus mengirim.

    terima kasih.

  8. Faqih
    Salam Pak Wiryanto
    satu minggu yang lalu saya baru saja mengikuti workshop perhitungan gempa RSNI 2010 yang baru bersama Ir. Haryanto H, M.Eng.,Ph.D.
    saya mempunyai bahan yang dapat di share kepada pembaca.
    Jika bapak berkenan, ke alamat mana saya harus mengirim.

    terima kasih.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s